Membuat surat lamaran kerja di era serba digital seperti sekarang memang tak begitu sulit. Berbeda ketika dahulu, dimana kita harus menulis atau membuat surat lamaran kerja dengan alat bantu seadanya.

Menulis serapi mungkin, hingga menghabiskan beberapa lembar kertas hanya demi sekedar membuat surat lamaran kerja yang benar dan bagus. Hal-hal tersebut, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para penulisnya.

Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Nah menariknya, membuat surat lamaran kerja semakin mudah saat ini. Bahkan terhitung sangat cepat. Hal itu tak lain karena banyaknya referensi atau contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar bertebaran di internet.

Anda cukup mengunduh / download surat lamaran kerja secara langsung dari beberapa situs yang menyediakan referensi surat lamaran kerja yang menarik.

Hanya dengan mendownload surat lamaran kerja tersebut, Anda cukup mengubah isi dari contoh surat lamaran kerja yang telah diunduh. lalu sesuaikan dengan lamaran kerja yang akan Anda ajukan.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja yang benar memang terkadang kita butuhkan sebagai pedoman dalam membuat surat lamaran kerja saat akan melamar pekerjaan di perusahaan atau instansi pemerintah. Sebenarnya membuat surat lamaran kerja yang benar dan bagus dapat menjadi salah satu upaya agar lamaran kerja kita menjadi bahan pertimbangan oleh perusahaan tempat kita melamar kerja.

Baca juga:
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Perusahaan di Pertamina

Dengan contoh surat lamaran kerja yang benar, kita akan dapat menghindari pembuatan surat lamaran bertele-tele atau terkesan panjang lebar yang terkadang malah tidak diperhatikan oleh HRD perusahaan tempat kita melamar kerja.

Apabila ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan/instansi baik pemerintah ataupun swasta, maka pengajuan surat lamaran kerja memang merupakan suatu keharusan.

Akan tetapi tidak semua orang bisa membuat surat lamaran kerja yang sederhana atau simple, baik, menarik serta profesional. Untuk itu Anda pastinya butuh referensi berikut sedikit kreatifitas untuk membuatnya.

Berdasarkan pengalaman yang selama ini banyak diketahui secara umum, surat lamaran kerja yang baik dan benar lebih disukai oleh HRD Perusahaan dan lebih berpeluang untuk lolos wawancara ketimbang surat lamaran kerja yang dibuat terlalu bertele tele dan tidak fokus pada tujuan surat lamaran kerja.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa HRD lebih menyukai surat lamaran kerja yang benar, sederhana dan to the point. Dimana isi surat lamaran kerja cuma berisi poin-poin penting dalam melamar kerja.

Bagaimana Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Benar?

Pertanyaan ini seringkali muncul di halaman pencarian google. Artinya banyak orang yang mencari tahu bagaimana sih, cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Sebenarnya cara menulis surat lamaran kerja yang benar dan sederhana tidak begitu sulit. Kita hanya perlu memperhatikan beberapa hal dalam membuat surat lamaran kerja yang benar.

Baca juga:
9 Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Berikut ini adalah hal yang perlu kita perhatikan pada saat membuat surat lamaran agar nantinya dapat menghasilkan surat lamaran pekerjaan yang benar dan profesional:

  • Usahakan dalam membuat surat lamaran, Anda menggunakan kata-kata baku dan mudah dimengerti.
  • Dalam menulis surat lamaran kerja, coba gunakan juga kalimat yang sesederhana mungkin dan menarik.
  • Hindari kalimat terlalu panjang dan bertele-tele saat menulis surat lamaran kerja.
  • Cobalah untuk tidak gunakan kata-kata yang tak perlu dan berulang-ulang.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Sesuai Dengan yang Diinginkan oleh HRD Perusahaan

Bandung, 12 September 2020

Kepada Yth,
Pimpinan PT Jeans Bandung
Di Jl. Damai Blok AY No. 35 Bandung

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Anthony Stark
Tempat/Tanggal Lahir: Banjarmasin/23 Agustus 1989
Pendidikan: D3
Alamat: Jl. Tugu Pahlawan No. 145, RT 005/RW 003 Bojongsoang, Bandung
Telepon : 085867545735

Saya berkeinginan untuk mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk mengisi posisi di bagian IT. Sebagai informasi, saya memiliki pengalaman dalam menangani berbagai permasalahan perihal jaringan komputer, sebagaimana lowongan yang Bapak/Ibu sediakan saat ini.

Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan:
  • Daftar Riwayat Hidup (CV)
  • Fotocopy Ijazah
  • Fotocopy KTP
  • Kartu Keluarga
  • Pas Foto 4×6 (2 lembar)
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Kelengkapan Berkas Pendukung Lainnya
Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat, atas perhatian Bapak/ Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Anthony Stark

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.