Tempat wisata di Indonesia – Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat kaya akan destinasi menarik. Mulai dari objek wisata pantai, sampai dengan sejarah, semuanya bisa ditemui.

Karena keindahannya yang sangat luar biasa, beberapa tempat wisata di Indonesia bahkan sudah berhasil menyabet gelar “keajaiban dunia dan situs warisan dunia” versi UNESCO. Oleh karena itu, tidak heran jika setiap tahunnya tanah air selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari manca negara.

Nah, khusus untuk Anda yang sedang merencanakan aktivitas liburan, berikut merupakan beberapa objek wisata menarik di Indonesia yang wajib Anda masukkan ke dalam daftar tujuan wisata Anda:

Tempat Wisata di Indonesia Paling Hits

1. Danau Toba / Sumatera Utara

Gambar / Maritim.go.id

Mayoritas dari Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan objek wisata yang satu ini. Pasalnya, tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata terindah di Indonesia. Danau Toba memiliki luas sekitar 300 km persegi dengan kondisi air yang masih cukup jernih. Danau ini merupakan danau terluas di Indonesia dan di Asia Tenggara.

Lokasinya terletak di Provinsi Sumatera Utara. Wilayah danau mencakup kawasan beberapa kabupaten, yaitu Kabupaten Simalungun, Kabupaten Tobasa, dan Kabupaten Tapanuli Utara.

Untuk menikmati keindahan danau, Anda dapat mengunjungi beberapa objek wisata yang ada di sekitarnya, seperti: Parapat, Pantai Bul-Bul, Pantai Pasir Putih Parbaba, dll.

2. Taman Nasional Way Kambas / Lampung

Gambar / Backpackerlampung.com

Dari Sumatera Utara, selanjutnya kita menuju ke Provinsi Lampung. Di provinsi tersebut ada Taman Nasional Way Kambas yang terkenal dengan kawanan gajahnya. Selain melihat gajah, di tempat ini Anda juga bisa melihat berbagai macam spesies hewan langka, salah satunya adalah Badak.

Jika tertarik untuk berkunjung kemari, lokasinya ada di Kecamatan Labuhan Timur, Lampung.

3. Kepulauan Seribu / Jakarta

Gambar / Goodyfeed.com

Kota Jakarta ternyata tidak melulu soal macet dan polusi. Kota yang menjadi ibu kota Negara Indonesia ini ternyata juga memiliki objek wisata bahari yang sangat luar biasa, yaitu di wilayah Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu memiliki air laut yang sangat jerih. Di tempat ini, Anda dapat menikmati berbagai macam aktivitas wisata bahari yang sangat menarik, seperti bermain di pinggiran pantai, snorkeling, diving, memancing, dll.

Kepulauan Seribu memiliki banyak objek wisata yang bisa dikunjungi. Beberapa di antaranya adalah: Pulau Tidung, Pulau Harapan, Pulau Bidadari, Pulau Pabelokan, dll.

Untuk bisa sampai kesana, Anda dapat memanfaatkan moda transportasi kapal yang berangkat dari Pelabuhan Ancol. Dalam kondisi normal, lama waktu perjalanan yang dibutuhkan adalah sekitar 3 jam perjalanan.

4. Kawah Putih / Bandung, Jawa Barat

Gambar / Wisataoke.com

Menuju ke Provinsi Jawa Barat, ada Kawah Putih Ciwidey yang terletak di Kabupaten Bandung. Di tempat ini Anda dapat menikmati indahnya danau vulkanis yang dapat berubah – ubah warna. Karena terletak di wilayah pegunungan, kondisi udara di sekitar lingkungan masih tergolong sangat segar. Selain itu, fasilitas wisatanya juga sudah sangat lengkap, sehingga saat berwisata ke tempat ini, Anda tidak perlu khawatir akan apapun.

5. Karimun Jawa / Jepara, Jawa Tengah

Gambar / Suarabaru.id

Di bagian sebelah utara pulau Jawa, ada satu tempat wisata menarik yang cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga, yaitu Kepulauan Karimun Jawa.

Disini, Anda dapat menikmati indahnya alam bawah laut Karimun Jawa yang ditinggali oleh sekitar 240 spesies ikan dan 90 spesies karang laut. Tidak hanya itu, setiap pengunjung juga bisa menikmati pesona hutan mangrove dan melihat berbagai macam spesies hewan endemik, seperti kera, penyu, rusa, burung, dll.

6. Canting Mas Puncak Dipowono / Kulon Progo, Yogyakarta

Gambar / Kotajogja.com

Canting Mas Puncak Dipowono terletak di Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Masih satu lokasi dengan objek wisata Kalibiru yang sangat populer di sekitaran Tahun 2014.

Dari titik ini, Anda dapat menikmati indahnya Kota Jogja dari atas ketinggian bukit. Selain itu, Apabila ingin, tempat tersebut juga cocok untuk dijadikan spot untuk menikmati fenomena matahari terbit dan terbenam. Untuk bisa masuk, Anda tidak perlu membayar biaya tiket masuk yang mahal.

Baca juga:
17 Tempat Wisata di Gunungkidul Wajib Anda Sambangi

7. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru / Jawa Timur

Gambar / Thejakartapost.com

Provinsi Jawa Timur memang sangat kaya akan objek wisata alam. Salah satu pesona wisata di Jawa Timur yang memiliki nuansa alam luar biasa adalah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki beberapa tujuan wisata menarik yang tidak boleh terlewatkan, yaitu: Gunung Bromo, Gunung Semeru, Pantai Berbisik, Lautan Pasir, Ranu Pane, Ranu Kumbolo, Air Terjun Makadipura, dll.

Secara keseluruhan, kondisi jalan menuju ke objek wisata ini sudah tergolong cukup bagus. Selain itu, tiket masuk menuju ke beberapa objek wisata di atas juga tergolong sangat terjangkau.

8. Kawah Ijen / Jawa Timur

Gambar / Befreetour.com

Selain Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, ada satu lagi objek wisata eksotis di Jawa Timur yang tidak boleh kita lupakan. Tempat tersebut adalah Kawa Ijen yang terletak di Banyuwangi.

Kawah ini merupakan danau belerang terbesar yang ada di Pulau Jawa. Di tempat ini pula Anda dapat menikmati indahnya pemandangan menakjubkan berupa kawah berwarna hijau kebiruan dari atas ketinggian gunung.
Untuk bisa sampai ke kawah ini dibutuhkan effort yang tidak sedikit.

Walaupun begitu, sesampainya di puncak kawah, seluruh rasa lelah yang Anda rasakan pasti akan langsung terbayar lunas.

9. Pantai Batu Lamampu / Nunukan, Kaltim

Gambar / KSMTour.com

Pantai Batu Lamampu terletak di Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di Kec. Sebatik, Kab. Nunukan. Objek wisata tersebut menawarkan suasana pantai yang tenang dan bersih. Tidak hanya itu, pantai ini juga sangat terkenal dengan batu karangnya yang berukuran super besar.

Oleh sebab garis pantainya nan lebar dan ombaknya yang cukup tenang, pantai ini sangat pas untuk dijadikan sebagai tujuan wisata bersama keluarga. Biaya tiket masuk masih digratiskan. Hanya saja, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi akan dibebani biaya parkir kendaraan.

10. Nusa Dua / Bali

Gambar / Thebali.co.id

Dari Pulau Kalimantan, kita akan melompat ke Pulau Dewata Bali. Di pulau ini, ada sebuah objek wisata yang masih sangat asri dan belum banyak terjamah wisatawan, yaitu Nusa Dua.

Apabila Dibandingkan dengan beberapa objek wisata serupa, Nusa Dua cenderung tidak banyak dikenal wisatawan. Padahal, jika dilihat dari sudut pandang pesona lingkungan, keindahan objek wisata yang satu ini tergolong tidak kalah eksotis.

Fasilitas wisata di sekitaran kawasan, juga tergolong sudah sangat lengkap. Dari mulai restoran, pusat perbelanjaan, sampai dengan resort penginapan kelas internasional, semuanya sudah tersedia disini.

11. Gili Trawangan / NTB

Gambar / Mobillombok.com

Tidak jauh dari Pulau Dewata Bali, ada Gili Trawangan yang gaung namanya sudah terkenal di kalangan wisatawan dunia.
Di tempat ini, Anda dapat menikmati indahnya panorama pantai pasir putih dan alam bawah laut yang masih terjaga dengan baik. Khusus untuk pengunjung yang hobi melakukan aktivitas bawah laut seperti snorkeling dan diving, tempat ini benar – benar sangat recommended untuk Anda.12. Gunung Rinjani / NTB

Masih berkutat di Provinsi Nusa Tenggara Barat, ada satu lagi tempat wisata menakjubkan yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu Rinjani. Gunung Rinjani memiliki ketinggian sekitar 3.726 mdpl. Gunung ini merupakan gunung merapi tertinggi kedua di Indonesia.

Konon, karena keindahan alam yang sangat luar biasa, gunung tersebut sering dijuluki sebagai gunung terindah se–Asia Tenggara. Oleh sebab itu, jika memungkinkan, sempatkanlah diri untuk singgah ke puncak gunungnya.

Selain menawarkan wisata pendakian gunung, Gunung Rinjani juga turut menawarkan beberapa pilihan destinasi wisata lainnya, seperti: Hamparan Tanam Edelweiss, Danau Segara Anak, pemandian air panas, dll.

13. Taman Nasional Gunung Kelimutu / NTT

Gambar / Kabarnusa.com

Bergeser ke arah timur, ada Taman Nasional Gunung Kelimutu yang terletak di Nusa Tenggara Timur.
Taman Nasional ini menawarkan objek wisata utama berupa danau 3 warna yang terletak di puncak Gunung Kelibara.

Untuk bisa sampai ke danau, Anda harus melalui medan perjalanan yang cukup berat.
Walau perjalanannya sangat menguras tenaga, namun begitu sampai di puncak, seluruh rasa capek Anda segera sirna.

14. Wakatobi / Sulawesi Tenggara

Dari NTT, kita akan melompat ke daerah Sulawesi Tenggara. Di provinsi ini ada kabupaten Wakatobi yang sangat terkenal dengan pantai pasir putihnya yang menawan.

Tidak hanya itu, Wakatobi juga banyak dikenal sebagai pusat kerajinan besi. Menurut kabar beredar, produk kerajinan besi buatan pengrajin besi asal Wakatobi cenderung lebih kuat dan lebih tajam.

Fasilitas wisata di Kabupaten Wakatobi tergolong sudah cukup lengkap. Mulai dari tempat makan murah, sampai dengan tempat menginap berupa cottage mewah, semuanya sudah tersedia dan bisa dinikmati oleh seluruh pengunjung dengan harga yang bervariasi.

15. Raja Ampat / Papua Barat

Gambar / Travel.detik.com

Kepulauan Raja Ampat merupakan Maldives–nya Indonesia. Tempat ini memiliki keindahan alam bawah laut nan indah. Menurut hasil penelitian, sekitar 75 persen dari total spesies terumbu karang dunia bisa kita temui di tempat ini.

Karena panorama alam bawah lautnya yang luar biasa, tempat ini sangat pas untuk dijadikan sebagai kawasan snorkeling dan skuba diving.

Sayangnya, meskipun menawarkan panorama alam bawah laut nan indah, namun biaya yang dibutuhkan untuk berlibur ke tepat ini cenderung sangat mahal. Biaya yang sekiraya dibutuhkan untuk menginap di Raja Ampat (misalnya 4 hari / 3 malam), setidaknya harus merogoh kocek hingga 14 juta rupiah.

Tips Berwisata di Indonesia

Sebagian daerah di tanah air cenderung memiliki fasilitas wisata yang sangat terbatas. Oleh sebab itu, agar aktivitas wisata Anda bisa berjalan lebih lancar dan menyenangkan, kami sarankan Anda untuk mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Tak dapat kita pungkiri bahwa saat ini penyebaran virus Covid-19 masih cukup tinggi. Anda wajib patuhi protokol kesehatan demi mencegah meluasnya infeksi Covid-19 ketika hendak berwisata. Gunakan masker kemanapun Anda pergi dan pastikan untuk selalu jaga jarak dengan menghindari kerumunan. Serta tak lupa untuk selalu menjaga kebersihan diri (termasuk mencuci tangan).
  • Di momen libur panjang, seluruh objek wisata yang kami disebutkan sebelumnya secara umum sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Apabila seperti itu, Anda tidak akan mampu menikmati keindahan panorama alam di sekitarnya. Untuk itu, Anda sebaiknya pertimbangkan untuk memilih waktu yang tepat.
  • Sekali lagi, mayoritas destinasi-destinasi wisata tanah air masih sulit ditemui mesin ATM ataupun mesin EDC untuk transaksi non-tunai / cashless. Oleh sebab itu, untuk berjaga–jaga, usahakan untuk selalu membawa cukup uang tunai.
  • Agar lebih murah, kita dapat memanfaatkan tiket promo yang disediakan oleh beberapa maskapai penerbangan. Terkadang perbedaan harga tiket bisa mencapai 50 persen atau lebih.
  • Jika tidak ingin repot mengurus segala sesuatunya sendiri, pastikan diri Anda untuk memaksimalkan manfaat dari penyedia layanan paket wisata. Sekarang sudah tersedia banyak biro jasa yang menyediakan paket perjalanan murah ke beberapa tujuan di atas.
  • Terakhir, karena beberapa objek wisata juga cenderung terletak di pedalaman, sebisa mungkin gunakanlah moda transportasi pribadi atau rental. Selain itu, karena keberadaan Pom Bensin bisa jadi cukup jarang, maka jangan pernah lupa untuk selalu mengisi penuh bahan bakar kendaraan kita.

Itulah sedikit informasi mengenai tips dan daftar tempat wisata di Indonesia yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

Gambar / Infociwidey.com

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.