Google Drive tentunya sudah tak asing lagi di telinga sebagian orang. Ya, aplikasi canggih besutan Google tersebut punya beragam manfaat, tidak cuma menyimpan, berbagi berkas berukuran besar pun mampu kita lakukan.

Layanan ini sendiri sudah bisa di nikmati melalui PC dan smartphone. Kali pertama di luncurkan sejak April 2012 silam, Google Drive terus menunjukkan perkembangan di setiap fiturnya.

Setiap pemilik akun dapat memanfaatkan secara gratis dengan batasan kapasitas hingga 15 GB bahkan lebih (jika menggunakan versi berbayar).

1. Fungsi dan Fitur Utama

Sebetulnya, gdrive yang ada saat ini merupakan pengganti dari Google docs terdahulu, jadi pengguna yang mengakses url lawas akan otomatis di arahkan ke laman drive. Nah, berikut akan kami jelaskan secara rinci mengenai fungsi aplikasi canggih tersebut:

1.1 Menyimpan Berkas

Menyimpan beragam jenis file adalah satu dari sekian fungsi gdrive yang paling banyak di pakai.

Biasa pengguna memanfaatkannya sebagai wadah paling aman untuk mendokumentasikan berkas-berkas penting mereka, mulai dari foto, video, berkas kuliah / pekerjaan, dan lain-lain.

Cukup memasukannya ke dalam folder gdrive, maka berkas akan tersimpan secara otomatis, selama komputer tersambung ke jaringan internet.

1.2 Mengolah Dokumen

Anda bisa membuat atau mengubah dokumen, berikut lembar kerja lewat aplikasi ini. Selain itu, gdrive memiliki menu yang memugkinkan pengguna untuk menciptakan slide presentasi dan membukanya kapan dan di mana pun.

1.3 Mengakses Layanan Lain Milik Google

Gdrive memiliki menu atau tautan yang tersinkronisasi dengan fitur Google lainnya, seperti gmail, google plus, chrome, dsb sehingga kita tidak perlu repot untuk back up file karena secara otomatis tersimpan.

Video dan foto yang di unggah ke internet akan langsung tersimpan rapi tanpa harus melakukannya secara manual.

2. Manfaat Google Drive

Seperti yang sudah kami ulas sedikit di bagian awal, Google Drive memiliki manfaat yang sangat besar terhadap keamanan dokumen penting yang Anda punya.

Meski suatu hari komputer atau PC di rumah rusak, pengguna tak perlu khawatir kehilangan data karena semua sudah tersimpan.

Selain itu, apa saja sih manfaat dari Google Drive?

  • Gdrive memungkinkan si pemakai untuk menyimpan, menerima, atau berbagi berkas kepada orang lain dengan batasan kapasitas yang cukup besar, yaitu 15 GB atau bahkan lebih. Dengan begitu, persoalan mengirim video (yang umumnya) berkapasitas besar tak lagi menjadi masalah.
  • Data yang sudah tersimpan di gdrive bisa Anda akses dari mana saja dan kapan saja, meskipun menggunakan perangkat komputer berbeda.
  • Selain via komputer, Google Drive juga bisa di akses melalui smartphone, jadi Anda bisa membukanya kapan pun di butuhkan.
  • Pengguna dapat melakukan pencarian via Google drive karena perangkat lunak ini sudah tersinkronisasi otomatis dengan web browser.
  • Anda bisa menyimpan file dalam format beragam, mulai dari doc, PDF, JPG, termasuk berkas hasil dari Adobe Photoshop dan lain-lain. Jadi, tak perlu khawatir dokumen tersebut tidak terbaca oleh Google.
  • Melihat fungsi dan manfaat begitu beragam, tak heran kalau sekarang banyak orang mulai beralih ke Google Drive. Tidak sekedar menyimpan, mereka pun menggunakan gdrive untuk embed video ke situs atau blog miliknya.

3. Cara Embed Video Google Drive

Jika dulu orang menampilkan video YouTube (misal untuk berbagi video yang sesuai dengan tema tulisan atau sekadar mendengar musik), sekarang hal itu sudah bisa di alihkan dengan memanfaatkan gdrive.

Selain tidak ribet, fitur tersebut juga akan membuat situs terlihat lebih profesional.

Pengunjung website pun akan cenderung lebih nyaman saat membaca tulisan atau artikel yang di sertai materi pendukung, baik berupa video atau foto. Dan hal tersebut bisa di wujudkan dengan mudah berkat bantuan si canggih Google drive!

Daripada penasaran, yuk tengok langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama, kita harus mengunggah berkas (ke gdrive) terlebih dahulu.
  • Jika sudah di unggah, hasilnya kurang lebih seperti:
  • Klik 2x pada berkas > More di tandai oleh tiga titik vertikal di pojok kanan atas > Share
  • Selanjutnya akan muncul pengaturan berbagi file dan tautan dengan rincian berisi dialog box.
  • Pada bagian Get link > tekan tombol Change, lalu ubah akses menjadi Anyone with the link > Viewer agar bisa terlihat semua orang ketika sudah di-embed ke situs atau blog kita nanti > Klik Done.

3.1 Cara Embed Video Dari Google Drive di Blogger

  • Pertama, salin tautan yang sudah tersedia sebelumnya > beri imbuhan elemen iframe pada link tersebut. Contoh format:
<iframe src=”https://drive.google.com/file/d/0B9t1433_9bn3cHY2LUJfdERnOWs/view?usp=sharing”></iframe>
  • Sebagai tambahan, kita boleh atur tinggi dan lebar tampilan sesuai kebutuhan, dengan menambahkan kode style. Contoh format:
<iframe src=”https://drive.google.com/file/d/0B9t1433_9bn3cHY2LUJfdERnOWs/view?usp=sharing” style=”width:500px;height:500px”></iframe>
  • Terakhir, di form isian artikel atau konten pada Blogger > tekan navigasi HTML.
  • Masukkan baris kode iframe > apabila sudah selesai semua, termasuk mempersiapkan konten > pilih Publikasikan atau Publish.

3.2 Cara Embed Video Dari Google Drive di WordPress

Nah sekarang, kami mencoba menunjukkan bagaimana menampilkannya melalui WordPress. Sebelum memulai, ada beberapa hal yang harus terpenuhi terlebih dahulu:

  • Anda wajib memasang 2 plugin gratis, yaitu Google Apps Login dan Google Drive Embedder.
  • Khusus Google Drive Embedder, jika ingin membubuhkan berkas berekstensi tertentu setiap user di haruskan membeli versi premium-nya.
  • Setelah ter-install > kita masih harus menyelesaikan proses authentikasi Google Apps Login dengan WordPress.
  • Proses tersebut membutuhkan Client ID dan Client secret yang bisa di dapatkan dari platform Google APIs.

Cara Mendapatkan Client ID dan Client secret

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka alamat web: https://console.developers.google.com
  • Akses Select a Project > New Project > lengkapi Project name > pilih Yes untuk menyetujui syarat dan ketentuan (untuk pertama kali saja) > tekan Create.
  • Highlight Project yang sudah tercipta > di sebelah kiri ada tiga navigasi > Credentials.
  • Pilih Create Credentials > Selanjutnya Anda akan di minta melengkapi data OAuth consent screen (cukup sekali, jika belum pernah).
  • Buka menu OAuth client ID > pada Application Type, pilih Web Application > isi Name, Restrictions URI seperti di bawah ini:

Contoh format Restrictions URI:

Authorized JavaScript origins > http://www.namadomain.com
Authorized redirect URIs > http://www.namadomain.com/oauth2callback
  • Untuk mengakhiri proses, tekan tombol Create > muncul pop-up berisikan Client ID dan Client secret Anda.
  • Terakhir, pergilah ke Library > Drive API > tekan ENABLE.

Cukup melelahkan ya? Sekarang saatnya bagi kita menyematkan berkas yang sudah di unggah ke gdrive pada laman WordPress.

  • Buka halaman pengaturan Google Apps Login > Masukkan informasi Client ID dan Client secret > Simpan.
  • Masuk ke halaman Pos > Tambah Baru > Tekan tombol Add Google File > Click to authenticate via google.
  • Muncul lagi pop-up, penanda bahwa Google APIs ingin mengakses gdrive Anda > Allow.
  • Untuk menyematkan, pilih saja dokumen yang di kehendaki > Embed document > Insert File.

Nah, itu dia sedikit pembahasan mengenai fitur, manfaat, serta Cara Embed Video Dari Google Drive di Blogger dan WordPress. Cukup mudah, bukan? Jadi, selamat mencoba!

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.