Cemilan merupakan makanan santai yang biasanya dikonsumsi orang untuk berbagai alasan, mulai dari rasa lapar atau justru karena alasan sulit mengkonsumsi nasi.

Seorang ibu yang sedang hamil biasanya cenderung akan cepat lapar, selain itu ada pula yang mual ketika mengkonsumsi nasi. Cemilan menjadi solusi pengisi perut. Namun demikian, penting diperhatikan cemilan yang dipilih adalah cemilan sehat ibu hamil yang diharapkan mampu menambah nutrisi janin.

Lalu bagaimanakah cemilan yang sehat untuk ibu hamil? Bukan sembarang cemilan, pastikan cemilan tersebut tidak mengandung zat-zat aditif berbahaya yang justru mengganggu kesehatan janin. Misalnya penyedap MSG, pewarna buatan, pemanis buatan dan sebagainya. Hindari konsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan tersebut, terutama saat Anda hamil.

Selain itu, cemilan yang sehat untuk ibu hamil sebaiknya juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh janin sesuai dengan usia kehamilan. Pada trimester pertama, kedua dan ketiga kebutuhan masing-masing nutrisi berbeda sehingga Anda perlu memperhatikan jenis asupan makanan yang masuk, baik sebagai makanan pokok maupun cemilan.

Baca juga:
10 Bahaya Makan Mie Instan Saat Hamil
Bolehkah Ibu Hamil Makan Jengkol? Ini Penjelasannya

Berikut ini beberapa jenis cemilan yang bisa dikonsumsi ibu hamil sesuai usia kehamilannya:

Cemilan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

Untuk trimester pertama, kandungan gizi yang paling dibutuhkan oleh janin adalah makanan yang mengandung asam folat. Selain itu, biasanya untuk mengurangi rasa mual juga dibutuhkan makanan-makanan yang segar dan tidak menambah rasa kantuk.

Bagi sebagian orang, trimester pertama selain mengalami morning sick, biasanya juga suka tidur. Berikut ini beberapa cemilan yang sehat untuk ibu hamil di trimester pertama:

1. Sop buah

Makanan segar di pagi hari yang sehat dan menghilangkan kantuk adalah buah. Konsumsi aneka buah akan membuat tubuh lebih segar, terutama saat pagi hari. Selain itu juga bisa mengurangi rasa mual dan keinginan untuk muntah. Anda bisa membuatnya sendiri dengan memadukan buah-buah kesukaan.

2. Sop sayur

Sop sayuran yang dianjurkan untuk usia trimester pertama adalah sayuran yang memiliki daun hijau seperti sawi, brokoli dan sebagainya. Sayuran dengan warna hijau mengandung asam folat yang tinggi.

Jika Anda malas makan nasi, maka bisa mengkonsumsi sop sayur dengan campuran berbagai jenis sayur sehat dan membuat tubuh lebih segar.

3. Buah pisang

Buah pisang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain gizinya yang dibutuhkan janin, buah pisang juga bisa membantu pencernaan ibu hamil yang rentan mengalami konstipasi. Jenis pisang yang paling bagus digunakan sebagai cemilan ibu hamil adalah pisang ambon.

4. Buah jeruk

Buah jeruk sangat dibutuhkan ibu hamil di usia kehamilan trimester pertama. Sebab pada usia ini, ibu seringkali mengalami kondisi lemah ketahanan tubuh, seperti misalnya demam, pilek dan sebagainya. Asupan vitamin C dalam buah jeruk dapat membantu daya tahan tubuh seorang ibu hamil sehingga tidak mudah sakit.

5. Biskuit gandum

Jika terpaksa ingin cemilan selain sayur dan buah, Anda bisa mengkonsumsi biskuit gandum yang lebih sehat. Rasa yang gurih dan nikmat terkadang bisa membantu ibu hamil melawan rasa lapar yang sering datang.

6. Keripik kentang

Bila Anda senang makanan cemilan yang gurih, bisa juga memilih keripik kentang, namun pastikan tidak mengandung penyedap MSG. Akan lebih aman jika Anda membuat keripik kentang sendiri di rumah.

Cemilan yang Sehat untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

Pada trimester kedua, gizi yang paling dibutuhkan oleh ibu hamil adalah unsur kalsium. Sebab pada fase ini merupakan tahap pembentukan tulang dan gigi pada janin.

Kebutuhan kalsium pada bayi diambil dari sang ibu. Dan jika kalsium ibu kurang, maka yang sering terjadi biasanya ibu akan mengalami sakit gigi. Berikut ini beberapa jenis cemilan yang cocok dikonsumsi oleh ibu hamil di trimester kedua:

1. Jus Tomat

Jus tomat kaya dengan kalsium yang bisa membantu pembentukan tulang dan gigi pada janin. Jika Anda ingin mengkonsumsi jus, maka yang dianjurkan diantaranya jus tomat. Bahkan ketika Anda mengalami sakit gigi pada saat hamil, cobalah rutin mengkonsumsi jus tomat. Buatlah jus tomat murni yang bisa dicampur dengan madu asli.

2. Ikan

Bila Anda malas makan nasi atau lebih suka mengkonsumsi lauk, maka bisa memakan ikannya saja. Ikan laut kaya akan kalsium yang bisa membantu asupan gizi janin setiap harinya. Termasuk juga kebutuhan kalsium sang ibu yang dibutuhkan dalam jumlah lebih besar.

3. Keripik Apel

Keripik apel juga bisa dijadikan cemilan yang sehat untuk ibu hamil. Keripik ini renyah dan juga bisa digunakan untuk mengganjal rasa lapar. Terasa segar setelah dikunyah seperti Anda mengkonsumsi buah. Perjalanan ibu hamil akan lebih terasa santai dengan menikmati keripik apel.

4. Kacang Mede dan Almond

Dua jenis kacang yang bagus dijadikan cemilan untuk ibu hamil di semua trimester adalah jenis kacang mede dan almond. Kandungan gizi dari dua jenis kacang ini sangat bagus untuk kesehatan janin dan ibu hamil.

Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

Pada usia kehamilan trimester ketiga, Anda harus mengecek kondisi berat badan bayi dan juga tensi darah. Bila berat janin masih di bawah normal atau terbilang kecil, maka Anda bisa mengkonsumsi cemilan dari jenis karbohidrat seperti roti dan sebagainya.

Namun jika berat badan janin sudah cukup besar, cemilan pun harus diatur. Hindari karbohidrat berlebih dan juga rasa manis. Berikut beberapa contoh cemilan yang cocok:

1. Mie Sayur

Bila Anda tak suka nasi, ada pilihan sehat yang bisa Anda pilih yakni mie sayur. Mie sayur terbuat dari campuran sayur yang lebih sehat. Biasanya berwarna-warni sesuai dengan jenis sayurannya. Jika berat badan janin Anda masih di bawah normal, maka bisa memperbanyak konsumsi mie sayur, sebaliknya jika sudah besar, perlu dihindari.

2. Aneka Roti Bakar

Bila ingin mengganti nasi dengan roti bakar sebagai cemilan boleh-boleh saja sebab ibu hamil juga butuh selera yang bervariasi. Namun Anda juga harus mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh untuk mengatur berat badan janin dan ibu yang hamil.

3. Aneka Buah dan Sayur

Disetiap trimester, konsumsi buah dan sayur sangat dianjurkan dalam jumlah banyak. Selain memiliki nutrisi yang baik untuk janin, juga membantu pencernaan ibu hamil agar lebih lancar.

4. Kurma dan Madu

Kurma dan madu juga dianjurkan dikonsumsi di trimester ketiga untuk membantu tenaga ibu pada saat melahirkan. Terutama bagi ibu hamil yang jarang mengkonsumsi karbohidrat sebagai sumber tenaga.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai jenis cemilan sehat ibu hamil jenis apa yang cocok untuk kondisi kehamilan Anda. Terutama jika kondisi janin atau kesehatan Anda sebagai ibu bermasalah. Sekurang-kurangnya, seorang ibu perlu melakukan pemeriksaan kehamilannya satu kali di setiap trimester.

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.