Aplikasi Perekam Layar PC – Salah satu cara paling tepat untuk mengabadikan momen yang di tayangkan dari layar komputer adalah dengan merekamnya.

Tidak cuma peristiwa khusus yang di putar secara streaming, video tutorial (termasuk game), presentasi kerja dll juga perlu terdokumentasikan dengan baik. Hal tersebut penting, siapa tahu suatu saat kita perlukan atau ingin di publikasikan.

Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik

Untuk itu, di perlukan sebuah aplikasi perekam layar PC yang mampu menghasilkan rekaman berkualitas terbaik. Sekarang, sudah banyak perangkat lunak serupa yang bisa di unduh secara mudah via internet, antara lain sbb:

1. Open Broadcaster Software

Open Broadcaster merupakan piranti lunak khusus, bisa Anda pakai untuk merekam setiap kegiatan yang ada di layar PC atau laptop.

Perangkat yang umum di sebut OBS itu adalah jenis aplikasi open source dan multi platform, sehingga pengguna bisa memasangnya pada komputer dengan berbagai macam sistem operasi, seperti Windows, OSX, GNU, atau Linux.

Meskipun antarmukanya sederhana, OBS menyediakan berbagai fungsi bermanfaat, seperti merekam desktop, suara dari mikrofon internal / eksternal hingga webcam. Selanjutnya, Anda dapat menambahkan text atau gambar pada video dan menyimpan ke dalam format MP4 atau FLV.

Dengan OBS, pengguna tidak hanya bisa merekam, tapi juga membagikan video secara live streaming ke berbagai situs online lain yang kita inginkan. Canggih sekali, kan?

Download Open Broadcaster Software

2. Action!

Aplikasi perekam layar PC terbaik kedua adalah Action! Di bandingkan software sejenis, Action! Mampu merekam video streaming secara real time dengan kualitas gambar HD. Selain itu, perangkat tersebut juga bisa di pakai untuk menangkap layar dalam waktu relatif cepat.

Sebelum mulai perekaman screen monitor, Anda bisa mengatur resolusi video sesuai keinginan dengan pilihan maksimal sampai 1080p. Selain mendokumentasikan layar PC, Action! memiliki fitur lain seperti merekam video layar penuh atau sebagian, termasuk permainan. Format file yang di hasilkan adalah MP4 atau AVI.

Download Action!

3. XSplit Gamecaster

Sama seperti piranti serupa, aplikasi ini juga berguna untuk merekam pergerakan layar monitor atau PC demi bermacam keperluan. Bedanya, Xsplit memiliki keunggulan menampilkan video streaming secara stabil, bahkan ketika komputer sedang di pakai bermain game.

Cukup menekan satu tombol saja, Xsplisit akan mengkonfigurasi pengaturan sesuai tipe perangkat komputer atau laptop yang kita gunakan.

Download XSplit Gamecaster

4. WM Capture

Tak cuma merekam video pada layar PC, melalui WM Capture, pengguna juga bisa mengatur jadwal, kapan screen komputer harus memulai rekaman dengan fitur schedule recording. Melalui fasilitas canggih tersebut, software mulai merekam tayangan streaming bahkan ketika Anda sedang tidak menontonnya.

Aplikasi itu sangat cocok di pakai siapa saja yang tidak mau ketinggalan siaran live streaming sementara pada saat bersamaan, ada kesibukan yang tidak bisa mereka tinggalkan.

Hasil berkas yang di hasilkan dari WM Capture pun hadir dalam beragam format, mulai dari MPEG, WMV, AVI, DVD-ISO, dan lain-lain.

Download WM Capture

5. ShadowPlay

Aplikasi berikutnya adalah ShadowPlay, berjalan sempurna pada sistem operasi Windows yang menggunakan GPU GeForce buatan Nvidia. Pembedanya adalah layanan rekam mundur dengan durasi hingga 20 menit. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, Anda hanya perlu menekan shortcut.

Dengan ShadowPlay, kita tak perlu khawatir jika ketinggalan siaran video streaming yang terlewat. Pengguna pun bisa menyimpan hasil rekaman layar dalam format MP4 menggunakan codec H.264.

Download Shadow Play

6. Dxtory

Jika Anda sedang mencari software perekam layar PC ringan dan tidak membuat kerja komputer menjadi berat, cobalah download Dxtory. Aplikasi tersebut mampu melakukan perekaman layar dengan fitur antarmuka dan pengaturan nan sederhana, sehingga tidak membuat laptop lemot.

Selain itu, kualitas video yang di hasilkan pun dapat di sesuaikan dengan kemampuan prosesor komputer. Meski terbilang sederhana, Dxtory mampu merekam 2 audio atau suara dalam waktu bersamaan dengan sangat jelas, contohnya ketika Anda sedang membuat tutorial bermain game.

Download Dxtory

7. Windows 10 Game Bar

Merekam layar PC bagi para pengguna Windows 10 kini bukan lagi hal sulit, sebab sekarang ada software khusus bernama Windows 10 Game Bar yang memungkinkan Anda mengabadikan siaran atau apa pun di komputer.

Aplikasi yang sering di sebut dengan Game DVR ini juga bisa di pakai secara instan tanpa bantuan apa pun. Kelebihan lain yang di tawarkan Game Bar adalah ukuran video yang tidak terlalu besar dengan kualitas cukup baik. Windows 10 DVR merupakan aplikasi yang umum di pakai oleh para Youtubers.

8. BSR Soft

BSR Soft adalah aplikasi khusus yang di manfaatkan untuk merekam gambar, suara, atau bahkan video apa pun yang ada di layar PC. Software ini memiliki fitur yang bisa mengatur bagian layar sebelah mana, akan kita rekam.

Selain itu, di BSR Soft juga punya tambahan fitur yang tak kalah menarik, seperti menyisipkan tulisan, gambar, atau animasi ke dalam rekaman layar. Secara keseluruhan, perangkat canggih ini menghasilkan berkas dalam format WMV, EXE, dan AVI.

Download BSR Soft

9. FlasBack Express

Software perekam layar PC yang paling cocok di gunakan untuk tutorial atau peragaan (demo) adalah FlashBack Express. Aplikasi ini memunngkinkan si pemakai untuk merekam layar sembari membuat audio narasi sebagai tambahan keterangan.

Selain itu, Anda pun boleh memilih lembar kerja mana yang ingin di rekam, baik sebagian atau keseluruhan. Setelah proses recording selesai, silakan menyimpan berkasnya ke bentuk AVI atau Flash, lalu mengunggahnya ke situs berbagi video, seperti YouTube.

Layaknya BSR Soft, Anda dapat pula menambah teks, gambar, serta animasi ke dalam rekaman. Mudah, kan?

Download BB FlasBack Express

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.