Setelah membuat surat lamaran kerja yang baik dan mendapat panggilan wawancara, maka itu adalah tahap awal yang baik bagi Anda. Interview atau wawancara kerja merupakan proses yang selalu ada dalam setiap perekrutan pegawai atau karyawan baru.

Wawancara merupakan tahapan paling membuat calon pekerja khawatir dan cemas. Dari kecemasan inilah yang menjadi sumber masalah, dimana timbulnya kesalahan-kesalahan yang berimbas pada berhasil atau tidaknya wawancara itu sendiri.

5 Kesalahan Fatal Saat interview Kerja dan Cara Menghindarinya

Lalu bagaimana sih, cara untuk mengatasinya? Pada kesempatan kali ini, kami akan bahas beberapa kesalahan saat wawancara atau interview kerja, lalu bagaimana cara mengatasinya. Untuk lebih jelasnya, simak dibawah ini:

Baca juga:
Selain Surat Lamaran Kerja, Berikut Hal Penting Saat Wawancara
Contoh Pertanyaan Tes Wawancara Saat Melamar Pekerjaan Beserta Jawaban

1. Terlihat Kurang Tertarik dengan Posisi yang Dilamar

Setiap perusahaan tentu akan lebih memprioritaskan para calon karyawan yang memiliki ketertarikan dan antusiasme lebih, baik itu terhadap lowongan kerja yang ditawarkan maupun perusahaan itu sendiri.

Agar rasa ketertarikan Anda dapat terpancar dengan baik, penuhilah beberapa poin berikut:

  • Datang tepat waktu
  • Berpakaian yang sesuai
  • Matikan atau non-aktifkan nada dering ponsel selama wawancara berlangsung
  • Mengajukan beberapa pertanyaan terkait perusahaan yang belum dijelaskan kepada Anda

2. Kurang Persiapan

Kurang persiapan saat wawancara merupakan kesalahan paling sering dilakukan oleh calon karyawan. Sekalipun Anda adalah seorang profesional atau telah memiliki pengalaman yang cukup. Persiapan tetaplah harus dilakukan.

Agar kita benar–benar siap saat menghadapi berbagai macam pertanyaan yang diajukan saat proses wawancara berlangsung. Persiapan yang perlu dilakukan adalah sbb:

  • Ketahui profil dan latar belakang perusahaan
  • Cari informasi secara rinci mengenai posisi yang Anda lamar dalam perusahaan tersebut
  • Silahkan kuasai beberapa pertanyaan umum yang sering keluar saat wawancara atau interview kerja
  • Buatlah daftar pertanyaan yang mungkin ditanyakan dan buatlah jawaban sesuai dengan diri Anda

3. Terlalu Banyak Bicara

Kebanyakan orang senang menjabarkan beberapa hal detail mengenai dirinya sendiri. Namun Anda harus bisa menahannya dan menjawab pertanyaan dengan jawaban secukupnya.

Saat menjawab pertanyaan dari HRD, berilah penjelasan sesederhana mungkin dan hindari berbohong. Tak perlu berpanjang lebar. Nantinya jika pewawancara membutuhkan jawaban lebih rinci, mereka tentu akan bertanya lebih jauh.

Kendalikanlah diri Anda selama sesi wawancara berlangsung. Walau terlihat sepele, terlalu banyak bicara akan berdampak pada penjelasan yang topiknya melebar kemana-mana.

4. Postur dan Bahasa Tubuh Terkesan Negatif

Bahasa tubuh merupakan aspek penting lainnya yang dinilai oleh pewawancara saat sesi wawancara. Jika Anda masuk ke ruangan dengan wajah yang nampak tak berminat, berikut dengan gestur terkesan negatif. Boleh dibilang, Anda sudah gagal bahkan sebelum si pewawancara mengutarakan pertanyaannya.

Anda tak perlu menjadi seseorang yang lain untuk menarik perhatian dari pewawancara. Cukuplah bersikap sopan dan berikan gestur sewajarnya. Atur intonasi bicara dan pastikan posisi duduk yang baik.

5. Tidak Bertanya Saat Diberikan Kesempatan

Dalam setiap sesi interview, pewawancara hampir pasti memberikan kesempatan kepada Anda untuk bertanya balik. Namun kebanyakan orang yang tak paham justru akan menyepelekan hal tersebut dan malah memilih untuk tidak menanyakan apapun.

Nah, jika Anda diberikan kesempatan bertanya. Silahkan tanyakan beberapa hal seperti dibawah ini:

  • Tanyakan apapun tentang perusahaan yang dirasa kurang jelas
  • Tanyakan tentang proses atau tahapan selanjutnya

Demikian tips dari kami. Semoga membantu.

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.