Kota Bandung yang dikelilingi oleh perbukitan, membuat kawasan ini memiliki alam yang indah serta udara yang sejuk. Oleh karenanya Kota Bandung dan sekitarnya sejak dulu menjadi favorit para wisatawan.

Terlebih saat ini akses menuju kota Bandung lebih mudah, tentunya tempat wisata alam di Bandung semakin banyak dikunjungi. Inilah tempat wisata alam yang hits di Bandung dan sekitarnya.

1. Stone Garden Padaralang

Gambar / Destinasibandung.co.id

Stone Garden yang menawarkan pemandangan eksotis berupa padang bertabur bebatuan kapur ini, berlokasi di Jalan Cipatat dan sempat viral di media sosial.

Lokasinya tidak jauh dari jalan raya sehingga mudah diakses dari Kota Bandung. Anda bisa lewat Jalan Tol Cipularang – keluar Tol Padalarang – arah Padalarang – Cipatat dan Gunung Masigit.

Harga tiket masuknya pun terjangkau, Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 saja bila lewat pintu utama, ditambah biaya restribusi jalan dan parkir kendaraan.

Tips wisata:

  • Sebaiknya Anda datang di pagi hari atau sore hari untuk menghindari panas terik matahari, saat menikmati pemandangan di atas bukit. Hindari datang saat hujan, karena jalan mendaki bukit menjadi licin dan sulit didaki.

2. De Ranch

Gambar / Nativeindonesia.com

Tempat wisata ini menawarkan pemandangan pepohonan yang hijau serta udara segar. Pengunjung bisa mengantar anak-anak untuk berkuda ala koboi dan mengikuti beragam aktivitas outbond di Jalan Maribaya, Lembang ini.

Cara mencapai lokasi ini bila dari terminal Ledeng, Anda tinggal naik L-300 jurusan Ciroyom – Lembang dan turun di perempatan Tugu Bambu. Sedangkan biaya masuk sebesar Rp 26.000. Tiket bisa ditukarkan dengan minuman susu Lembang aneka rasa.

Tips wisata:

  • Jangan lupa mencoba berbagai permainan outbond bagi anak seperti fun boat dan panahan.

3. Kawah Putih

Gambar / Wisataoke.com

Kawah Putih yang terkenal memiliki warna danau yang berubah-ubah ini, terletak di puncak gunung Patuha, Jalan Raya Soreang, Ciwidey, KM 25 Bandung Selatan.

Lokasi danau kawah yang sejuk dan dingin bersuhu 8-22 derajat, ini bisa dicapai melalui Jalan Tol Cipularang – keluar lewat tol Kopo – jalan menuju ke Soreang – arah Selatan Soreang. Biaya masuk ke kawasan Kawah Putih sebesar Rp 20.000 dan parkir kendaraan Anda.

Tips wisata:

  • Jangan lupa untuk berfoto dengan latar danau kawah yang eksotis ini, Anda bisa mendapatkan foto yang unik termasuk foto pre-wedding.
Baca juga:
15 Tempat Wisata di Bogor Murah Wajib Anda Kunjungi

4. The Lodge Maribaya

Gambar / Rappler.com

The Lodge Maribaya yang memiliki atmosfer sejuk dikelilingi pegunungan indah bak di luar negeri ini berlokasi di Jalan Maribaya Timur Km. 6 Kampung, Kosambi, Cibodas, Lembang.

Lokasi ini bisa dicapai dari arah Terminal Dago – Dago Giri – Lembang – Cibodas (Melewati pintu masuk Maribaya). Sedang dari arah Cimahi – Parongpong – Lembang – Maribaya – Cibodas.

Harga tiket masuk berkisar antara Rp 35.000 hingga Rp 40.000.

Tips wisata:

  • Aktivitas yang bisa Anda lakukan yaitu menyaksikan hamparan pemandangan dari atas sebuah pohon. Tempat ini cocok untuk foto antimainstream melalui permainan Sky Tree, Sky Swing dan Sky Bike.

5. Tebing Karaton

Gambar / Travelingan.net

Tebing Karaton yang belokasi di Taman Hutan Raya atau Tahura Ir. Juanda di kawasan Dago Pakar ini, menyuguhkan pemandangan Taman Hutan Raya yang spektakuler dan berhawa segar.

Tebing Karaton bisa dicapai dari Terminal Dago menuju Dago Giri, ke arah Bukit Dago Pakar menuju Tahura. Pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 11.000 saja untuk turis lokal dan biaya parkir.

Tips wisata:

  • Bila Anda tidak kuat mendaki jalan terjal menuju lokasi Tebing Kraton, Anda bisa menggunakan jasa ojek dengan biaya sekitar Rp 50.000 – Rp 80.000.

6. Grafika Cikole

Gambar / Anekatrip.com

Grafika Cikole merupakan tempat wisata alam di Bandung yang dikelilingi oleh hutan pinus seluas 9 hektar dan berlokasi di Jalan Raya Tangkuban Perahu Desa Cikole. Kawasan Lembang ini memang menyediakan rekreasi keluarga, kegiatan outbond, dan pondok alam.

Rute arah menuju lokasi ini dari Tol Pasteur – Jalan Sukajadi – Jalan Setiabudi – Jalan Raya Lembang – Jalan Raya Tangkuban Perahu. Tiket masuk sebesar Rp 20.000 saja sedangkan tiket permainan outbond bervariasi tergantung wahana.

Tips Wisata:

  • Jangan lupa untuk treking mengelilingi kawasan sekitar yaitu hutan pinus dan kebun buah Stroberi.

7. Floating Market

Gambar / Travelspromo.com

Floating market yang berlokasi di kawasan Lembang ini menyajikan konsep pasar terapung tradisional berpadu dengan pemandangan alam yang indah. Akses tempat ini bisa Anda pilih melalui Cipaganti – Setiabudi – Ledeng- Lembang, dan bila dari Subang Anda dapat lewat Ciater.

Tiket masuk sebesar Rp 30.000 per orang. Tiket dapat ditukarkan dengan berbagai minuman teh lemon, coklat panas, atau kopi.

Tips wisata:

Perlu diperhatikan, Anda sebaiknya berangkat lebih pagi karena rute Lembang – Bandung sering padat dan tersendat terutama menjelang siang hari.

8. Taman Begonia

Gambar / Tourbandung.id

Setelah netizen banyak mengunggah foto taman bunga ini, Taman Begonia menjadi tempat wisata populer. Objek wisata yang berlokasi di Jalan Maribaya, 120A Cibogo Lembang ini menawarkan sensasi tersendiri, pengunjung bisa menikmati keindahan warna-warni bunga lokal maupun dari mancanegara.

Lokasi ini jika diakses dari pusat kota Bandung, bisa melalui Jalur Dago – Lawangwangi. Taman rekreasi ini berada sebelum Pasar lembang ke arah Jalan Maribaya dan sangat mudah ditemukan. Tiket masuk taman bunga ini sebesar Rp 25.000 dan gratis es lilin serta minuman segar.

Tips wisata:

  • Di Taman bunga ini, jangan lupa untuk ambil gambar sepuasnya dengan latar bunga dan spot untuk berfoto lainnya, misalnya Keong Raksasa dan Bunga Cinta. Anda bisa sekadar duduk di tengah hamparan bunga, gerbong kebun begonia, miniatur delman, atau di atas sepeda roda tiga raksasa.

9. Balitsa Lembang

Gambar / Wisatabandungs.wordpress.com

Balitsa atau Balai Penelitian Tanaman dan Sayuran berlokasi di Jalan Tangkuban Perahu, no 517, Cikole, Lembang. Tempat wisata alam di Bandung ini memiliki daya tarik perkebunan tanaman sayur serta pemandangan jajaran pohon pinus yang begitu fenomenal.

Cara menuju lokasi ini dari arah kota bandung, anda menuju arah ledeng – arah Lembang dan Tangkuban perahu- melintasi Rumah Makan Sindang Reret. Sebelum mencapai Tangkuban Perahu terdapat PAL 16 Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang. Lokasi Balista berjarak sekitar 3 km dari sini.

Biaya masuk ke area Balitsa ini gratis dan hanya perlu membayar biaya parkir Rp 5.000.

Tips wisata:

  • Jangan lupa berfoto dengan latar spot eksotis yang instagramable, di antara jajaran pohon pinus yang simetris dan perkebunan sayur yang warna-wanri.

10. Situ Patenggang

Gambar / Wisatabandung.com

Situ Patengan terletak di Jalan Raya Ciwidey Rancabali, Kabupaten Bandung. Objek wisata danau ini terkenal dengan keindahan alam dan hamparan pegunungan teh. Letaknya berada di kaki gunung Patuha dengan ketinggian 1600 meter diatas permukaan laut. 

Akses menuju tempat ini adalah keluar Tol Buah Batu lalu menuju Kopo. Selanjutnya menuju ke Soreang, terus ke Ciwidey dan Situ Patengan. Harga tiket masuk sebesar Rp 20.000 (domestik) – Rp 135.000 (mancanegara).

Tips Wisata:

  • Jika Anda hendak menyusuri danau, Anda bisa menyewa perahu menuju pulau yang berada di tengah danau sambil mengabadikan momen dengan selfie bersama.

11. Rumah Stroberi

Gambar / Liburananak.com

Wajar jika banyak wisatawan di Kota Bandung ingin merasakan memetik langsung stroberi dari kebunnya. Tentunya Rumah Stroberi yang terletak di Jalan Cigugur Girang, Parongpong, Lembang yang sejuk ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Lokasi ini bisa diakses dari Jalan Sersan Bajuri didepan Terminal Ledeng, lalu Anda tinggal mengikuti petunjuk arah. Bila petunjuk arah sudah tidak ada, ikuti petunjuk ke arah Rumah Makan The Peak.

Rumah Stroberi tentu saja dengan cepat menjadi salah satu favorit wisatawan Bandung. Dengan membeli paket makan di restoran yang tersedia, pengunjung bisa memetik stroberi langsung di kebun.

Tips Wisata:

  • Sebaiknya datang di musim Stroberi berbuah, Anda bisa memetik stroberi dengan puas.

12. Ranca Upas Ciwidey

Gambar / Javatravel.net

Ranca Upas merupakan kawasan hutan lindung dikenal sebagai lokasi tempat perkemahan di Bandung Selatan, yang memiliki pemandangan alam luar biasa. Lokasinya ada di Jalan Raya Ciwidey-Patenggang KM 11, Desa Alam Endah, Kecamatan Ciwidey.

Tempat ini bisa dicapai dari Kota Bandung melalui tol Padaleunyi. Keluar menuju Jalan Raya Kopo ke arah Soreang. Selanjutnya menuju Jalan Raya Ciwidey, ke arah Desa Alam Endah. Harga tiket masuk Rp 20.000 (belum termasuk parkir kendaraan).

Tips wisata:

  • Anda bisa menyaksikan keindahan yang eksotis saat sunrise muncul di antara perbukitan dan hamparan luas hutan menghijau.

13. Pinisi Resto dan Glamping Lakeside

Gambar / Dolanyok.com

Kawasan wisata di Bandung Selatan ini bisa dijadikan tempat wisata baru. Pinisi Resto dan Glamping Lakeside ini sangat sesuai sebagai tempat bersantai yang seru. Lokasi restoran berbentuk kapal dan tempat perkemahan ini, berada di sebelah danau indah Situ Patenggang.

Objek wisata ini bisa dicapai melalui Jalan Kopo-Soreang-Ciwidey-Rancabali-Glamping Lakeside. Akses ke kopo bisa melalui Leuwi Panjang ataupun melalui gerbang Tol Kopo.

Harga tiket masuk ke Glamping Lakeside Rancabali sebesar Rp20.000 per orang. Untuk masuk ke Pinisi Resto, anda harus menyewa magnetic card Rp 10.000.

Tips Wisata:

  • Jangan lupa bawa kamera yang bagus, uang yang banyak karena harga makanan di resto cukup mahal, serta gunakan kendaraan pribadi karena akses jauh dari kendaraan umum. Saat akhir pekan, lebih baik datang pagi saat akhir pekan untuk menghindari antrean pengunjung restoran.

14. Curug Pelangi

Gambar / Ngetripkemana.com

Curug Cimahi, adalah tempat wisata yang berlokasi di desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Lokasi air terjun yang sejuk ini beralamat di jalan Kolonel Masturi, Cisarua.

Akses ke lokasi ini bisa dicapai dari kota Cimahi – Jalan Kolonel Masturi – Universitas Advent Indonesia – Terminal Parongpong. Harga tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang dan biaya parkir kendaraan.

Tips wisata:

  • Datanglah di sore atau malam hari, karena bagian belakang air terjun Cimahi ini telah dipasangi lampu-lampu. Lampu ini telah diatur untuk bisa menghasilkan warna-warni pelangi saat disorotkan ke air terjun.

15. Dusun Bambu

Gambar / Nativeindonesia.com

Ingin berlibur dengan konsep “Eat, Selfie, Enjoy and Share”? Datang saja ke Dusun Bambu ini yang berlokasi di Jalan Kolonel Masturi KM. 11, Cisarua, Lembang, Kertawangi, Kabupaten Bandung Barat. Sebuah tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam dalam bentuk konservasi bambu.

Lokasi tempat wisata alam Bandung ini dapat dikunjungi melalui Jalan Setiabudi – Jalan Sersan Bajuri – Jalan Kolonel Masturi, dekat Vila Istana Bunga – Kampus Universitas Advent- Curug Cimahi. Harga tiket masuk Dusun Bambu Family Leisure Park sebesar Rp 30.000 per orang, serta siapkan biaya parkir.

Tips Wisata:

Kami rekomendasikan Anda untuk mengunjungi Resto Lutung Kasarung. Anda bisa menikmati kudapan nikmat sembari berada di dalam “sarang burung”. Tempatnya tergantung dan berdiri di atas pepohonan, seru kan?

Gambar / Yukpiknik.com

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.