Wisata Air Terjun di Banyuwangi – Keindahan alam yang ada di Banyuwangi memang memukau, salah satunya adalah Air Terjunnya. Air Terjun merupakan salah satu destinasi favorit para wisatawan setelah kawah ijen dan pantainya.

Air terjun yang ada di kota ini masih sangat alami, disebabkan letaknya agak terpencil sehingga belum cukup terjamah oleh aktivitas manusia. Kealamian dan keasrian yang disajikannya itulah daya tarik air terjun kota Banyuwangi. Nah apabila Anda berkunjung ke kota ini, tidak ada salahnya untuk berekreasi ke wisata air terjunnya.

Destinasi Wisata Air Terjun di Banyuwangi

Sebenarnya air terjun di Banyuwangi tidak hanya ada 6 saja, di kota ini Anda bisa menemukan lebih dari 15 air terjun. Akan tetapi tidak semuanya layak dikunjungi, karena ada beberapa air terjun belum terkelola dengan baik.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membahas 6 air terjun di Banyuwangi. Kelimanya memiliki pesona nan elok untuk dijadikan destinasi wisata.

1. Air Terjun Lider

Air terjun di Banyuwangi pertama yang layak untuk menjadi destinasi wisata Anda adalah air terjun Lider. Letaknya ada di Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

Lider berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut, sehingga kawasan wisata ini memiliki udara sejuk dan asri. Tempat ini sangat cocok untuk tujuan berlibur, suasananya asri, tentu akan membuat pikiran penat Anda menjadi lebih segar.

Air terjun ini dianggap yang terbaik sekaligus tertinggi di Banyuwangi. Di kawasan ini terdapat 1 air terjun utama dengan 4 air terjun kecil yang masih menjadi bagiannya. Tingginya air terjun utama mencapai 60 meter, dengan debit air terbilang cukup banyak apalagi ketika musim penghujan.

Oleh karena debit airnya deras, Anda tidak direkomendasikan untuk membawa anak masih kecil bermain air di sekitar sini. Banyak kejadian karena derasnya debit air, membuat mereka yang sedang bermain air malah terbawa dan akhirnya terbentur bebatuan yang terdapat di sekitarnya.

Tentu Anda tidak ingin buah hati mengalami hal seperti itu bukan?

2. Air Terjun Jagir

Di kawasan wisata ini, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alamnya yang indah. Di sekitar kawasan juga terdapat tiga air terjun, sehingga masyarakat sekitar sering menyebutnya sebagai air terjun three in one. Sumber airnya berasal dari mata air Sumber Pawon yang mempunyai tingkat kejernihan tinggi.

Disini para wisatawan dapat menikmati indahnya pemandangan alam, serta segarnya air dari mata air tersebut. Banyak pengunjung yang berfoto di sekitar lokasi air terjun ini, sambil mengabadikan indahnya pemandangan alam disana.

Berbeda dengan air terjun Lider yang memiliki ketinggian 60 meter, disini air terjunnya hanya memiliki ketinggian 10 meter saja.

3. Air Terjun Pertemon

Bisa dibilang destinasi wisata alam satu ini lokasinya agak terpencil, karena berada di antara celah jurang sempit. Air terjun ini di antara dua jurang dan belum banyak dikunjungi para wisatawan.

Di sekitar jurang tersebut kita akan menemukan banyak lumut tumbuh. Hal tersebut dikarenakan memang disekitarnya cukup lembab. Letaknya yang berada di antara jurang ini menjadikan tempat ini sangat cocok untuk berfoto. Sangat jarang lho ada air terjun yang berada di antara jurang, sehingga terlihat sangat eksotik.

Untuk bisa menuju ke Pertemon, dari Kota Banyuwangi Anda perlu menuju ke arah Kecamatan Rogojampi, hingga menemukan sebuah pasar yang ada di kecamatan ini.

Dari arah Kota Banyuwangi, Anda akan menemukan sebuah pertigaan yang ada di pasar dan beloklah ke arah kanan sehingga Anda akan sampai di Kecamatan Songgon. Nah, Pertemon letaknya di Kecamatan Sengon dan di sekitar kecamatan tersebut sudah banyak petunjuk arah yang akan mengarahkan Anda ke Air Terjun Pertemon ini.

4. Air Terjun Selendang Arum

Letaknya berada di kawasan lereng Gunung Raung, tepatnya di dusun Sumberasih. Suasana disini masih sangat alami sehingga cocok untuk tempat melepaskan penat dan stress.

Karena berada di daerah dataran tinggi dan banyak pepohonan di sekitar kawasan air terjun, udara di sekitar sini terasa sangat sejuk. Panorama disini juga sangat mempesona sehingga akan memanjakan mata Anda yang melihatnya.

Kawasan wisata tersebut memang masih perlu lebih dikembangkan dan diberi penambahan fasilitas agar lebih baik lagi. Walau begitu, wisatawan yang berkunjung ke air terjun itu sudah cukup banyak.

Kebanyakan para pengunjung tertarik dengan Selendang Arum karena suasananya yang masih sangat alami dan debit airnya tidak terlalu deras. Karena debitnya yang tidak deras tersebut, para wisatawan bisa berenang di sekitar air terjun.

Tidak ada biaya yang diperlukan untuk memasuki kawasan wisata ini juga menjadi salah satu faktor yang membuat pengunjung air terjun selendang arum relatif banyak.

5. Air Terjun Kedung Angin

Air terjun satu ini juga sangat populer di Banyuwangi dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Penyebab banyak pengunjung ke kawasan ini adalah dikarenakan aksesnya mudah, keindahan pemandangannya juga sangat indah serta adanya kolam yang memiliki diameter 800 meter.

Dikolam ini para wisatawan bisa berenang secara leluasa dan bermain air disana. Kedalamannya juga tidak terlalu tinggi, yaitu mencapai 2 meter di bagian terdalamnya. Dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam, para pengunjung yang tidak bisa berenang tetap bisa bermain air di kolam tersebut.

Selain menikmati indahnya pemandangan air terjun serta bermain air, di kawasan wisata ini ada jalur motor trail. Bagi para penghobi motor trail dapat mencoba untuk melaju di jalur yang akan membuat Anda masuk ke dalam hutan.

Disekitaran hutan juga menjadi habitat monyet dan seringkali meminta makan kepada pengunjung yang berada disana.

6. Air Terjun Telunjuk Dewa Raung

Air terjun terakhir yang akan kami ulas dalam artikel ini memiliki nama Telunjuk Dewa Raung. Kami sendiri kurang begitu mengetahui apa yang menyebabkan kawasan ini disebut dengan nama air terjun telunjuk dewa raung. Mungkin oleh sebab air terjun ini menimbulkan suara keras akibat dentuman aliran air yang jatuh mengenai tebing.

Para wisatawan yang berkunjung kemari biasanya sangat puas dengan pemandangan alam yang disajikan di kawasan ini. Di sekitar air terjun tersedia sebuah kolam berukuran besar yang airnya berasal dari aliran air terjun. Airnya sangat dingin dan menyegarkan, Anda bisa mengajak keluarga untuk bermain air di kawasan kolam ini.

Kedalamannya tidak terlalu dalam kok, sehingga relatif aman untuk anak-anak. Lokasi air terjun ini berada di Desa Sumberarum, Kecamatan Songo, jaraknya sekitar 40 kilometer dari Kota Banyuwangi.

Kondisi jalan untuk menuju ke lokasi kurang begitu bagus dan belum diaspal sehingga kurang begitu direkomendasikan apabila mengendarai mobil untuk menuju ke sini.

Itulah rekomendasi 6 air terjun di banyuwangi terbaik untuk destinasi wisata. Mengunjungi air terjun bisa menjadi sebuah wisata alternatif setelah Anda puas berkunjung ke kawah ijen, jawatan benculuk dan pantai-pantai yang ada di kota ini.

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.