Drama Korea Terbaik – Mulai dari Memory, My Dear Friends, sampai serial lawas Jewel In The Palace, drama Korea menjadi salah satu tontonan favorit masyarakat Indonesia.

Tayangan Negeri Ginseng tersebut populer tidak hanya berkat kemampuan akting para aktris dan aktornya, tapi juga jalan cerita menarik untuk diikuti.

Daftar Drama Korea Terbaik

Berikut ini adalah daftar drama Korea dengan alur cerita terbaik yang mengajarkan tentang kehidupan dan sarat makna.

1. Misaeng (2014)

Misaeng – Incomplete Life tersedia di Netflix. Baca juga:
Cara Nonton Netflix Gratis 100% aman dan Legal

Dibintangi oleh anggota kelompok boy band ZE: A, Im Siwan (Jang Geu-Rae), Lee Sung Min (Oh Sang-Sik), dan Kang So Ra (Ahn Young-Yi) sebagai pemeran utama, Misaeng mengangat cerita realita kehidupan.

Jang Geu-Rae adalah seorang pendiam yang hobi bermain baduk. Sayang, ia harus mengubur impian sebagai pemain profesional saat menghadapi kenyataan hidup. Ibu yang sudah tua dan kondisi ekonomi membuat Geu-Rae harus bekerja paruh waktu sebagai supir.

Hanya berbekal ijazah SMA, ia kemudian mendaftar sebagai karyawan kontrak di perusahaan One Internasional. Awalnya, banyak rekan kerja yang mencibir dan membenci karena Gu-Rae adalah lulusan SMA yang tidak bisa berbahasa asing.

Namun, berkat kemampuan berpikir logis dari baduk dan sifat rendah hatinya, Gu-Rae banyak menyumbang ide brilian ke perusahaan dan memenangkan hati atasannya.

Drama ini mengajarkan kepada kita untuk gigih berusaha meski dalam keadaan sulit. Karakter yang diperankan Siwan menunjukkan kesabaran dan mau belajar dalam situasi kerja yang sulit. Berjumlah 20 episode dan durasi 80 menit, Misaeng memperoleh penghargaan Baek Sang TV Award di tahun 2014.

2. Dae Jang Geum (2003-2004)

Dengan jumlah episode sebanyak 72 dan durasi tayang 65 menit, Dae Jang Geum (Jewel in the Palace) adalah drama korea yang ditayangkan tahun 2003. Diperankan oleh Lee Young Ae sebagai Jang Geum, ia menjadi juru masak favorit istana pada masa dinasti Joseon.

Banyak konspirasi istana yang harus dihadapi Jang Geum, sampai-sampai ia difitnah dan diasingkan ke pulau Jeju. Di sana, gadis yatim piatu tersebut belajar pengobatan dari seorang tabib karena rasa ingin tahunya tinggi.

Setelah itu, ia kembali ke istana dan menjadi tabib pribadi sang raja. Sayangnya, Jang Geum gagal menyelamatkan nyawa sang raja saat jatuh sakit karena tidak diizinkan untuk melakukan operasi. Di akhir cerita, Jang Geum bersama suaminya, Jeong-ho (Ji Jin Hee) menolak tinggal di istana dan mengabdikan hidupnya di bidang kesehatan.

Dae Jang Geum mengajarkan pada wanita untuk memiliki impian. Ambisi, rasa ingin tahu, dedikasi, dan cita-cita Jang Geum menjadi contoh bagi wanita untuk tidak pasif dalam kehidupan.

3. Awl (2015)

Diperankan oleh Ji Hyun Woo (Lee Soo In), dan Ahn Nae Sang (Goo Go Shin), Awl diadaptasi dari Webtoon, dengan judul asli Songgot. Serial ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi di Korea Selatan pada tahun 2002.

Menceritakan tentang seorang mantan tentara, Lee Soo In, bekerja sebagai manajer supermarket. Soo In adalah pria dengan temperamen tinggi, dan akan melakukan sesuatu dengan benar tanpa memperdulikan apapun risikonya. Suatu hari, bos supermarket meminta Soo In untuk memecat salah satu pegawai tanpa alasan jelas, namun ia menolak.

Lee Soo In kemudian keluar dari pekerjaannya, dan bergabung dengan sarikat pekerja untuk melawan tindakan pemecatan semena-mena oleh perusahaan.

Dengan jumlah 12 episode dan durasi 65 menit per tayang, Awl ditayangkan di saluran televisi JTBC pada tahun 2015. Serial ini membawa pesan untuk selalu berbuat kebenaran, dan melawan ketidakadilan meski dalam situasi sulit.

4. Thank You (2007)

Di sana, ia bertemu dengan Lee Young Shin (Gong Hyo Jin), seorang single mother yang tinggal bersama sang putri pengidap AIDS, Bom, dan seorang kakek pikun.

Drama dengan durasi 1 jam selama 16 episode ini menceritakan tentang Seo Min Ki (Jang Hyuk), seorang dokter arogan yang berkunjung ke pulau Jeju untuk memenuhi permintaan almarhum kekasihnya.

Young Shin berjuang untuk membesarkan Bom dengan sikap positif. Min Ki sendiri baru mengetahui jika Bom mengidap AIDS akibat kesalahan almarhum kekasihnya, yang memberikan darah dengan virus tersebut kepada Bom saat ia sakit.

Di tengah keterbatasan ekonomi, Young Shin selalu memberikan yang terbaik untuk keluarganya. Masyarakat desa yang kolot pun kerap memandang Young Shin sebelah mata karena menjadi ibu tunggal.

Min Ki kagum dengan perjuangan Young Shin dan sikap positif Bom, kemudian mengubahnya menjadi pribadi hangat dan penuh perhatian.

5. School 2013 (2012-2013)

School 2013 memiliki durasi tayang 65 menit sebanyak 16 episode. Drama korea ini bercerita tantang kumpulan siswa di SMA Seungri yang terkenal dengan reputasi akademis buruk, dan siswa yang suka berkelahi. Para guru harus memutar otak untuk membuat nilai siswa meningkat dalam rangka menghadapi ujian akhir.

Saat itulah, pihak sekolah mendatangkan Kang Se Chan (Choi Daniel), seorang kuru top dari institusi pendidikan terkenal di Gangnam. Bersama Jung In Jae (Jang Na Ra), keduanya berusaha mati-matian untuk memotivasi siswa agar mau belajar dan meningkatkan prestasi.

Mereka tidak hanya membantu siswa meningkatkan prestasi di sekolah, tapi juga memperbaiki hubungan dengan orang-orang di sekitarnya.

6. Special Affairs Team Ten (2011)

Selama 9 episode, Special Affairs Team Ten menceritakan kisah Yoo Ji Hoon (Jo Sang Wook), seorang mantan detektif kini berprofesi sebagai pengajar di akademi polisi. Namun, setelah mendapati istrinya terbunuh, Ji Hoon kembali turun ke lapangan dan menyelesaikan kasus.

Ia menjadi pemimpin unit tim investigasi untuk menangani kasus kejahatan tingkat tinggi dan paling brutal di Korea Selatan. Bersama timnya, Ji Hoon mencoba menangkap pembunuh berantai kelas kakap beridentitas Murderer F.

Special Affairs Team Ten berdurasi 72 menit setiap tayang. Selain Jo Sang Wook, ada juga Jo An, Kim Sang Ho, dan Choi Woo Shik yang tergabung dalam serial ini.

7. Missing Noir M (2015)

Ditayangkan di stasiun televisi OCN dengan durasi 10 episode, Missing Noir M lagi-lagi bercerita soal tim investigasi khusus yang menangani kasus orang hilang.

Gil Soo Hyun (Kim Kang Woo) adalah seorang genius yang sebelumnya bekerja di FIB, sebelum memutuskan untuk kembali ke Korea Selatan. Ia “terpaksa” kembali untuk menyelesaikan kasus pembunuhan oleh psikopat, Lee Jung Soo (Kang Ha Neul).

Setelah itu, di masing-masing episode selama 70 menit, pemirsa akan diajak untuk mengikuti kasus yang terjadi. Anda akan membutuhkan konsentrasi tinggi untuk mengikuti teori-teori yang dibicarakan antartokoh dalam drama.

8. The Queen’s Classroom (2013)

Serial yang diadaptasi dari dorama Jepang dengan judul yang sama ini mengangkat realita kisah anak sekolah dasar. Selama 16 episode dengan durasi tayang 65 menit, drama Korea ini berkisah tentang Ma Hyo Jin (Go Hyun Jung), seorang guru SD yang killer dan dianggap “kejam“ oleh siswanya.

Meski metodenya dianggap keterlaluan, namun Hyo Jin berniat untuk mengajarkan realita kehidupan kepada anak-anak didiknya. Shim Ha Na (Kim Hya Gi), dan Oh Dong Goo (Chun Bo Geun), bersama teman-temannya pun tak jarang memberontak terhadap guru mereka tersebut.

Namun, ternyata gemblengan Hyo Jin kepda siswanya bisa membentuk pandangan mereka sendiri terhadap kehidupan.

9. Voice (2017)

Lagi-lagi, pemirsa diajak untuk menyaksikan ketegangan seorang detektif yang berupaya untuk menangkap seorang psikopat. Moo Jin Hyuk (Jang Hyuk) yang merasa gagal melindungi istrinya saat dibunuh oleh seorang psikopat berusaha menyelesaikan kasus tersebut secara mati-matian.

Di sisi lain, Kang Kwon Joo (Lee Han Na), bekerja sebagai operator di saluran telepon darurat dan mendengar ayahnya dibunuh oleh pembunuh yang sama melalui telepon. Kwon Jo kemudian bertolak ke Amerika untuk mempelajari voice profiling secara profesional dengan tekad untuk menangkap pembunuh ayahnya.

Selama 16 episode, pemirsa diajak untuk mengikuti aksi Jin Hyuk dan Kwon Joo dalam mencari petunjuk tentang pembunuh berantai tersebut. Stasiun televisi OCN menayangkan drama ini dengan durasi 1 jam.

10. Dong Yi (2010)

Dikisahkan, Dong Yi (Han Hyo Joo), adalah seorang wanita dengan kemampuan analisis yang baik dan rasa ingin tahu yang tinggi. Ia bertekad untuk bisa memasuki istana kerajaan untuk mencari seseorang yang diduga ada sangkut pautnya dengan kematian sang ayah karena difitnah.

Singkat cerita, Dong Yi tidak hanya berhasil masuk sebagai dayang istana, tapi juga mencuri hati sang raja dan menjadi selir. 60 episode bukanlah jumlah yang sedikit, namun alur dan cerita yang menarik tidak akan membuat Anda bosan. Ditayangkan dengan durasi 63 menit oleh stasiun televisi MBC, serial Dong Yi dipenuhi intrik politik kerajaan dan kelihaian tokoh utama dalam mengatasinya

11. Kill Me, Heal Me (2015)

Kill Me, Heal Me berpusat pada kisah sang tokoh utama, Cha Do Hyung (Park Ji Sung), seorang pewaris sebuah perusahaan besar di Korea Selatan. Selain tampan dan kaya, Do Hyung juga cerdas dan berperilaku santun. Sayangnya, tak banyak yang tahu jika ia memiliki DID (dissociative identity disorder) alias kepribadian ganda. Tak hanya dua, ada enam kepribadian berbeda yang hidup di dalam diri Do Hyung.

Suatu hari, akibat ulah salah satu kepribadiannya, Do Hyung kembali ke Korea Selatan setelah bersembunyi di Amerika Serikat. Ia kemudian bertemu dengan Oh Ri Jin (Hwang Jung Eum), seorang psikiater muda yang kemudian diminta Do Hyung untuk membantu masalahnya.

Serial ini ditayangkan selama 20 episode dengan durasi 60 menit. Tak jarang, kepribadian Do Hyung yang berubah-ubah membuat penonton ikut tertawa, merasa tegang, dan sedih.

12. Remember: War of The Son (2016)

Serial Remember: War of The Son, menceritakan tentang perjuangan seorang anak dalam membela ayahnya di mata hukum. Adalah Seo Jin Woo (Yoo Seung Ho), seorang pelajar SMA yang memiliki kemampuan untuk mengingat secara detail segala hal yang terjadi dalam kehidupannya (hyperthymesia). Suatu hari, sang ayah, Seo Jae Hyuk (Jeon Kwang Leol) ditangkap polisi dengan tuduhan pembunuhan dan pelecehan seksual.

Jin Woo hanya tinggal berdua dengan sang ayah pun meminta bantuan Lee In Ah (Park Min Young), seorang pencagara, untuk membela ayahnya. Drama ini mayoritas berlatar seputar persidangan yang harus dijalani oleh Jae Hyuk.

Namun, usaha untuk membebaskan sang ayah tidak berjalan mulus karena Jae Hyuk menderita Alzheimer. Penyakit tersebut membuatnya tidak bisa mengingat suatu kejadian dan memberatkan Jae Hyuk saat persidangan.

Drama sepanjang 20 episode dengan durasi 60 menit ini membawa perjalanan Jin Woo yang tak kenal lelah dalam membela ayahnya. Meski dalam keadaan terbatas, ia percaya sang ayah tidak bersalah.

13. Queen Seon Duk (2009)

Berlatar belakang sejarah, serial Queen Seon Duk menceritakan kisah seorang ratu yang hidup pada zaman dinasti Shilla, sebuah dinasti terbesar di Korea Selatan. Drama ini menunjukkan besarnya peranan wanita di dalam kerajaan, baik dari segi politik, maupun sosial.

Cerita berawal dari seorang raja yang melahirkan puteri kembar bernama Deokman (Lee Yo Won) dan Cheon Myeong (Park Ye Jin), namun ia harus membuang Deokman ke luar istana karena sebuah ramalan buruk.

Beberapa tahun kemudian, Deokman kembali ke kerajaan dan berhadapan dengan Mi Shil, seorang wanita yang berambisi menguasai dinasti Shilla.

Perjuangannya mengalami perlawanan sengit karena Mi Shil kemudian membunuh Cheon Myeong. Dengan kemampuannya sebagai ahli strategi perang dan kedekatan dengan kaum bangsawan, Mi Shil menjadi perempuan yang sangat berkuasa saat itu. Namun, Deokman didukung oleh Jenderal Kim Yu Shin (Uhm Tae Wong) dan Bi Dam (Kim Nam Gil), Deokman akhirnya mampu merebut kekuasaan dari tangan Mi Shil.

Queen Seondok ditayangkan selama 62 episode selama 65 menit per tayang, dan berhasil memperoleh rating tinggi di Korea Selatan.

14. Comrades (2010)

Bisa dibilang Comrades adalah Band of Brothers-nya Korea Selatan. Berlatar belakang perang Korea pada tahun 1950-1953, Comrades atau juga dikenal dengan Legend of The Patriots memiliki judul asli Jeonwoo.

Serial ini berpusat pada perjuangan tentara Korea Selatan dalam memukul mundur pasukan Korea Utara. Lee Hyun Joong (Choi Soo Joong), adalah pemimpin pasukan, yang harus bertahan hidup saat mereka terjebak di wilayah musuh tanpa adanya bantuan.

Comrades menunjukkan suasana perang yang tampak realistis, perjuangan para tentara yang harus bertahan hidup di tengah kepungan musuh. Serial ini memiliki total 20 episode dengan surasi tayang masing-masing 65 menit.

15. Dear My Friends (2016)

Tak seperti drama Korea kebanyakan, Dear My Friends tidak memiliki pemeran super tampan dan cantik, melainkan artis dan aktor senior yang sudah berumur.

Serial ini berpusat pada Park Wan (Go Hyun Jung) dengan berprofesi sebagai penulis. Dari kecil, ia merasa begitu dikontrol oleh sang ibu, bahkan pernah diminta minum racun oleh ibunya sendiri.

Park Wan kemudian diminta oleh sang ibu, Jang Nan Hee (Go Su Shim), untuk menulis novel tentang dirinya dan sahabat-sahabatnya yang telah tua. Berawal dari itu, Park Wan kemudian mulai dekat dengan teman-teman sang ibu, mengikuti kisah hidup mereka, dan tahu pemikiran orang-orang tua terhadap anaknya.

Dear My Friends membawa pesan dalam bagi penonton. Percakapan masing-masing tokoh selalu meninggalkan kesan, karena pengalaman mereka sebagai orang tua yang telah berumur. Pilihan-pilihan hidup anak terkadang muncul tanpa dipikirkan terlebih dahulu, namun orang tua selalu mengerti hal terbaik bagi sang anak.

Dalam 13 episode dan durasi 70 menit per tayang, pemirsa akan mengikuti seluk beluk kehidupan, dilihat dari kaca mata orang tua yang telah mengenyam asam garam.

Adegannya mencitrakan suasana realistis, menyentuh hati, dan ada beberapa pula yang menyedihkan.

16. Empire of Gold (2013)

Mengambil latar di tahun 1990, Empire of Gold berkisah tentang perjalanan dua keluarga yang berambisi untuk memperoleh kekayaan dan kekuasaan tertinggi dalam bisnis di Korea Selatan. Cerita berawal dari Jung Tae Joo (Go Soo), seorang mahasiswa pintar namun berasal dari keluarga miskin, ingin mencari uang untuk biaya kuliah adik perempuannya.

Sebelumnya, ayah Tae Joo telah meniggal dunia sebagai korban penggusuran. Setelah itu, ia bertemu dengan Yoon Seol Hee (Jang Shin young), dan memutuskan untuk membuka bisnis bersama.

Di sisi lain, Choi Min Jae (Son Hyun Joo) dan Choi Seo Yoon (Lee Yoo Won) adalah sepupu yang juga saling berebut kekuasaan dalam perusahaan besar lain. Tae Joo menikah dengan Seo Yoon dengan motif bisnis tanpa cinta.

Karena kalah dalam persaingan dengan Seo Yoon, Min Jae akhirnya meminta bantuan Tae Joo yang kala itu tengah Berjaya. Konflik cerita kemudian berfokus pada perseteruan Tae Joo, Seo Yoon, dan Min Jae untuk memegang jabatan tertinggi perusahaan.

Empire of Gold memiliki total 24 episode dengan durasi 60 menit setiap tayang. Di awal, Seo Yoon digambarkan sebagai tokoh yang berusaha keras mempertahankan perusahaan keluarganya.

17. Defendant (2017)

Serial Defendant mengangkat cerita Park Jung Woo (Ji Sung), seorang jaksa dengan integritas tinggi yang sedang menyelidiki kasus pembunuhan wakil presiden Chamyung Grup, Cha Minho (Uhm Ki Joon). Sebagai orang kaya, Minho menghalalkan segala cara untuk bebas dari tuduhan tersebut. Ia kemudian membunuh saudara kembarnya, Cha Seonho, dan berpura-pura menjadi Seonho.

Sayangnya, Jung Woo mengetahui hal tersebut. Suatu hari, ia tiba-tiba terbangun di dalam sel penjara karena dituduh telah membunuh anak dan istrinya. Malang, Jung Woo sama sekali tidak mengingat kejadian tersebut, dan telah mendekam di penjara selama 4 bulan.

Selama 18 episode dan durasi 70 menit, Defendant menunjukkan misteri menghilangnya ingatan Jung Woo, melalui perjuangannya untuk membuktikan bahwa ia tidak bersalah.

Selain itu, penonton juga diajak untuk melihat kelicikan yang terjadi di dalam penjara seperti praktik suap dan money politic.

18. Age of Youth (2016)

Realita kehidupan anak kos bisa dilihat pada drama korea yang satu ini. Age of Youth bercerita tentang 5 orang mahasiswa yang tinggal bersama dengan latar belakang berbeda. Serial ini menguak kehidupan kelima tokoh tersebut, lengkap dengan permasalahan masing-masing.

Yoon Jin Myung (Han Ye Ri), adalah yang tertua dengan kondisi keuangan terbatas. Ia harus bekerja serabutan demi membiayai diri sendiri semenjang sang ibu sibuk mengurus adiknya yang koma di rumah sakit.

Ada juga Kang Yi Na (Ryu Hwa Young) yang memiliki gaya hidup glamor nan mewah. Namun siapa sangka, ia memiliki masa lalu kelam, dan membuatnya berperilaku demikian.

Sementara itu, Jung Ye Eun (Han Seung Yeon), adalah gadis feminin yang memiliki masalah dengan kekasihnya. Meski ia tahu bahwa sang pacar tak lagi mencintainya, Ye Eun belum juga bisa melepaskan lelaki tersebut.

Tokoh selanjutnya adalah Yoo Eun Jae (Park Hye Seo), gadis pendiam yang sulit beradaptasi dengan lingkungannya. Terakhir, ada Song Ji Won (Park Eun Bin), pribadi ekstrovert dengan sifat uniknya.

Drama ini hanya memiliki 12 episode dan berdurasi 60 menit setiap tayang. Masing-masing episode akan membawa pemirsa mendalami karakter tokoh masing-masing dan konflik yang terjadi di antara mereka.

19. Two Weeks (2013)

Serial drama Two Weeks menceritakan tentang seorang anggota geng yang bernama Jang Tae San (Lee Jun Ki) yang dipaksa oleh Moon Il Seok (Jo Min Ki) untuk mengakui tindak kriminalnya, kemudian masuk penjara.

8 tahun kemudian, setelah terbebas, Tae San masih berada di bawah kendali Il Seok. Suatu hari, ia terbangun di samping mayat seorang gadis berlumuran darah, dan ditangkap oleh polisi. Sebelumnya, Tae San mengetahui bahwa ia memiliki seorang putri yang mengidap kanker darah dari kekasihnya di masa lalu.

Dalam perjalanan menuju penjara, mobil yan mengangkut Tae San mengalami kecelakaan, dan ia melihat peluang tersebut untuk melarikan diri. Dengan harapan menyelamatkan putrinya dalam waktu 2 minggu, Tae San dibantu Park Jae Kyung (Kim Seo Yeon) berupaya membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah.

Selama 16 episode dengan durasi 65 menit, Two Weeks memiliki alur cerita cepat dan tidak membosankan.

20. Memory (2016)

Memory mengangkat cerita keluarga yang realistis dan bisa terjadi pada siapa pun. Serial ini berawal dari kisah Park Tae Suk (Lee Sung Min), seorang pengacara kondang, gila kerja, namun mendadak harus menghadapi kenyataan pahit saat ia divonis menderita Alzheimer.

Sejak saat itu, konflik mulai terjadi. Tae Suk tidak bisa membedakan masa lalu dan masa sekarang. Ia lupa bahwa sang istri telah meninggalkannya, pun tidak bisa mengingat bahwa putranya telah meninggal dalam kecelakaan beberapa tahun silam. Meski berdalih kelelahan, banyak orang mulai mencurigai keanehan Tae Suk.

Namun, drama sepanjang 16 episode dan berdurasi 65 menit ini memberi pelajaran penting. Melalui penyakitnya, Tae Suk berubah dari pengacara berdarah dingin yang menghalalkan segala cara untuk memenangkan kasus, menjadi pribadi lain dan mempertimbangkan moral.

Di tengah keterbatasan, Tae Suk memperbaiki kesalahan-kesalahannya di masa lalu.

Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa Lainnya / Notable Mentions

Dibawah ini adalah daftar lanjutan untuk Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa versi kami, yang mungkin bisa menjadi referensi Anda untuk mengisi waktu luang dengan menonton Drama Korea:

NoJudulTahun RilisJumlah EpisodeDurasi
1Blue Tower Zero20132560 menit
2Muhan Company2016260 menit
3Angry Mom20151670 menit
4Special Affairs Team Ten Season 220131374 menit
5Tomorrow Love199210360 menit
6Chief Kim20172060 menit
7Three Days20161660 menit
8The Village: Achiara’s Secret20151665 menit
9Solomon’s Perjury20161260 menit
10Tree with Deep Roots20112469 menit
11God Gift’s – 14 days20141465 menit
12Circle20171260 menit
13Tunnel20171660 menit
14Punch20151962 menit
15The Chaser20121665 menit
16Punch20031665 menit
17Kimchi Cheese Smile200712130 menit
18Bridal Mask20122865 menit
19Vampire Prosecutor20111258 menit
20Vampire Prosecutor 220121165 menit
21Ghost-Seeing Detective Cheo-Yong20141075 menit
22Gap Dong20142060 menit
23Signal20161675 menit
24Bad Guy20141165 menit
25White Christmas1997860 menit
26The Lucifer20072065 menit
27Liar Game20141263 menit
28Ghost20122065 menit
29Sirius2013468 menit
30Hidden Identity20151660 menit
Penulis

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.