Konsep dasar SEO – Bagi yang belum mengetahui mungkin akan beranggapan bila mempelajari SEO itu hampir mirip dengan belajar matematika di sekolah, rumit dan sulit dimengerti. Padahal sebenarnya SEO terbilang cukup mudah dipahami.

Tapi memang harus disadari, butuh kesabaran dan ketelatenan untuk mendalaminya. Semuanya harus dilakukan dan dipraktekan selangkah demi selangkah, tidak boleh secara langsung.

1. Pengertian SEO

SEO adalah sebuah singkatan dari Search Engine Optimization. Jika dialihkan ke bahasa Indonesia artinya adalah Optimasi Mesin Pencari.

SEO adalah suatu proses yang tujuannya memberi pengaruh kepada visibilitas atau tingkat keterlibatan situs atau website terhadap hasil pencarian secara alami di mesin pencari.

Apabila diterjemahkan secara lebih lengkap, SEO adalah menjalankan sebuah kegiatan khusus atas suatu website dengan tujuan memudahkan pemakai internet menemukan data yang ingin dicari. Ketika mencari data melalui mesin pencari, website tersebut dapat muncul di halaman paling depan sehingga bisa langsung terlihat oleh pencari data.

Agar lebih mudah belajar SEO sesuai dengan pengertian diatas, berikut simak contohnya. Ada website tentang kegiatan wisata yang beralamat www.xxwisatamurah.com. Di dalam website itu terdapat paket-paket wisata yang ditawarkan kepada konsumen.

Melalui SEO, calon konsumen yang sedang mencari info paket wisata pada mesin pencari bisa menemukan situs www.xxwisatamurah.com di halaman nomor 1.

Selain penjabaran di atas, SEO juga sering diartikan sebagai orang yang mengoptimasi search engine atau mesin pencari. Jadi dalam hal ini SEO dipandang sebagai suatu pekerjaan atau profesi. Lebih daripada itu, SEO bisa dipakai untuk memberi penjelasan tentang suatu jabatan. Misalnya manajer SEO, konsultan SEO dan sebagainya.

2. Tujuan SEO

SEO memiliki hubungan yang sangat erat dengan rangking atau posisi pada mesin pencarian data atau search engine.

Melalui SEO rangking suatu website atau situs bisa dinaikan menuju peringkat yang lebih atas. Pencapaian tersebut dapat dijalankan dengan cara membuat konten website unik, punya kualitas bagus dan relevan.

Selain itu masih ada beberapa hal teknis lainnya yang juga harus selalu dilakukan misalnya membuat promosi, membuat backlink berkualitas dan sebagainya. Setelah semua dikerjakan secara sempurna dan konsisten, jumlah pengunjung website dapat mengalami peningkatan.

Tapi selain jumlahnya meningkat, pengunjung yang mendatangi atau membuka situs tersebut harus benar-benar orang yang sedang mencari informasi sesuai dengan konten yang ditayangkan. Misalnya apabila kontennya tentang paket wisata, maka pengunjung yang membuka website merupakan orang-orang yang memang butuh info paket wisata, bukan lainnya.

3. Manfaat SEO

Tahapan berikutnya ketika belajar SEO adalah berkaitan dengan manfaatnya. Secara umum manfaat dari SEO itu ada 2 macam yaitu Konversi Umum dan Utama.

Bagi yang belum paham artinya, konversi merupakan persetujuan, penerimaan, dukungan dan segala sesuatu yang bisa memberi perubahan positif pada pengguna internet terhadap semua unsur di sebuah website.

Setelah ada perubahan positif, pengunjung website dapat menjadi konsumen atau pengunjung tetap. Berikut ini penjelasannya:

3.1 Konversi Umum

Setelah website mengalami tingkat kepopuleran yang tinggi, pengguna internet akan menjadi lebih mudah menemukan website tersebut di mesin pencari. Dari sini, pembuat website atau perusahaan yang mengelolanya makin dipercaya. Mereka dianggap lebih profesional bahkan bisa dijadikan rekomendasi atas informasi yang dicari oleh pengguna internet.

3.2 Konversi Utama

Ketika konversi umum berhasil diraih, terjadi konversi utama atau mikro. Pengguna internet akan mengunjungi website itu kembali secara berulang. Artinya, pengguna tersebut memberi penilaian yang sangat positif terhadap website.

Dari konversi mikro, akan muncul beberapa dampak yang lain. Misalnya nilai transaksi jual beli yang terus meningkat jika webiste-nya berupa toko online. Jika berupa portal berita maka jumlah kunjungan hariannya makin bertambah besar.

Sedangkan untuk situs yang sifatnya tidak komersil seperti organisasi sosial, keuntungannya berupa keuntungan moril. Contohnya situs organisasi sosial yang aktif di bidang pendidikan gratis bagi anak tidak mampu secara online, wilayah jangkauannya makin luas hingga masuk ke daerah-daerah pelosok.

Konversi umum dan utama di atas dapat diusahakan dengan conversion formula atau formula konversi. Misalnya menyediakan fasilitas khusus dalam website seperti formulir pendaftaran dan kalimat-kalimat yang mengandung ajakan untuk menjalankan aksi.

Selain itu juga harus dilengkapi dengan tombol Daftar Sekarang atau Beli Sekarang dan sebagainya.

4. Target SEO

Sebagai mesin pencari terbesar di dunia saat ini Google mempunyai beberapa macam layanan pencarian data. Sampai artikel ini ditulis, layanan Google terdiri dari pencarian berita atau news search, pencarian lokal atau local search, pencarian gambar atau image search, pencarian video atau video search dan pencarian akademik atau academic search.

Dibanding sistem lainnya, pencarian lokal memiliki peranan paling penting dan paling mudah dipahami. Hal ini dikarenakan Google memberikan nilai lebih tinggi terhadap hasil pencarian menurut lokasi geografis pemakai internet saat mencari data.

Olah karena itu hasil pencarian bisa berubah dan berbeda antara pengguna internet di suatu wilayah dengan pemakai internet di daerah lain.

5. Kata Kunci dan Riset

Kata kunci atau keyword merupakan unsur paling penting di dunia SEO. Ketika mencari info atau data, pengguna internet selalu menggunakan kata atau kalimat yang ditulis dalam mesin pencari.

Sehingga dapat disimpulkan, kata dan kalimat ini merupakan representasi atas gagasan, pertanyaan serta keingintahuan pengguna internet ketika memakai mesin pencari. Representasi inilah yang dinamakan sebagai keyword atau kata kunci.

Berdasarkan alasan ini, pengelola website harus bisa mengetahui kata dan kalimat yang paling sering dipakai dalam mesin pencari. Terutama yang berkaitan dengan info yang dalam situs yang dikelola dan ditawarkan pada pengunjung.

Misalnya website yang berisi tawaran paket wisata, jenis kata kunci yang paling sering ditulis oleh pengguna internet di mesin pencari antara lain wisata murah, paket wisata murah, wisata Bali, wisata Lombok dan seterusnya.

Berdasarkan beberapa kata kunci yang telah ditetapkan, maka konten sebuah situs yang dibuat harus memiliki unsur yang mengandung kata-kata kunci dan kalimat tersebut. Kata kunci ada 2 jenis yaitu Kata Kunci Utama dan Tambahan / Turunan. Di setiap halaman website, jumlah kata kunci yang digunakan ada 3.

Kunci utama terdiri dari 1 kata, lalu 2 kata lainnya dipakai sebagai kata kunci tambahan dan turunan. Contohnya tempat wisata dijadikan kata kunci utama, kemudian tempat wisata murah, objek wisata murah dan lainnya jadi kata kunci turunan.

Penentuan kata kunci dilakukan melalui riset. Tujuannya agar lebih mudah menemukan jenis kata-kata yang mampu menggambarkan konten dalam situs dan sering dipakai pengunjung internet. Kata atau kalimat yang didapat dari riset ini kemudian diletakkan dalam konten.

6. Teknis Optimasi

6.1 Optimasi SEO On-Page

Dari kata kunci, proses belajar SEO berlanjut pada optimasi yang terdiri dari 2 macam bentuk dan yang pertama dinamakan optimasi SEO On-Page. SEO On-Page merupakan sebuah proses perubahan halaman website agar bisa sesuai dengan keyword yang sering digunakan pemakai internet.

Caranya, kata kunci yang telah didapat dari riset dimasukan ke dalam bagian-bagian halaman website. Bagian halaman tersebut pada umumnya terdiri dari nama domain, judul tag, meta description, kategori, URL, breadcrumbs, heading, nama file, isi halaman dan tautan eksternal.

Selain itu ketika menjalankan optimasi SEO On-Page ada beberapa kegiatan yang tidak boleh dilakukan atau sebaiknya dihindari. Beberapa diantaranya:

  • Memakai kata kunci yang terlalu berlebihan dalam halaman website atau keyword stuffing.
  • Memakai huruf yang warnanya sama dengan warna latar belakang (background) di halaman atau hidden texts.
  • Menggunakan alat bantu otomatis atau auto generated content pada isi halaman. Contohnya melakukan duplikasi suatu artikel melalui perangkat lunak tanpa melakukan pengecekan pada artikel tersebut. Kegiatan ini dinamakan content spinning.
  • Membuat isi halaman berupa potongan gambar atau artikel dari website lain, lalu digabung jadi satu dan dimasukan ke dalam halaman website miliknya. Kedua aktivitas ini disebut content stealing dan content scrapping.
  • Mencopy paste isi halaman yang bukan milik sendiri atau plagiarism.
  • Membuat konten yang tidak sama untuk pengunjung dan mesin pencari atau cloaking.
  • Membuat halaman khusus agar diperhatikan mesin pencari namun diarahkan pada halaman lain atau doorway pages.
  • Melakukan pergantian secara menyeluruh pada konten halaman ketika sudah mendapatkan rangking dalam SERP atau swapping.

Aktivitas-aktivitas di atas, oleh mesin pencari dianggap sebagai pelanggaran atau Black Hat SEO. Jika terlalu sering dilakukan, rangking website akan menurun dan memperoleh penalty. Artinya, situs tidak akan ditampilkan lagi pada search engine.

Selain itu ada yang lebih tragis lagi, website kena banned dan dikeluarkan dari indeks mesin pencari.

6.2 Optimasi SEO Off-Page

Optimasi SEO kedua disebut optimasi SEO Off-Page. Bentuknya berupa aktifitas atau kegiatan yang bertujuan meningkatkan jumlah kunjungan dan popularitas website melalui unsur-unsur yang asalnya dari luar. Jadi tidak berasal dari website itu sendiri.

Metode ini dilakukan dengan cara membangun backlink melalui website lain, lalu ditautkan ke website milik sendiri. Bagi yang sedang belajar SEO tapi belum paham arti dari backlink, berikut ini penjelasannya:

Backlink merupakan hasil penggabungan 2 kata, back dan link. Back memiliki arti kembali, sedangkan link adalah alamat suatu situs atau website. Setelah digabung jadi satu, backlink bermakna suatu jalinan atau hubungan antara satu website dengan website yang lain.

Sebagai contohnya, alamat link website milik A tertulis di website milik B dan sebaliknya. Backlink bisa diperoleh melalui beberapa macam cara:

  • Menggunakan website sosial bookmarking seperti Digg, Google bookmark, Lintas.me dan sebagainya.
  • Menggunakan media sosial misalnya Facebook, Youtube, Google+, Twitter dan lainnya.
  • Mengisi kolom komentar website yang terkenal dengan sebutan blog commenting atau blog walking.
  • Melalui directory web
  • Melalui artikel atau konten yang dipublish di website lain
  • Melalui atribut profil dalam situs web seperti Weebly, blog detik, wordpress, blogspot dan sebagainya.

Selain itu masih banyak cara lain yang bisa diterapkan. Agar hasilnya makin optimal, konten yang dimasukan dalam halaman situs harus bisa memenuhi beberapa syarat. Diantaranya valuable atau mempunyai kualitas tinggi, unik dan layak dibagi atau shareable. Intinya konten harus bisa dijadikan acuan dan rekomendasi website lain saat mengulas suatu topik tertentu.

6.2.1 Hal terpenting dalam SEO Off-Page

Saat belajar SEO Off-Page dan mempraktekannya, terdapat beberapa hal yang sangat penting dan harus dijalankan dengan baik. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk mendapatkan jenis tautan dengan efek yang lebih optimal.

6.2.1.1 Variasi Sumber Backlink atau Link Diversity

Yang dimaksud variasi sumber backlink atau link diversity antara lain:

  • Domainnya harus berbeda. Maksudnya ketika membangun backlink harus memakai website yang selalu berbeda-beda. Jadi jangan hanya menggunakan 1 alamat website saja.
  • Hirarki luar situs yang tidak sama. Tautan backlink eksternal tidak hanya didapat dari halaman depan saja, tapi juga dari konten dengan perbandingan 40 : 60.
  • Hirarki dalam situs yang tidak sama. Tautan internal di website sendiri juga tidak boleh berasal dari halaman depan, namun divariasi dengan konten dalam atau inner pages.
  • Page Authority dan Domain Authority yang tidak sama. Jangan mencari backlink yang Page Authority dan Domain Authority saja, tapi harus dikombinasi dengan website yang Page Authority dan Domain Authority-nya rendah.
  • Follow dan Nofollow. Jangan menggunakan backlink follow saja tetapi dicampur dengan backlink no follow.
  • Variasi IP Address dan IP Server yang berbeda. Backlink yang baik adalah backlink yang berasal dari IP Address dan IP Server yang selalu berbeda-beda.
6.2.1.2 Variasi dan Keragaman Teks Jangkar atau Anchor Text

Variasi dan keragaman teks jangkar bisa dilakukan melalui beberapa hal, misalnya:

  • Pemilihan kata kunci yang tepat atau exact match 18%
  • Pemilihan kata kunci yang tidak tepat atau phrased match 16%
  • Merek perusahaan, personal / profesional atau brand 31%
  • URL yang asli dan original atau naked url 18%

Angka-angka prosentase yang disebutkan di atas bukan merupakan prosentase yang mutlak harus dijalankan. Bagian paling pentingnya terletak pada variasi dan keragaman teks jangkar yang menuju halaman situs.

Jika tidak dilakukan secara bervariasi, search engine akan memberikan nilai Off-Page negatif. Misalnya jika teks jangkar terlalu banyak mengandung exact match, maka akan dinamakan sebagai over optimasi. Akibatnya adalah rangking situs akan menurun.

6.2.1.3 Backlink Harus Relevan dengan Tema Website

Contohnya website yang menawarkan paket wisata harus mendapatkan backlink dari website yang kontennya juga membahas dunia wisata. Misalnya obyek wisata, hotel, dinas pariwisata dan sebagainya. Backlink seperti ini punya nilai lebih tinggi dibanding backlink yang konten atau isinya tidak punya hubungan sama sekali dengan kegiatan wisata.

6.2.1.4 Rentang dan Pembatasan Waktu

Kegiatan untuk mendapatkan backlink tidak boleh dilakukan seketika namun harus bertahap dan kontinyu. Mesin pencari bisa melihat jika ada sesuatu yang tidak wajar.

Misalnya dalam sehari website mendapatkan tautan hingga 100 kali, padahal biasanya tidak lebih dari 5 atau 10 tautan. Backlink seperti ini dianggap tidak alami dan tidak akan bisa meningkatkan rangking.

Beberapa hal teknis yang dijelaskan di atas memang masih jauh dari kata lengkap. Namun paling tidak dapat dijadikan acuan dasar untuk belajar SEO dan hal lain yang berkaitan dengan ilmu tersebut. Semoga bisa membantu dan memberi manfaat pada semuanya. Terimakasih.

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.