Tempat wisata di London Inggris – London adalah salah satu tujuan liburan paling terkenal di dunia. Ibu kota Britania Raya ini memiliki banyak daya tarik seperti dalam bidang fesyen, sejarah, budaya, arsitektur, dan kuliner.

Tak heran, apabila ada jutaan orang menyempatkan diri untuk berkunjung kemari setiap tahunnya. Kalau Anda ingin mendapatkan pengalaman menarik seperti mereka, inilah rekomendasi tempat liburan di London dan tips jitu untuk berkunjung ke sana.

Tempat Liburan Terbaik di London

1. Warner Bros Studio

Di studio ini, terdapat lokasi pengambilan gambar film Harry Potter, lengkap dengan koleksi kostum dan aksesorisnya. Ada juga area animotronics yang menampilkan bagaimana makhluk-makhluk magis bisa tampak hidup selayaknya di layar perak.

Terletak di WD25 7LR Leavesden, studio ini dapat ditempuh dengan kereta dari banyak stasiun asal. Turun di London Euston, lalu lanjutkan perjalanan dengan shuttle bus menuju Walford Junction.

2. Westmister Abbey

Westminster Abbey adalah gereja berusia tujuh ratus tahun yang melambangkan keindahan dan kemegahan arsitektur bangsa Inggris. Telah belasan anggota kerajaan melangsungkan pernikahan di sini, termasuk William, Duke of Cambridge pada tahun 2011.

Wesminster Abbey terletak di pusat kota, tepatnya SW1P 3PA. Lokasinya dapat ditempuh menggunakan tube atau bus dari hampir stasiun dan terminal mana saja di London.

3. Buckingham Palace

Liburan ke Inggris tak akan lengkap sebelum mampir ke Buckingham Palace, tempat tinggal Sang Ratu. Ada seremoni pergantian penjaga di luar istana yang menarik perhatian kita. Istana ini terletak di SW1A 1AA St James’s. Anda dapat naik tube, lalu turun di Stasiun Victoria atau Green Park.

4. Big Ben dan House of Parliament

Big Ben adalah menara setinggi 97 m dengan jam raksasa di puncaknya. Di dekatnya, terdapat House of Parliament yang telah berabad-abad digunakan oleh anggota parlemen Inggris. Kedua tempat tersebut menjadi lambang sejarah, politik, seni, budaya, dan arsitektur Inggris.

Letaknya di SW1A 0AA Westminster, dekat Sungai Thames. Turunlah di Wesminster jika Anda naik tube, Victoria atau Waterloo kalau mengunakan kereta.

5. The London Eye

The London Eye merupakan roda raksasa setinggi 135 m yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk mengamati kota dari atas. Pada hari cerah, Anda dapat melihat pemandangan sampai sejauh 40 km.

Lokasinya ada di SE1 7PB Westminster. Anda dapat menggunakan tube dan kereta untuk berkunjung, lalu turun di Westminster atau Waterloo.

6. Tower of London

Tower of London memiliki sejarah gelap sebagai tempat penyiksaan dan penjara. Namun pada bangunan tersebut, ada juga peninggalan keluarga kerajaan, senjata prajurit, dan hewan-hewan yang menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Tower of London sendiri beralamat di EC3N St. Katharine’s & Wapping. Kalau Anda naik tube kemari, turunlah di Tower Hill. Untuk penumpang kereta, stasiun tujuannya adalah London Bridge.

7. Tower Bridge

Tower Bridge adalah sebuah jembatan artistik dan megah di Sungai Thames. Teknologi pembuatannya berasal dari masa Ratu Victoria yang dapat Anda saksikan proses pembangunannya dalam ruang pameran tempat wisata ini. Anda dapat naik tube dan kereta menuju lokasi jembatan itu di SE1 2UP, lalu turun di London Bridge atau Tower Hill.

8. Trafalgar Square

Trafalgar Square merupakan tempat karya seni kontemporer, termasuk yang cukup ikonik seperti patung singa, Nelson’s Column, dan Fourth Plinth. Di sebelah utara tempat ini, terdapat National Gallery dengan beragam koleksinya.

Terletak di WC2N 5DN, stasiun tube terdekat dari Trafalgar Square adalah Charing Cross. Tempat ini dapat Anda kunjungi secara gratis.

9. St Paul’s Cathedral

Katedral satu ini tidak hanya terkenal dengan gaya arsitektur yang menawan hati, tetapi juga Oculus-nya yang menggambarkan sejarah sepanjang 1.400 tahun. Anda dapat menyaksikan tiga film yang akan memberi gambaran 270° bangunan ini.

Untuk menuju St Paul’s Cathedral di EC4M 8AD, Anda dapat naik tube ke St. Paul’s, Bank, dan Mansion House atau kereta ke Blackfriars dan City Thameslink.

10. British Museum

Jejak sejarah manusia selama dua juta tahun tersimpan dalam museum yang berdiri tahun 1753 ini, termasuk artefak ternama dunia seperti mumi dari Mesir dan patung Parthenon. Anda dapat melihat koleksi di sini cuma – cuma.

Berlokasi di WC1B 3DG, British Museum dapat Anda tuju menggunakan tube dari mana saja di London lalu turun di Tottenham Court Road, Holborn, Russel Square. 

11. Royal Observatory Greenwich

Greenwich merupakan pusat penelitian astronomi Inggris sejak masa lampau. Di tempat inilah, terdapat titik garis bujur nol derajat dan teleskop pembiasan terbesar se-Britania Raya.

Berlokasi di SE10 9NF, tempat wisata ini dapat ditempuh dengan memanfaatkan boat dari semua dermaga London, lalu turun di Cutty Sark. Pilihan transportasi lainnya adalah Bus 53 dari Oxford Circus ke Greenwich.

12. Covent Garden

Covent Garden adalah kawasan khusus untuk berbelanja dan menikmati kuliner. Anda dapat membeli beragam oleh-oleh dan mengunjungi banyak restoran. Di area ini pula, ada juga London Transport Museum dan Royal Opera House yang menjadi favorit banyak orang.

Terletak di pusat kota, tepatnya WC2E 9DD, Covent Garden dapat Anda kunjungi menggunakan tube. Tidak ada biaya masuk.

13. Kensington Palace

Kensington Palace adalah salah satu tempat tinggal resmi keluarga kerajaan dan didirikan pada abad ke-17 M. Meskipun saat ini ditinggali oleh para pangeran, istana ini memiliki banyak koleksi tentang perempuan-perempuan ‘darah biru’ Britania Raya.

Berlokasi di W8 4PX Kensington Gardens, istana ini dapat dituju menggunaakan tube dari stasiun mana saja di London. Turunlah di Queensway/High St Kensington/Gloucester Road.

14. Madame Tussauds London

Patung lilin orang-orang ternama Britania Raya dapat Anda lihat di museum Madame Tussauds London, termasuk di antaranya tiruan aktor Benedict Cumberbatch, David Beckham, Ratu Elizabeth II, dan pasangan William-Kate.

Untuk menuju tempat beralamat di NW1 5LR Marylebone, Anda dapat naik tube atau kereta ke Stasiun Baker Street.

15. Knightsbridge

Bagi yang datang ke London untuk berbelanja beragam produk fesyen dari desainer ternama dunia, Knightsbridge adalah tempat yang harus Anda kunjungi. Di area ini, terdapat juga pusat perbelanjaan premium seperti Harrods dan Harvey Nichols.

Pusat belanja barang mewah ini berada di London Barat, tepatnya di Kensington. Anda dapat naik tube, lalu turun di Stasiun Knightsbridge. Tidak ada biaya tiket masuk.

Tips Liburan di London

Agar liburan Anda ke London semakin lancar, lakukan tips jitu berikut ini.

  • Anda dapat mendaftar visa turis dengan biaya sekitar 89 GBP paling cepat tiga bulan sebelum keberangkatan. Ikuti seluruh prosedur dan lengkapi dokumen yang diminta. Anda juga perlu menyediakan rekening koran yang membuktikan kepemilikan dana sedikitnya 50 juta rupiah.
  • Membeli tiket pesawat sebaiknya dilakukan setelah Anda mendapat visa. Terdapat berbagai pilihan penerbangan, baik langsung dari Jakarta ke Heathrow London maupun transit terlebih dahulu.
  • Kalau tidak punya cukup biaya, carilah penginapan yang berada diluar pusat kota. Anda tak perlu khawatir soal transportasi, sebab banyak penginapan yang cukup dekat dengan sarana transportasi umum di London.
  • London adalah kota yang sangat mahal. Untuk mengantisipasi apabila terjadi sesuatu tak diinginkan selama liburan, gunakan asuransi perjalanan.
  • Buatlah rencana anggaran dengan sangat lengkap. Biaya yang dikeluarkan bukan hanya untuk makan, transportasi, dan akomodasi, tetapi juga untuk membeli berbagai barang. Ingat, London juga dikenal sebagai kota belanja.
  • Anda dapat menukarkan mata uang di bandara London, tetapi agar lebih aman, tukarkan sebagian mata uang di Indonesia. Tidak perlu membawa banyak cash karena hampir semua tempat di kota ini menerima kartu kredit.
  • Bagi kebanyakan orang Indonesia, London cukup dingin. Bawa baju hangat, apalagi jika Anda pergi saat akhir dan awal tahun. Cuaca di sana juga sering tak menentu. Juga jangan lupa membawa payung untuk berjaga-jaga apabila turun hujan.
  • Agar tidak ada masalah saat melewati pemeriksaan imigrasi di bandara, hindari membawa barang yang dilarang seperti produk daging dan susu dari luar Uni Eropa.
  • Tidak semua tempat wisata buka setiap hari. Selalu lakukan investigasi atau pengecekan, baik ke biro perjalanan yang Anda pilih maupun secara online.
  • Tiket masuk dapat dipesan secara online melalui situs resmi Visitlondon.com atau Visitbritain.com. Biasanya, tersedia diskon kalau Anda melakukan pemesanan sejak jauh-jauh hari.
  • Cara termudah menemukan suatu lokasi di London adalah menggunakan aplikasi CityMapper. Masukkan nama tempat atau bisa kode pos, maka akan muncul peta, jadwal alat transportasi umum menuju ke sana, dan keterangan di mana Anda harus turun.
  • Biaya transportasi selama di London akan lebih murah dengan Visitor Oyster Card. Kartu ini berlaku untuk tube, tram, kereta dan bus dalam dan luar kota.
  • Tube atau kereta bawah tanah menjangkau hampir seluruh tempat di Greater London dan menjadi pilihan favorit warga dan pengunjung kota ini. Hindari waktu seperti saat berangkat atau pulang kerja kalau tak ingin desak-desakan dalam stasiun dan gerbong alat transportasi satu ini.

Itulah tips liburan di London yang dapat membuat waktu Anda di kota tersebut terasa semakin menyenangkan.

Gambar / Wikipedia.org

Penulis

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.