Untuk memperoleh pekerjaan, biasanya seorang pelamar kerja akan melewati beberapa tahap ujian dan juga interview. Namun sebelumnya, biasa diawali dengan mengirim surat lamaran kerja ke perusahaan yang diinginkan.

Setelah beberapa waktu lalu kami memaparkan Tips dan Cara Melamar Pekerjaan Yang Baik dan Benar, sekarang saatnya membahas tentang pertanyaan interview yang diberikan kepada seseorang saat melamar pekerja.

Beberapa Contoh Pertanyaan Tes Wawancara Saat Melamar Pekerjaan Beserta Jawabannya

Interview adalah salah satu tahapan yang bisa menjadi hal paling krusial saat melamar pekerjaan. Karena perusahaan tentunya tidak mau rugi dengan merekut orang yang salah untuk pekerjaan yang mereka tugaskan, dan inilah salah satu alasan HRD suatu perusahaan sangat teliti saat menjalankannya.

Beberapa prosedur akan dilalui oleh para pelamar kerja yang melakukan tes wawancara. Umumnya diawali tes psikologi dan dilanjutkan dengan wawancara.

Tiap perusahaan memang berbeda cara dalam hal penerimaan karyawan baru, namun intinya hampir sama secara tujuan, yaitu mendapatkan pekerja yang sesuai dan berkualitas untuk perusahaan mereka.

Pertanyaan Interview Dari HRD

Saat proses wawancara kerja berjalan, seorang pelamar kerja akan mendapat pertanyaan dari pihak HRD. Dari jawaban tersebut HRD akan menentukan dengan pasti mana karyawan yang mereka anggap tepat untuk bekerja.

Lalu bagaimana dan seperti apakah pertanyaan interview yang sering diajukan oleh pihak HRD kepada pencari kerja atau calon karyawan? berikut hal paling umum ditanyakan oleh HRD ketika Wawancara Kerja.

1. Pertanyaan Tentang Diri Anda Sebagai Pencari Kerja

Pertanyaan yang seringkali dilontarkan adalah jelaskan mengenai diri Anda. Untuk hal ini, sebaiknya Anda berikan penjelasan tentang diri sesingkat mungkin namun tetap rinci dan jangan bertele tele.

Sebutkan saja hal penting yang memang harus diketahui oleh pihak HRD, terutama pengalaman kerja sebelumnya dan pastikan itu menyangkut pekerjaan. Dalam hal ini HRD ingin mengetahui sebagaimana cerdas Anda memberikan jawaban, karena berhubungan dengan cara kerja nantinya.

Apabila mampu menjawab dengan singkat padat dan jelas, tentunya HRD akan memberikan kesan Anda sigap, terampil dan juga pandai memanfaatkan waktu dengan baik.

2. Pertanyaan Tentang Mengapa Anda Tertarik Melamar Kerja

Pada sesi ini HRD sering menanyakan mengapa Anda tertarik melamar kerja dan (jika sudah pernah bekerja) mengapa kita tinggalkan pekerjaan sebelumnya. Tentunya pertanyaan ini cukup membingungkan dan HRD benar-benar ingin melihat sejauh mana kemampuan untuk memberikan jawaban secara lugas dan logis serta tidak memihak.

Sebaiknya apabila ada pertanyaan seperti diatas, maka Anda harus menjawab dengan logika dan juga tidak bersifat subyektif serta jangan sampai jawaban justru memberikan pandangan negatif terhadap perusahaan lama Anda.

Jadi berikanlah alasan seperti untuk mendapatkan nilai atau pengalaman lebih baik. Serta di perusahaan lama Anda merasa potensi masih kurang tergali dan ingin lebih memberdayakan diri untuk mencapai hal yang lebih tinggi.

3. Pertanyaan Kenapa Perusahaan Harus Menerima Anda

Ini merupakan pertanyaan yang cenderung bersifat memancing dan juga psikologis. Apakah Anda tergolong orang yang percaya diri atau setidaknya yakin akan kemampuan diri.

Untuk jawaban pertanyaan itu, sebaiknya jawab dengan nada tegas dan yakin. Yakinkan HRD bahwa Anda memang pantas bekerja, namun jangan terlalu emosional dan terkesan sombong serta terlalu percaya diri.

Ungkapkan saja bahwa Anda memang ahli dalam bidang yang dilamar. Dan pastikan pula perusahaan tak akan rugi jika menerima Anda diperusahaan tersebut. Itulah contoh tiga pertanyaan paling umum diajukan oleh pihak HRD beserta jawabannya.

Akhir kata, kita lanjutkan tentang hal-hal apa saja yang sering ditanyakan dalam wawancara saat melamar kerja pada lain waktu. Demikian Beberapa Contoh Pertanyaan Tes Wawancara Saat Melamar Pekerjaan Beserta Jawabannya, semoga Bermanfaat.

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.