Pada saat mencari lowongan pekerjaan dan akan melamar kerja. Salah satu hal terpenting perlu Anda perhatikan adalah surat lamaran kerja.

Surat lamaran kerja ini, setidaknya akan menentukan apakah kita akan dipanggil untuk wawancara atau tahapan selanjutnya dalam proses penerimaan / recruitment.

Didalamnya, Anda harus mencantumkan informasi yang memang dibutuhkan oleh perusahaan. Informasi tersebut pastinya akan menjadi nilai tambah tersendiri di mata perusahaan yang akan menerima kerja. Nah oleh sebab itu, Anda wajib menguasai bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Tips dan Cara Bikin Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Menarik Perhatian HRD dan Bos Perusahaan

Kita harus sadari, sekarang ini semakin banyak orang yang butuh pekerjaan. Namun sayangnya, lapangan kerja yang tersedia tidak sebanding dengan peluang yang ada.

Oleh karena persaingan memperoleh pekerjaan yang sangat ketat, maka Anda perlu tahu beberapa tips terkait bagaimana mendapatkan pekerjaan. Dimana salah satunya adalah mengetahui bagaimana Cara Bikin Surat Lamaran Kerja Yang Benar dan Efektif Disukai HRD perusahaan yang akan Anda lamar.

Baca juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar dan Disukai HRD Perusahaan

Faktor Utama Untuk Dapat Lolos Wawancara Saat Melamar Kerja Selain CV atau Riwayat Hidup

Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja. Diantaranya:

Isi Dari Surat Lamaran Kerja

Pastikan isi dari surat lamaran kerja tersebut sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pihak perusahaan tempat kita melamar kerja.

Sebagai contoh, bila Anda melamar pekerjaan di bidang IT. Maka isi dari lamaran kerja adalah mengenai minat Anda perihal teknologi dan juga pengalaman yang Anda miliki ditempat lain dalam bidang teknologi juga. Jika perlu sebutkan juga dalam CV tentang keahlian kita dibidang teknologi / IT.

Baca juga:
Download Contoh Surat Lamaran Kerja

Jangan sampai Anda hanya menuliskan minat pada surat lamaran kerja, tetapi tanpa ada faktor penunjang kemampuan dalam bidang yang dilamar. Staff HRD perusahaan tentunya akan langsung menyisihkan surat lamaran kerja Anda karena tidak disertai dengan pengalaman yang sesuai dan cukup.

Menggunakan Paragraf Pembuka dan Penutup yang Baik

Menggunakan susunan paragraf pembuka serta penutup yang benar adalah salah satu hal wajib Anda perhatikan saat membuat surat lamaran kerja.

Hal ini tentu menjadi penting, sebab staff HRD Perusahaan akan menilai kemampuan Anda dalam menyampaikan sesuatu. Apakah itu secara baik dan benar. Berilah kesan yang baik pada surat lamaran kerja Anda.

Lalu bagaimana membuat susunan paragraf pembuka dengan benar? Caranya Anda cukup menggunakan bahasa santun dan tanpa perlu bertele-tele dalam penyampaiannya.

Memastikan Kepada Siapa Surat Ditujukan Secara Jelas

Dalam hal ini ketika menulis surat lamaran kerja, Anda harus mencantumkan informasi kepada siapa surat ditujukan secara lengkap dan jelas. Umumnya, ditujukan langsung ke pimpinan atau HRD perusahaan.

Menuliskan Informasi Ringkas Tentang Diri Anda

Berkaitan dengan ini, Anda sebisa mungkin untuk mencantumkan informasi mengenai apa yang diinginkan dan apa yang membuat kita yakin mampu bekerja di perusahaan tersebut.

Pastikan HRD atau pimpinan perusahaan yang membaca surat lamaran kerja Anda, menjadi semakin yakin akan kemampuan dan minat Anda terhadap perusahaan mereka.

Surat Lamaran Kerja Harus Bersih

Hal tersebut mungkin terdengar remeh dan sudah tidak perlu kita debatkan lagi. Namun nyatanya, masih banyak dari para pelamar kerja yang mengabaikannya.

Pastikan saat Anda membuat surat lamaran kerja, kertas yang digunakan harus dalam keadaan bersih tanpa ada noda serta tidak kusut atau terlipat-lipat. Sebab biar bagaimanapun, surat lamaran kerja merupakan cerminan watak dan sifat pembuatnya.

Tunjukkan Secara Nyata Minat Anda Dalam Bekerja

Dalam membuat surat lamaran kerja, pastikan didalamnya ada semacam kalimat yang menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik atau menunjukan rasa minat untuk bekerja dan mengabdi di perusahaan.

Hal ini pastinya kita tulis dalam batas wajar dan tidak berlebihan. Harapannya adalah staff HRD akan tertarik dengan antusiasme Anda.

Nah kesimpulannya. Dalam membuat surat lamaran kerja untuk diajukan ke perusahaan yang kita lamar itu harus jelas, mudah dipahami serta menarik bagi perusahaan. Sekali lagi, tentunya agar niat tulus Anda untuk bergabung dan bekerja ditempat tersebut tidak bertepuk sebelah tangan.

Lalu bagaimana sih cara yang benar untuk membuat surat lamaran kerja? Berikut contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar agar dilirik HRD Perusahaan.

Baca juga:
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Perusahaan di Pertamina

Contoh Surat Lamaran Kerja di Perusahaan Besar

Bogor, 01 Desember 2020

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth
HRD Manager PT Cipta Farmasi Indo
Jl. Pasti Sehat Selalu No. 673, Bogor, Jawa Barat 16830

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan melalui Harian Nasional edisi 1 Desember 2020, PT Cipta Farmasi Indo membuka lowongan pekerjaan untuk bidang Manager Keuangan.

Dengan surat lamaran kerja ini saya bermaksud bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk mengisi posisi jabatan Manajer Keuangan di perusahaan bapak.

Berikut dibawah ini biodata singkat saya:

Nama: David Buchanan Longhorn
Tempat/Tanggal Lahir: Bekasi/14 November 1990
Jenis Kelamin: Laki-laki
Alamat: Perumahan Singa Adem Jl. Singajaya No. 289, Bogor, Jawa Barat 16830
No. Ponsel/Email: 0812 9078 2344/buchanan.david@yahoo.co.id

Saat ini saya dalam kondisi sehat jasmani dan rohani. Saya juga memiliki kemampuan berbahasa Inggris aktif. Saya juga lebih mengutamakan kejujuran dan sanggup bekerja keras.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu berikut saya lampirkan beberapa dokumen yang diperlukan untuk melengkapi data diri:
  • Daftar Riwayat Hidup: 3 Lembar
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP): 1 lembar
  • Fotokopi Ijasah Terakhir (legalisir): 1 lembar
  • Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Rumah Sakit: 1 lembar
  • Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK): 1 lembar
  • Hasil Rapid Test Covid-19 (Hasil Negatif): 1 lembar
  • Pas Foto 3×4: 3 lembar
Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya berharap mendapat kesempatan untuk wawancara supaya dapat menjelaskan lebih lengkap mengenai kemampuan saya yang nantinya bisa bermanfaat di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

David Buchanan Longhorn

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.