Anda gemar belanja online? Atau ingin berbelanja secara online? Pastinya ada kebutuhan akan pengunaan jasa pengiriman barang. Contohnya J&T, salah satu jasa pengiriman barang yang sering digunakan pada situs belanja online ataupun e-commerce.

Namun, ketika menggunakan jasa pengiriman barang ini, entah sebagai pengirim atau penerima. Anda harus tahu juga istilah-istilah yang digunakan dan arti status kiriman J&T agar bisa memahaminya.

Arti Status Kiriman J&T Saat Melakukan Tracking

Saat mengirim atau menerima barang melalui jasa pengiriman barang seperti J&T, Anda sebagai pengirim akan menerima nomor resi. Nah, dari nomor resi inilah yang nantinya bisa digunakan untuk cek status kiriman. Karena itu, penting bagi pengirim barang untuk mendapatkan nomor resi.

Terlebih jika Anda adalah konsumen di toko online, Anda juga harus tahu nomor resi barang yang dibeli. Jadi, Anda bisa mengetahui status pengiriman dan lokasi terkini barang yang dikirim oleh penjual.

Baca juga:
Cek Resi J&T 100% Gratis dan Online 24 Jam

Nah, saat cek dengan nomor resi di situs resmi J&T atau melalui aplikasi J&T, nantinya akan ditampilkan status pengiriman. Biasanya di dalam status kiriman J&T tersebut akan tertulis beberapa hal. Berikut adalah arti status kiriman J&T yang harus Anda ketahui.

1. Paket Disimpan di Gudang J5

Maksud dari status ini adalah bahwa paket sedang disimpan di gudang J&T untuk sementara waktu. Biasanya status ini akan diikuti dengan sudah melewati jam operasional artinya paket tidak bisa langsung dikirim karena jam operasional sudah terlewat.

Status seperti ini biasanya juga diikuti dengan pesan yang berbunyi telpon bermasalah, tidak bisa dihubungi. Ini artinya paket sudah akan dikirim, namun karena saat dihubungi oleh kurir > Anda tidak menjawab atau nomor sedang tidak aktif, maka paket akan ditampung di gudang J&T terdekat dahulu.

Satu lagi pesan yang juga mengikuti status ini adalah salah penyortiran J&T. Jika diikuti dengan pesan ini, maka arti status kiriman J&T Anda adalah sedang terjadi kesalahan dalam proses penyortiran.

Hal tersebut kemudian mengakibatkan paket salah jalur pengiriman. Paket yang seharusnya dikirim ke Kota A, malah terkirim ke Kota B. Tak perlu khawatir karena masalah seperti ini akan diatasi oleh pihak J&T.

2. Departed to

Status selanjutnya yang menjadi penanda keberadaan paket adalah status Departed to. Jika dalam proses tracking status kiriman Anda sudah seperti ini, artinya paket yang dikirimkan sudah meninggalkan drop point atau sudah berangkat menuju kota tujuan paket dikirimkan.

3. Pick Up

Status kiriman pertama yang muncul saat Anda cek resi J&T adalah pick up. Status ini artinya barang akan dijemput oleh kurir yang kemudian akan dikirim. Status ini biasanya muncul jika pengirim menggunakan jasa pick up kiriman ke rumah. Jadi, Anda sebagai pengirim tidak perlu datang langsung ke drop point J&T.

4. Gateway

Jika Anda mendapati status seperti ini biasanya akan diikuti oleh inisial nama kota. Arti status kirim J&T yang seperti ini berarti barang yang dikirim sudah sampai di gudang kota tersebut.

Misalnya status SRG_Gateway, itu artinya barang kiriman Anda sudah sampai di gudang di Kota Semarang. Jadi, tinggal perkirakan lamanya hingga sampai ke alamat rumah Anda.

5. Arrive

Jika status pengiriman Anda sudah berubah menjadi Arrive bukan berarti paket Anda sudah sampai di alamat tujuan. Status ini artinya adalah paket atau kiriman baru sampai di kota tujuan seperti yang tertulis di alamat tujuan pengiriman.

Jadi, belum sampai ke alamat penerima. Biasanya masih akan diproses selama maksimal satu hari sampai paket ini benar-benar sampai ke alamat penerima.

6. Processed by

Setelah status Arrive, status kiriman akan kembali berubah menjadi Processed by. Ini artinya paket atau kiriman Anda yang sudah sampai di kota tujuan sedang diproses. Biasanya status ini diikuti dengan nama petugas yang memproses. Anda hanya tinggal menunggu paket untuk proses berikutnya yaitu proses pengiriman ke alamat Anda.

7. On Delivery by

Selanjutnya adalah status dengan tulisan On Delivery by. Kalau sudah seperti ini, arti status Kirin J&T ini adalah bahwa paket kiriman Anda sudah diantarkan oleh kurir ke alamat rumah Anda sebagaimana yang tercantum dalam alamat tujuan pada paket. Biasanya, status ini diikuti dengan nama kurir pengirim paket.

8. Delivered to

Terakhir, status pengiriman yang sudah sampai akan berubah menjadi Delivered to. Ini artinya kurir sudah tiba di alamat tujuan dan paket sudah disampaikan pada penerima. Di belakang status ini biasanya juga diikuti dengan nama penerima saat paket atau kiriman disampaikan.

Jadi ketika bukan Anda langsung yang menerima paket tersebut, Anda bisa melacak kepada nama pengirim yang tertulis pada status ‘delivered to’ ini.

9. Invalid Airway Bill

Kalau status di tracking J&T Anda tertulis Invalid Airway Bill, artinya nomor resi sudah tidak bisa dibaca lagi. Ini bisa berarti jika paket Anda sudah diterima.

Atau kemungkinan kedua bisa jadi sistem cek resi atau tracking sedang mengalami gangguan. Jika begitu, tunggu beberapa saat untuk cek lagi. Namun jika masih sama, Anda bisa mengkonfirmasi ke pihak J&T langsung apakah paket sudah sampai atau belum.

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.