Apakah Anda baru lulus sekolah atau perguruan tinggi? Sedang mencoba untuk melamar pekerjaan? Perlu referensi tentang bagaimana cara membuat hingga contoh surat lamaran pekerjaan perusahaan? Nah untuk kebutuhan itu, Anda sudah berada pada halaman yang tepat.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Melalui artikel kali ini, kami akan membahas mengenai contoh surat lamaran pekerjaan terbaru yang bisa Anda gunakan untuk contoh membuat surat lamaran yang nantinya ditujukan ke perusahaan yang ingin dilamar.

Pada dasarnya semua surat lamaran kerja dan contoh surat lamaran kerja ke perusahaan tidaklah jauh berbeda. Kemungkinan perbedaan hanya terletak pada cara penyampaian dan juga detail dari isi surat lamaran kerja yang dilampirkan.

Membuat surat lamaran kerja tidaklah sesulit yang dibayangkan. Cuma butuh sedikit ketelitian dan juga penulisan secara detail mengenai hal-hal yang memang perlu disampaikan pada surat lamaran kerja.

Baca juga:
9 Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Anda sebenarnya bisa Browsing di internet dan mencari banyak contoh surat lamaran kerja di perusahaan-perusahaan besar. Atau cari yang lebih spesifik, seperti contoh surat lamaran kerja di perusahaan seperti Pertamina, Garuda Indonesia ataupun perusahaan internasional lainnya.

Apabila Anda bandingkan contoh-contoh surat lamaran kerja dari perusahaan perusahaan besar tersebut, ada beberapa kesamaan bisa ditemukan, terutama dalam hal penulisan. Memang pada dasarnya kesemua itu sudah pasti mempunyai tujuan yang sama, yakni sebaik mungkin dalam memikat HRD perusahaan, agar mau memanggil Anda untuk wawancara kerja.

Hal Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Baca juga:
5 Tahap Mudah Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Berdasar Pengalaman

Beberapa Hal Penting Dalam Surat Lamaran Kerja

Anda hanya perlu menyampaikan poin-poin utama seperti nama, alamat, pendidikan terakhir, keahlian yang Anda miliki serta informasi mengenai mengapa ingin bergabung di sebuah perusahaan. Keterangan tersebut sudah mewakili isi pokok dari surat lamaran kerja.

Jangan Bertele-tele Dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

Hindari membuat kata-kata yang terlalu berlebihan dan kurang bermanfaat di dalam surat lamaran kerja. Semisal, Anda menjelaskan terlalu rinci tentang pengalaman kerja Anda di perusahaan lain. Hal ini tentunya cukup mengganggu bagi HRD perusahaan. Sebab soal pengalaman, lebih baik Anda ceritakan pada saat wawancara saja.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Perusahaan Pertamina

Untuk melengkapi artikel mengenai contoh surat lamaran pekerjaan ini, berikut kami lampirkan contoh surat lamaran kerja perusahaan yang sudah ternama (baca: Pertamina). Silakan perhatikan dengan seksama, lalu gunakan sebagaimana keperluan Anda.

Kepada Yth,
Pimpinan Pertamina
Di Jl. Ronggo Warsito, Jawa Timur

Hal: Surat Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Pramono Sudhiarto
Jenis kelamin: Laki-laki
Pendidikan terakhir: S1 Pertambangan
Alamat: Jl. Singaparna Blok AG No. 173, RT 004/RW 006 Sadang, Purwakarta

Sehubungan dengan informasi yang saya baca di Jawa Pos terkait dengan dibukanya lowongan pekerjaan di PT Pertamina Cabang Banyuwangi Ketapang, maka dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan surat lamaran kerja guna dapat menempati posisi tersebut.

Bersama dengan surat ini, sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu berikut saya lampirkan beberapa berkas pendukung seperti:
  • Daftar Riwayat Hidup (CV)
  • Fotocopy Ijazah
  • Fotocopy KTP
  • Kartu Keluarga
  • Pas Foto 4×6 (2 lembar)
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Kelengkapan Berkas Pendukung Lainnya
Demikian surat lamaran kerja ini saya buat berdasarkan kondisi yang sebenar-benarnya. Apabila dikemudian hari terdapat perbedaan, maka saya sepenuhnya siap bertanggung jawab. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.

Purwakarta, 09 November 2020

Hormat Saya,

Pramono Sudhiarto

Demikian sedikit informasi yang mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang contoh surat lamaran pekerjaan di Pertamina. Sekali lagi, silakan manfaatkan referensi yang kami lampirkan diatas sesuai keperluan Anda dan pastikan segala atribut yang dibutuhkan untuk melamar kerja telah terpenuhi.

Semoga sukses!

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.