Pada era sekarang, peluang kerja semakin kecil dimana perusahaan membutuhkan sedikit karyawan sedangkan pelamar kerja justru makin banyak.

Nah untuk menyikapi persaingan kerja, alangkah baiknya jika calon pekerja mengetahui cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan juga benar, serta melihat sample dan contoh surat lamaran kerja yang ada di internet.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Berdasar Pengalaman

Berikut ini akan kami ulas mengenai cara membuat surat lamaran kerja berdasarkan pengalaman para pekerja yang sudah berhasil diterima kerja. Yang perlu dibuat pada saat melamar kerja adalah surat lamaran kerja yang nantinya kita tujukan kepada perusahaan.

Anda harus pahami bahwa surat lamaran kerja merupakan salah satu poin utama yang nantinya akan menunjukkan kepada pihak HRD perusahaan, bahwa Anda memang layak untuk dipanggil untuk melakukan wawancara di tempat kita melamar kerja.

Oleh karena itu alangkah baiknya jika surat lamaran kerja berisi mengenai latar belakang pendidikan, kemampuan dan juga pengalaman kerja kita dimana kesemuanya adalah hal sebenarnya dan tidak dibuat-buat.

Dari uraian diatas dapat simpulkan bahwa kita harus dapat menulis surat lamaran kerja dengan juga benar agar peluang untuk diterima di tempat kerja menjadi lebih besar.

Surat lamaran kerja memang bukan satu-satunya hal yang menentukan Anda diterima atau tidak. Namun surat lamaran kerja yang ditulis dengan baik, tentu akan menjadi nilai tambah tersendiri. Setidaknya dapat lolos panggilan wawancara kerja.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Bagi Anda yang kurang paham atau belum tahu cara menulis surat lamaran kerja, berikut langkah-langkah dalam menulis surat lamaran kerja beserta contohnya.

Menulis Tempat dan Tanggal

Surat lamaran kerja harus berisi tempat dan tanggal penulisan surat. Penulisan dilakukan sesuai dengan tanggal saat kita menulis dan mengajukan surat lamaran kerja.

Menulis Alamat Lengkap Perusahaan dan Juga Personil HRD atau Nama Orang yang Kita Tuju

Dalam hal ini kita menuliskan nama personil HRD dari perusahaan yang kita tuju, serta menuliskan juga jabatan dari orang yang menerima surat lamaran kerja tersebut. Kemudian dibawahnya menuliskan nama serta alamat perusahaan.

Usahakan sedapat mungkin untuk menuliskan nama dan alamat perusahaan tempat Anda mengajukan lamaran kerja dengan baik dan benar tanpa ada kesalahan penulisan. Karena sekecil apapun kesalahan dalam penulisan nama perusahaan, tentu akan memberikan kesan negatif dari HRD perusahaan tersebut.

Menuliskan Salam Pembuka dan Kata Pengantar Pembukaan Surat Lamaran Kerja.

Yang perlu Anda perhatikan saat mengawali penulisan pengantar atau pembuka surat pengajuan lamaran kerja, adalah dari mana Anda mendapatkan informasi dan alasan mengapa tertarik lowongan kerja yang dibuka oleh perusahaan tersebut.

Tuliskan secara lengkap kemampuan yang mungkin berhubungan dengan lowongan kerja yang ditawarkan di perusahaan tersebut.

Menuliskan Pengalaman Bekerja Pada Surat Lamaran Kerja

Tidak lupa pula cantumkan pengalaman kerja apabila pernah bekerja di bidang yang sama di perusahaan lain. Ada baiknya juga Anda menunjukkan portofolio atau sampel pekerjaan yang pernah dibuat. Sebab mungkin saja perusahaan membutuhkan skill / kemampuan yang berhubungan dengan portofolio Anda.

Bagian Penutup Surat Lamaran Kerja

Saat mengakhiri pembuatan surat lamaran kerja, cantumkan pula bahwa Anda sangat tertarik dengan lowongan yang dibutuhkan di perusahaan tersebut. Lalu pastikan Anda yakin bisa bekerja sesuai dengan bidang yang diperlukan.

Ada beberapa lampiran yang perlu diberikan membuat dan mengirim surat lamaran kerja yakni:

  • Pas Foto (terbaru)
  • Fotokopi KTP
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotokopi Ijazah Terakhir
  • Fotokopi Sertifikat Kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah Anda ikuti)

Nah dari uraian tentang cara membuat surat lamaran kerja diatas, diharapkan Anda akan mampu bersaing atau setidaknya kesempatan menerima panggilan wawancara oleh pihak HRD Perusahaan tempat kita mengajukan surat lamaran kerja, menjadi lebih besar.

Untuk melengkapi data tentang cara menulis surat lamaran kerja, berikut ini ada beberapa contoh menulis surat lamaran kerja di perusahan besar di Indonesia.

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT PERTAMINA

Sinabang, 12 Maret 2020

Hal:  Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,

Pimpinan PT Angkasa Pura I (Persero) Tbk
Di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Markus Santoso Pramona
Jenis kelamin: Pria
Pendidikan terakhir: SMK
Alamat: Sukamakmur, RT 005 / RW 007 Jonggol, Bogor
Agama: Islam
Telepon: 0812 6855 4045

Sehubungan dengan informasi yang saya dapat di internet terkait dengan dibukanya lowongan pekerjaan pada PT Angkasa Pura I Tbk. Maka dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan lamaran kerja guna dapat menempati posisi sebagai Aviation Security Officer atau Fly Security.

Bersama dengan surat ini, sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu berikut saya lampirkan:
  • Daftar Riwayat Hidup (CV)
  • Fotocopy Ijazah
  • Fotocopy KTP
  • Kartu Keluarga
  • Pas Foto 4×6 (2 lembar)
  • Kelengkapan Berkas Pendukung Lainnya
Demikian surat lamaran kerja ini saya buat berdasarkan kondisi saya yang sebenarnya. Apabila dikemudian hari terdapat perbedaan, maka saya sepenuhnya siap untuk bertanggung jawab.

Atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan terimakasih.

Hormat Saya,

Markus Santoso Pramona

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT GARUDA INDONESIA

contoh surat lamaran kerja di pt garuda indonesia 1.png

Gambar / Anna Sulencka

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.