Peluang usaha modal kecil – Berbisnis merupakan cara terbaik untuk meraih potensi penghasilan. Saat ini banyak sekali peluang usaha modal kecil yang bisa dijalankan dari rumah selama memiliki keberanian dan komitmen.

Banyak sekali orang yang berhasil menggapai kesuksesan meski dengan kapasitas terbatas. Mereka secara umum memiliki sistem perencanaan yang baik dan selalu fokus pada bidang usaha yang ditekuni. Munculnya beragam masalah dalam berbisnis dianggap sebagai suatu yang lumrah dan mereka mampu hadapi dengan tenang dan keteguhan hati.

Nah, jika tertarik serta ingin mencari peluang bisnis modal kecil dan memiliki harapan terbaik untuk mendatangkan keuntungan, silakan baca rangkuman kami sbb:

1. Peluang Usaha Rumahan / Bidang Minuman

Bisnis minuman selalu memiliki pangsa pasar luas sebab semua orang pasti membutuhkannya. Bagi pebisnis bermodal terbatas, Dibawah ini beberapa jenis peluang usaha minuman untuk Anda jadikan sumber pendapatan tambahan.

1.1 Jus Buah

Jangan pernah sekalipun memandang remeh saat ada teman (mungkin kerabat) yang berjualan jus buah. Penghasilan yang mereka dapatkan dari usaha ini justru lebih besar dari modal awalnya. Bahkan, ada yang berhasil meraih laba dalam jumlah lebih tinggi, 150 atau 200% modal.

Alat-alatnya pun sederhana, cenderung murah dan mudah didapat. Peralatan tersebut berupa meja, alat pembuat jus, gelas, termos, pisau dan lemari kaca untuk menyimpan dan display buah. Agar terlihat semakin menarik, meja dapat diganti dengan gerobak.

Pangsa pasar dari usaha ini adalah anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu suhu udara serta cuaca di Indonesia yang cenderung panas merupakan kesempatan emas untuk membuka bisnis ini. Dalam kondisi seperti itu, setiap orang lebih senang menikmati minuman segar dan dingin, apalagi berbahan buah.

1.2 Es Batu

Jualan es batu merupakan sebuah peluang bisnis rumahan modal kecil yang sangat mudah dijalankan, bahkan oleh anak sekolah sekalipun. Perlengkapan utama yang harus disiapkan hanya berupa freezer, kantong plastik, corong dan alat merebus air yaitu panci beserta kompornya. Jumlah modalnya pun tidak lebih dari 5 juta rupiah saja.

Di tahap awal, segmen utamanya adalah tetangga sekitar serta pelaku usaha lain yang berjualan berbagai jenis minuman dingin. Ketika usaha jualan es batu ini semakin maju, segmen pasar dapat diperluas dengan cara memasarkannya ke rumah makan, hotel hingga perusahaan makanan beku.

1.3 Es Krim

Hampir semua orang suka es krim, khususnya anak-anak dan kaum remaja. Minuman es dengan rasa manis dan terbuat dari susu ini dapat mendatangkan keuntungan nan luar biasa besar jika dijadikan sebagai sebuah peluang usaha.

Es krim dapat kita buat dengan cara yang sangat mudah. Apabila tidak memiliki cukup waktu untuk membuat sendiri, bisa diperoleh dengan cara membeli langsung ke distributor atau agen penjualan. Namun selalu pastikan, untuk pilih merek es krim yang sudah Anda kenal serta memiliki harga lebih terjangkau oleh pasar.

Selain dijual eceran, es krim juga dapat dipasarkan dalam jumlah atau partai besar termasuk momen-momen tertentu, seperti pesta ulang tahun, pernikahan, arisan dan ajang pertemuan lainnya. Konsep pemasaran seperti ini pasti akan menghasilkan laba makin banyak hingga berkali lipat. Ada satu hal yang harus dicermati, apabila segmen pasarnya adalah skala besar sebaiknya es krim tersebut sudah diberi merek Anda sendiri.

1.4 Es Kelapa Muda

Sesuai namanya, es kelapa muda merupakan sebuah minuman segar berbahan utama daging kelapa muda, lalu dicampur gula dan es batu. Cukup sederhana proses pembuatannya dan biaya yang dibutuhkan pun juga tidak banyak.

Namun dibalik itu semua, minuman manis tersebut tidak boleh dipandang sebelah mata saat dikaitkan dengan peluang bisnis modal kecil bagi mereka si penggiat usaha kreatif. Modal pertama untuk membuka usaha ini hanya berkisar 2 juta rupiah saja bahkan bisa kurang.

Selain itu jualan es kelapa muda adalah jenis bisnis yang minim resiko. Meski saat ini sudah banyak para pelaku usahanya, selama terus mau menciptakan inovasi, sejatinya kita tetap bisa atau mampu berhasil menggaet pembeli dalam jumlah banyak. Sebagai contoh, Anda dapat membuat es kelapa muda dengan campuran susu, sirup, buah-buahan dan sebagainya.

1.5 Jamu Herbal

Jamu merupakan salah satu jenis minuman berbahan rempah-rempah dan punya khasiat bagus untuk menjaga kesehatan. Beberapa jenis jamu paling disukai dan populer di kalangan masyarakat antara lain adalah kunyit asem, beras kencur, wedang jahe dll.

Meski hanya berupa minuman tradisional berbahan herbal, jamu tetap memiliki jumlah peminat cukup banyak, serta target pasar nan luas. Apalagi orang makin sadar bahwa jamu dapat mencegah beberapa jenis penyakit apabila diminum secara rutin.

Kunci utama keberhasilan dalam berbisnis jamu adalah kemampuan dalam membuat racikan pas serta rasa. Dahulu, sebagian orang tidak suka minum jamu karena rasanya yang sangat pahit. Karena itu jamu herbal tersebut sebaiknya diberi campuran dari bahan lain agar mudah diminum.

Produknya dapat dibuat dalam 2 macam bentuk, langsung dalam bentuk minuman segar atau berupa serbuk yang harus diseduh dahulu.

2. Usaha / Bisnis Makanan

Tidak hanya minuman, bidang makanan atau kudapan juga dapat dijadikan alternatif sebagai peluang bisnis modal kecil untuk dijalankan di rumah sendiri. Jenisnya pun ada bermacam-macam, sehingga Anda bisa memilih jenis mana, sekiranya paling cocok dijalankan.

2.1 Jualan Bubur Ayam

Di Indonesia terdapat berbagai macam (pilihan) bubur ayam dengan aroma serta citarasa nan lezat. Misalnya saja bubur ayam Manado, bubur ayam Madura, bubur ayam Jakarta dan lain-lain. Makanan ini akan terasa lebih nikmat jika disantap pada pagi atau malam hari.

Jualan bubur ayam merupakan sebuah peluang usaha yang sangat menguntungkan. Lebih pentingnya lagi, modal untuk membuka bisnis rumahan ini sangat kecil serta dapat dijalankan dari rumah sendiri atau keliling kampung menggunakan gerobak.

Selain kegigihan, keberhasilan usaha bubur ayam ditentukan dari bahan utama dan tambahan yang digunakan dalam mengolah. Beras, daging dan sayurannya harus dipilih harus benar-benar berkualitas dan masih segar termasuk bumbu-bumbu.

2.2 Jualan Bubur Kacang Hijau

Makanan favorit lain paling digemari masyarakat Indonesia adalah bubur kacang hijau. Alasan utamanya adalah, selain rasa yang enak, bubur kacang hijau mengandung gizi dan vitamin tinggi sehingga mampu membuat tubuh jadi lebih sehat dan tidak mudah sakit.

Seperti bubur ayam, bubur kacang hijau juga bisa kita jual di rumah. Nilai keuntungan dari usaha ini tidak kalah besar, bisa mencapai lebih dari 2 kali lipat dari modal yang dikeluarkan. Biasanya bubur kacang hijau dijual bersama dengan bubur lain yang terbuat dari ketan hitam. Kesamaannya adalah jenis santan yang dijadikan sebagai penambah kelezatannya tetap memakai jenis serupa.

Makanan ini lebih laris dan cepat dijual di pagi hari sebagai menu sarapan. Namun jika ingin menjual saat siang hari, sebaiknya Anda tambahkan es batu sehingga agar terasa lebih segar.

2.3 Jualan Roti Bakar

Berjualan roti bakar merupakan peluang usaha rumahan modal kecil lainnya yang tidak pernah mengenal masa surut. Makanan ringan ini sangat laris terjual pada malam hari, tapi tetap bisa laku pada siang atau sore hari.

Perlengkapan yang dibutuhkan antara lain adalah kompor khusus untuk membakar roti, alat panggang, toples sebagai wadah penyimpanan roti dan adonan, garpu, sendok serta solet. Semuanya bisa didapatkan dengan harga relatif terjangkau.

Sedangkan bahan yang perlu tersedia antara lain roti, mentega dan adonan campuran yang secara umum terdiri dari coklat, keju, meses dan sebagainya. Proses pengolahannya pun cukup cepat dan tidak ribet.

2.4 Jualan Jagung Bakar

Jagung bakar adalah makanan berikutnya, paling digandrungi semua orang terutama remaja dan anak-anak. Waktu terbaik untuk menjualnya adalah malam hari dan berada di pinggiran jalan atau keramaian. Pada akhir pekan atau malam minggu biasanya lebih laris.

Perlengkapan yang harus disiapkan sangat sederhana, hanya berupa anglo panjang dan arang untuk memanggang jagung. Agar lebih praktis, saat ini sudah tersedia mesin bakar yang dijual di swalayan atau toko besar dengan harga cukup murah. Selain itu ditambah pisau dan kuas untuk mengoleskan adonan pada jagung.

Bahan utamanya adalah jagung muda dan adonan (pelezat) yang terdiri dari mentega, coklat, susu, keju parut halus dan sebagainya. Modal yang dikeluarkan untuk belanja aneka kebutuhan ini juga tidak terlalu banyak, hanya berkisar ratusan ribu rupiah saja.

Jika ingin mendapatkan pelanggan tetap lebih banyak, kami sarankan Anda untuk menyediakan tempat semacam lesehan, supaya pelanggan dapat menikmati kudapan secara lebih nyaman.

2.5 Jualan Nasi Bungkus

Jualan nasi bungkus adalah peluang bisnis modal kecil yang bisa dijalankan di rumah sendiri atau dititipkan di warung-warung dekat pabrik atau perusahaan lainnya dengan jumlah karyawan cenderung banyak. Waktu terbaik untuk menjualnya adalah siang hari atau tepatnya ketika tiba waktu makan tiba.

Sebagai tahap awal, buat nasi bungkus beberapa puluh dulu saja. Setelah pangsa pasarnya berhasil kita raih, volume-nya boleh diperbanyak. Modal untuk menjalankan usaha tersebut hanya ada dikisaran ratusan ribu rupiah saja (untuk membeli alat memasak dan variasi bahan).

Keberhasilan dari usaha ini ditentukan oleh cita rasanya, dimana dalam hal ini harus enak dan higienis. Untuk penentuan harga jual, sebisa mungkin terjangkau oleh para calon pembeli karena secara umum, segmen utamanya adalah masyarakat serta pekerja kelas bawah dan menengah.

2.6 Jual Gorengan

Saat ini penjual gorengan sangat mudah kita jumpai di berbagai titik lokasi. Meski demikian tidak serta merta peluang bisnis rumahan modal kecil ini boleh ditinggalkan begitu saja, karena pangsa pasarnya masih luas. Asal bisa memilih lokasi yang tepat dan strategis, dijamin pembeli akan datang dengan sendirinya.

Jenis gorengan yang proses pembuatannya cuma membutuhkan modal kecil antara lain pisang, tahu, tempe, ubi, singkong, jamur, kentang, lumpia, bakwan dll. Adapun waktu terbaik untuk menjual, adalah saat sore dan malam hari dengan gerobak dorong atau membuka kios gorengan di rumah sendiri.

Peralatan utama yang digunakan adalah kompor, gas serta alat penggorengan. Sedangkan bahan-bahan, silakan Anda sesuaikan dengan jenis gorengan yang nanti akan dijual. Cita rasa merupakan rahasia utama atas keberhasilan dari usaha ini. Selain itu pula, manfaatkan minyak kualitas terbaik agar gorengan tetap higienis

2.7 Jualan Martabak

Martabak adalah salah satu jenis jajanan terlaris berikutnya, terutama untuk dijual pada malam hari. Omsetnya pun terbilang tinggi apalagi jika sedang ramai, bisa mencapai ratusan hingga jutaan rupiah per hari, dibandingkan dengan modal yang tak terlalu besar, (kisaran 5 hingga 10 juta rupiah, alokasi terbanyak adalah biaya gerobak dorong).

Ada 2 macam martabak yang cukup populer di kalangan masyarakat yaitu martabak telur dan manis. Harga jual dari masing-masing jenis tersebut kurang lebih antara 25 hingga 50 ribuan rupiah (tergantung besarnya ukuran dan bahan).

Berbeda dengan jajanan lainnya, proses pembuatan martabak tergolong rumit. Oleh karena itu, sebelum terjun ke bisnis ini sebaiknya pelajari lebih dalam terlebih dahulu segala seluk beluk terkait cara memasak atau mengolah.

3. Bidang Jasa

Ada banyak sekali peluang bisnis modal kecil yang dapat dipilih dan dijalankan sesuai minat dan keahlian yang dimiliki. Semakin hari makin banyak yang menekuni usaha ini karena bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan maupun penghasilan utama.

Agar usaha dapat berjalan lancar, layanan yang memuaskan merupakan hal nomor satu harus selalu dikedepankan pada konsumen.

3.1 Jasa Penitipan Anak

Saat ini makin banyak pasangan suami istri yang harus bekerja semua agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Kondisi tersebut membuat mereka tidak memiliki waktu lagi untuk merawat dan mengawasi anaknya terutama pada pagi hingga sore hari.

Kesibukan para orangtua itu menciptakan suatu peluang usaha yaitu jasa penitipan anak yang sangat cocok dijalankan oleh wanita khususnya ibu rumah tangga. Modal utama yang mutlak harus tersedia adalah ruang khusus untuk istirahat atau bermain anak dan aneka jenis mainan untuk mereka.

Ruang tersebut tersebut harus didesain sedemikian rupa sehinga anak akan merasa betah dan tidak menimbulkan keributan. Jika mempunyai halaman, fungsikan lahan itu sebagai tempat untuk bermain.

Masalah utama yang paling sering muncul di tahap perintisan adalah kepercayaan. Orangtua pasti tidak akan langsung percaya begitu saja ketika memilih orang yang akan dititipi anaknya. Oleh sebab itu komunikasi merupakan cara terbaik guna meyakinkan mereka agar mau menitipkan anaknya.

Bisnis ini akan berkembang lebih cepat apabila memiliki relasi yang banyak. Selain itu harus rajin menginformasikan keberadaan usaha jasa penitipan anak tersebut di perkantoran atau dari mulut ke mulut.

3.2 Jasa Perbaikan / Service Ponsel

Tidak usah terlalu lama melakukan perhitungan, usaha jasa perbaikan Ponsel pasti punya pasar cukup luas. Angka penggunaan peralatan komunikasi tersebut tiap hari selalu naik dan mengalami peningkatan yang pesat.

Bagi mereka yang memiliki keahlian di bidang tersebut, tentu dapat menjadi sebuah peluang bisnis rumahan modal kecil yang menggiurkan. Peralatan yang diperlukan untuk memperbaiki ponsel rusak harganya sangat murah dan mudah ditenteng kemana saja.

Syarat utama yang harus dipenuhi saat menjalankan bisnis ini adalah mengetahui seluk beluk mesin ponsel dan onderdilnya. Karena teknologi ponsel selalu melaju dengan cepat, pelaku usaha harus rajin mengikuti perkembangannya. Selain itu jangan merasa malu bertanya pada yang lebih ahli dan tekun belajar.

3.3 Jasa Cuci Motor Dan Mobil Panggilan

Jasa cuci motor dan mobil adalah bisnis yang prospeknya sangat bagus tapi perlu modal yang sangat besar. Selain membutuhkan tempat yang luas, lokasinya harus ada di daerah strategis. Jika tidak memiliki lahan sendiri, tentu harus menyewa dengan harga yang sangat mahal.

Meski demikian bagi yang kreatif, problem ini dapat dipecahkan dengan mudah dengan cara membuka usaha jasa cuci motor dan mobil panggilan. Selain alat serta bahan cuci kendaraan, modal lain yang diperlukan hanya pesawat handphone untuk menerima panggilan. Jauh lebih irit dibanding membuka usaha sejenis di suatu lokasi.

Biaya promosinya juga murah, cukup menyebar atau menempelkan brosur di tempat-tempat strategis. Selain itu bisa menyebar kartu nama pada teman sendiri atau pasang iklan di media internet. Apabila sudah bisa berjalan lancar, hanya dalam hitungan beberapa bulan saja modal yang dikeluarkan akan balik berikut keuntungannya.

3.4 Jasa Pemotretan Atau Fotografi

Siapa saja yang mempunyai keterampilan memotret dengan baik, pasti bisa menjalankan usaha atau peluang usaha rumahan modal kecil yang satu ini. Meski persaingannya tergolong ketat tetapi jika disertai dengan niat yang sungguh-sungguh dan usaha keras, pasti tetap bisa mencari sumber penghasilan dari usaha ini.

Hanya kamera dan perlengkapannya saja yang dibutuhkan dalam bisnis jasa pemotretan atau fotografi. Selain bisa dijalankan sendiri, juga dapat dilakukan dengan teman sebagai pengarah gaya dan pengatur pencahayaan. Usaha jasa pemotretan ini biasanya mendapat panggilan saat ada acara-acara besar seperti pesta pernikahan, sesi fotopra-nikah, ulang tahun, wisuda, foto model iklan dan sebagainya.

Dengan modal yang sangat kecil, usaha ini bisa menjelma jadi sebuah bisnis yang tidak saja menguntungkan tapi juga sangat menggiurkan. Apabila sudah ahli dan terkenal, dalam 1 kali sesi pemotretan saja tarifnya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

3.5 Jasa Pengecatan Rumah

Usaha jasa pengecatan rumah memiliki prospek yang sangat bagus dan menjanjikan. Apalagi saat ini makin banyak orang yang sibuk bekerja dan tidak memiliki waktu cukup untuk mengecat rumahnya. Selain itu peluang bisnis modal kecil ini tidak terlalu susah dikerjakan, terutama untuk kaum pria.

Peralatan wajib selalu tersedia adalah perlengkapan mengecat yang harganya hanya beberapa ratus ribu saja. Sedangkan catnya biasanya disediakan oleh konsumen atau pemakai jasa. Rata-rata pendapatan per harinya sekitar 100 ribu di kota kecil. Untuk kota besar seperti Jakarta, bisa 2 kali lipatnya. Setelah berkembang dan memiliki anak buah, tentu penghasilan tersebut akan bertambah besar.

Pangsa pasar dari usaha jasa pengecatan ini adalah rumah-rumah yang cat dinding, pintu dan jendelanya sudah terlihat kusam. Untuk promosinya bisa menggunakan media cetak misalnya koran daerah. Tapi jika pemasangan iklan di koran tersebut terasa mahal, bisa memanfaatkan media sosial seperti facebook, BBM, twitter atau situs-situs market place.

4. Bidang Budidaya / Ternak

Banyak yang berpendapat bahwa budidaya binatang ternak itu merupakan sebuah bisnis yang modalnya sangat besar. Anggapan ini tidak ada benarnya sama sekali. Banyak sekali bidang usaha budidaya binatang ternak yang bisa dikembangkan dengan modal kecil saja. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

4.1 Budidaya Ayam Pedaging Dan Petelur

Beternak ayam, baik yang pedaging atau petelur tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Sebagai tahap awal, cukup beberapa puluh ekor saja yang diternak. Barulah setelah usaha ini maju, jumlah ayamnya bisa ditambah sesuai dana yang tersedia.

Hasil dari usaha ini selalu terserap oleh pasar. Jadi tidak perlu khawatir tidak bisa laku sebab permintaannya justru selalu mengalami kenaikan. Saat masih berskala kecil, segmen pasarnya adalah ibu rumah tangga dan pasar tradisional. Setelah berkembang dapat diperluas ke rumah makan, hotel, swalayan atau supermarket dan sebagainya.

4.2 Budidaya Ikan Cupang

Diantara jenis ikan hias lainnya, budidaya ikan cupang termasuk peluang bisnis modal kecil yang sangat laris dipasaran dan dapat memberi keuntungan sangat besar. Modal utama dari usaha ini yaitu aquraium yang ukurannya juga kecil-kecil dan botol toples dari kaca. Jadi tidak membutuhkan tempat luas.

Pengembangbiakan dan perawatan ikan cupang sangat mudah sekali dilakukan. Bahkan dapat dijadikan sebagai pekerjaan sambilan saja. Sedangkan segmen pasarnya, sebagian besar anak-anak namun banyak pula orang dewasa yang menyukainya.

4.3 Budidaya Kroto

Kroto adalah anakan semut yang oleh masyarakat sering dijadikan pakan burung peliharaan. Biasanya kroto tersebut diperoleh di hutan atau perkebunan. Namun untuk saat ini, sudah ada orang yang tertarik membudidayakan kroto sendiri lalu dijual ke pasar-pasar burung maupun pemeliharan burung secara langsung.

Modal untuk membudidayakan kroto hanya sekitar puluhan hingga ratusan ribu rupiah saja, guna membeli pipa paralon atau toples untuk beternak semut. Dari peternakan semut ini akan dihasilkan kroto yang kemudian menjadi komoditas dengan nilai jual sangat tinggi.

4.4 Budidaya Jangkrik

Selain kroto, pakan burung lainnya yang juga bisa dibudidayakan sekaligus dijadikan peluang bisnis modal kecil adalah jangkrik. Tetapi selain dijadikan pakan burung, jangkrik juga sering diolah jadi bahan kosmetik sehingga memiliki pangsa pasar yang lebih luas dan keuntungan yang luar biasa dahsyatnya.

Di pasaran, setiap 1 kilogram jangkrik dapat dijual dengan harga sekitar 250 hingga 300 ribu rupiah. Namun tentu saja butuh kesabaran dan ketelatenan yang lebih tinggi, karena budidaya jangkrik sedikit lebih sulit dibanding budidaya kroto serta butuh waktu yang lebih lama dan juga tidak memerlukan ruang yang luas.

4.5 Budidaya Cacing

Bagi sebagian orang, cacing sering dipandang sebagai binatang yang menjijikan. Tapi dibalik itu hewan bertubuh kecil dan licin ini bisa memberi harapan tinggi kepada siapa saja yang mau beternak serta membudidayakannya. Hasil panennya sering diolah jadi pakan ternak, bahan obat-obatan dan hingga bahan kosmetik.

Tempat yang harus disediakan untuk menjalankan peluang bisnis modal kecil ini tidak terlalu luas sebagaimana budidaya hewan lain seperti kambing apalagi sapi. Modalnya hanya sekitar ratusan ribu saja untuk membeli kayu, kaca atau plastik yang dibuat menjadi kandang cacing, bibit dan media ternak berupa tanah dicampur kompos.
Kebutuhan cacing masih sangat tinggi bahkan sering terjadi kekurangan pasokan.

Karena itu kesempatan untuk mengembangkan usaha ini terbuka lebar. Siapa saja dapat menjalankannya karena budidaya cacing tidak membutuhkan keahlian khusus selain kemauan dan niat.

4.6 Budidaya Kelinci

Dibandingkan kroto, jangkrik atau cacing budidaya kelinci memang memerlukan modal yang jumlahnya sedikit lebih besar. Namun modal yang harus disiapkan ini hanya berada kisaran beberapa ratus ribu saja dan tidak lebih dari 2 juta rupiah tergantung jumlah kelinci yang mau dibudidayakan.

Kelinci yang dapat dibudidayakan ada 2 macam yaitu kelinci hias serta kelinci yang diambil dagingnya. Keduanya hanya perlu teknik perawatan dan pembesaran yang sangat praktis dan mudah dilakukan. Selain itu kebutuhan lahannya juga tidak perlu yang luas, hanya beberapa meter persegi untuk meletakan kandang.

Pakannya dapat dicari sendiri atau membeli dengan harga murah seperti sayuran, wortel, kol, rumput-rumputan dan sebagainya. Siklus pertumbuhannya tergolong singkat, sehingga modal yang dikeluarkan cepat kembali berikut dengan labanya.

Sebagai permulaan, sebaiknya beternak beberapa ekor kelinci saja dan setelah usaha ini bisa maju bisa ditambah. Agar bisa fokus, disarankan memilih 1 jenis kelinci saja, apakah kelinci hias atau kelinci pedaging. Karena masing-masing dari jenis tersebut mempunyai perbedaan dalam teknik pemeliharaan dan pembesarannya.

5. Bidang Budidaya Tanaman

Bisnis budidaya dengan modal kecil juga dapat dijalankan pada tanaman. Dari sekian banyak jenis tanaman budidaya yang ada, beberapa diantaranya bisa ditanam sendiri di lahan sempit atau halaman rumah.

Bahkan jika Anda tidak punya lahan, dapat menerapkan sistem hidroponik atau menggunakan media tanah yang dimasukan ke dalam polybag.

5.1 Budidaya Tanaman Cabai

Tanaman cabai yang hanya berukuran beberapa puluh sentimeter saja dapat ditanam di lahan kecil atau polybag. Sebagai tahap permulaan, bisa mencoba melakukan budidaya tanaman ini sebanyak 10 atau 20 batang saja. Dengan jumlah tersebut lahan yang diperlukan hanya sekitar 2 meter persegi.

Modal yang harus dikeluarkan kurang lebih 50 ribu rupiah untuk membeli benih, media tanah dan polybag. Masa tanamnya membutuhkan waktu 3 sampai 4 bulan. Setelah memasuki masa panen, dapat dijual ke tetangga sekitar atau pasar tradisional. Setelah itu secara perlahan usaha ini bisa dibesarkan dengan cara menyewa lahan yang lebih luas.

Konsep usaha bisnis dan budidaya seperti ini bisa diaplikasikan pada jenis tanaman kecil lain seperti tomat, terong, kol, sawi, bayam, kangkung dan sebagainya. Masing-masing memiliki karakter dan teknik penanaman serta pemeliharaan yang berbeda, termasuk penanggulangan hamanya.

Karena itu sebelum peluang bisnis modal kecil ini dijalankan sebaiknya pelajari lebih dahulu segala hal yang punya kaitan dengan budidaya tanaman tersebut. Tujuannya agar resiko atas terjadinya kerugian dapat diminimalkan. Jangan sungkan dan malu bertanya pada yang sudah berpengalaman dan ahli di bidang ini.

5.2 Budidaya Tanaman Herbal Dan Jamu

Peluang bisnis modal kecil di bidang agribisnis kedua adalah budidaya tanaman herbal atau jamu. Usaha ini sangat bagus dijalankan siapa saja dengan pangsa pasar yang sangat terbuka luas. Hasil panen dari tanaman ini bisa dijual ke pasar tradisional, toko herbal hingga pelaku usaha lain yang berbasis produksi jamu herbal.

Intinya, usaha budidaya tanaman jamu atau herbal tidak pernah ada kata sepi, karena setiap orang pasti ingin menjalani hidup dengan kondisi tubuh yang selalu sehat. Apalagi mengingat saat ini harga obat-obatan kimia terus mengalami kenaikan. Selain itu orang juga makin sadar bahwa jamu adalah obat paling aman dikonsumsi karena tidak menimbulkan efek merugikan.

Beberapa jenis tanaman herbal yang bisa dibudidayakan dan dikembangkan sebagai peluang usaha modal kecil antara lain yaitu jahe, kunir, kencur, daun sirih dan sebagainya. Tidak jauh berbeda dengan tanaman sayur seperti cabai atau tomat, tanaman herbal juga bisa dibudidaya pada lahan kecil atau menggunakan polybag.

5.3 Budidaya Tanaman Hias

Dari zaman dulu hingga sekarang serta dimasa yang akan datang, usaha tanaman hias selalu menjadi peluang bisnis yang sangat menggiurkan. Bagi mereka yang tertarik menekuni bisnis tetapi hanya mempunyai modal yang sangat terbatas, dapat memilih jenis tanaman hias yang biaya pembelian bibitnya tidak mahal namun bisa laku keras.

Segmen pasarnya ada 2, yaitu penggemar tanaman hias perorangan dan pedagang besar. Jika ingin lebih cepat laku, tentu memilih menjualnya ke pedagang besar tapi dengan keuntungan yang lebih sedikit. Jika dijual ke perorangan, harga jualnya bisa lebih mahal tapi butuh waktu lebih lama.

Jenis tanaman hias yang harga bibitnya murah tapi sangat disukai masyarakat tersebut antara lain anggrek, melati, daun cinta atau mawar dan lainnya. Tanaman seperti ini berukuran kecil dan tidak perlu lahan luas untuk membudidayakannya. Selain itu bisa ditanam dalam polybag atau pot sehingga bisa menghemat tempat.

Sebagai pemula, alangkah baiknya jika memilih budidaya tanaman hias yang lebih mudah dirawat dan dipelihara. Akan jadi lebih bagus lagi apabila hanya 1 macam tanaman saja yang dibudidayakan agar bisa fokus. Perlu diketahui setiap jenis tanaman hias mempunyai karakter yang tidak sama sehingga teknik perawatannya juga berbeda.

5.4 Budidaya Pembibitan Tanaman

Budidaya pembibitan aneka jenis tanaman merupakan suatu peluang bisnis modal kecil yang tingkat perputaran uangnya tergolong sangat cepat dan tinggi. Tapi sayangnya usaha ini lebih cocok dijalankan oleh mereka yang sudah berpengalaman dan mempunyai pengetahuan lebih mendalam tentang ilmu agribisnis.

Meski demikian bukan berarti seorang pemula dilarang memilih bidang usaha yang satu ini. Asal tekun belajar, ilmu tentang teknik pembibitan tanaman tersebut dapat dikuasai sehingga mampu bersaing dengan pelaku usaha lainnya.

Seperti yang sudah dijelaskan, pembibitan tanaman adalah bisnis yang modalnya lebih cepat kembali dan memiliki prospek keuntungan yang besar. Alasannya, pangsa utama dari hasil pembibitan ini adalah kaum petani atau pelaku usaha budidaya tanaman.

Ketika membeli benih, jumlahnya tak hanya 1 atau 2 benih saja tetapi beberapa puluh bahkan ratusan atau ribuan batang benih sekaligus. Kondisi inilah yang menjadikan bisnis ini makin menggiurkan karena nilai keuntungannya yang sangat besar.

Aneka contoh peluang bisnis modal kecil yang disebutkan di atas hanya merupakan sebagian kecil dari berbagai peluang usaha lain yang bisa dijalankan oleh pemula. Jika mau untuk terus berkreasi dan berani melakukan inovasi, pasti bisa ditemukan peluang lain yang prospeknya tidak kalah menjanjikan.

Selamat belajar dan berbisnis, semoga sukses.

Gambar / Tabloidwirausaha.com

Penulis

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.