Kategori

Contoh Surat

Kategori

Beberapa Contoh Pertanyaan Tes Wawancara Saat Melamar Pekerjaan Beserta Jawabannya

Agar memperoleh suatu pekerjaan, biasanya seorang pelamar kerja akan melewati beberapa tahap test dan juga interview. Namun sebelumnya, biasanya diawali dengan mengirim surat lamaran kerja ke perusahaan yang diinginkannya. Setelah beberapa waktu lalu kita membahas mengenai Tips dan Cara Melamar Pekerjaan Yang Baik dan Benar, saat ini kita akan membahas tentang pertanyaan interview yang diberikan kepada seseorang saat melamar pekerja.

Interview adalah salah satu tahapan yang bisa jadi menjadi hal yang krusial saat melamar pekerjaan. Karena perusahaan tentunya tidak mau rugi dengan merekut orang yang salah untuk pekerjaan yang mereka tugaskan, dan inilah yang membuat HRD suatu perusahaan sangat teliti saat wawancara pekerjaan.

Beberapa prosedur akan dilalui oleh para pelamar kerja yang melakukan tes wawancara. Biasanya diawali dengan test psikologis dan dilanjutkan dengan tes wawancara. Tiap perusahaan memang berbeda cara untuk tahap tes menerima karyawan baru, namun intinya hampir sama tujuannya, yaitu mendapatkan pekerja yang sesuai dan berkualitas untuk perusahaan mereka.

Pertanyaan Interview Dari HRD

Ketika proses wawancara kerja, seorang pelamar kerja akan mendapat pertanyaan dari pihak HRD. Dari jawaban tersebut HRD dapat menentukan dengan pasti mana karyawan yang mereka anggap tepat untuk bekerja diperusahaan mereka. Lalu bagaimanakah dan seperti apakah pertanyaan interview yang sering diajukan oleh pihak HRD kepada pencari kerja atau calon karyawan?? berikut hal yang sering ditanyakan oleh HRD ketika Wawancara Kerja.

Pertanyaan Tentang Diri Anda Sebagai Pencari Kerja

Dari HRD pertanyaan awal yang seringkali dilontarkan adalah mengenai diri anda, anda diminta menjelaskan diri anda. Nah tips untuk hal ini, sebaiknya anda memberikan penjelasan tentang diri anda secara singkat namun detail dan jangan bertele tele. Sebutkan saja hal yang penting yang memang harus diketahui oleh pihak HRD, terutama pengalaman kerja sebelumnya dan hal yang menyangkut pekerjaan. Dalam hal ini HRD ingin mengetahui sebagaimana cerdas anda memberikan jawaban, karena berhubungan dengan cara kerja anda nantinya. Jika anda menjawab dengan singkat padat dan jelas, tentunya HRD akan memberikan kesan anda sigap, trampil dan juga pandai memanfaatkan waktu dengan baik.

Pertanyaan Tentang Mengapa Anda Tertarik Melamar Kerja

Pada sesi ini HRD sering menanyakan mengapa anda tertarik melamar kerja di tempat itu dan (jika anda sudah pernah bekerja) mengapa anda tinggalkan pekerjaan sebelumnya.

Tentunya pertanyaan ini cukup membingungkan dan benar benar HRD ingin melihat sejauh mana kemampuan anda untuk memberikan jawaban yang lugas dan logis serta tidak memihak.

Sebaiknya apabila ada pertanyaan seperti diatas, maka anda harus menjawab dengan logika dan juga tidak bersifat subyektif serta jaga jagan sampai jawaban anda menjelekkan tempat anda dulu bekerja. Jadi berikan jawaban (bila anda sudah pernah bekerja) ungkapkan alasan anda untuk mendapatkan value nilai yang lebih tinggi serta di perusahaan lama anda merasa mentok dalam berkarier dan ingin lebih memberdayakan diri untuk mencapai hal yang lebih tinggi dan di perusahaan baru ini (yang anda lamar) anda merasa ada jenjang karier yang lebih baik dan kesempatan berkembang lebih pasti.

Pertanyaan Kenapa Perusahaan Harus Menerima Anda

Ini merupakan pertanyaan yang cenderung bersifat memancing dan juga melihat psikologis anda, apakah anda tergolong orang yang percaya diri dan juga yakin akan kemampuan diri.

Untuk jawaban pertanyaan seperti ini, sebaiknya anda menjawab dengan suara yang tegas dan yakin, berikan alasan kuat kenapa anda harus diterima diperusahaan tersebut. Berikan alasan kenapa anda layak menjadi karyawan ditempat tersebut. Yakinkan HRD bahwa anda memang pantas bekerja ditempat tersebut, namun ingat, jangan terlalu emosional dan berkesan sombong serta terlalu percaya diri. Ungkapkan saja bahwa anda layak diposisis yang ditawarkan karena anda memang ahli dalam bidang yang anda lamar. Dan ungkapkan juga perusahaan tidak akan rugi jika menerima anda diperusahaan tersebut.

Nah diatas adalah contoh tiga pertanyaan yang diajukan oleh pihak HRD beserta jawaban yang kami lampirkan sesuai dengan apa yang diungkapkan oleh beberapa HRD perusahaan yang ada di Indonesia.

Pada artikel lain, kita akan sambung hal apa saja yang ditanyakan dalam wawancara saat tes melamar kerja. Demikian Beberapa Contoh Pertanyaan Tes Wawancara Saat Melamar Pekerjaan Beserta Jawabannya, semoga Bermanfaat