Ketika ingin memulai usaha, salah satu hal yang mungkin menghambat niat kamu adalah modal. Meski saat ini sudah banyak usaha yang hanya membutuhkan modal sedikit. Tetap tidak dapat dipungkiri hal tersebut tetap jadi penghambat. Tenang, kamu bisa ajukan pinjaman modal usaha di bank.

Cara Melengkapi Dokumen Syarat Pinjaman Modal Usaha di Bank

1. Berkas Mengenai Identitas Diri

Salah satu syarat yang harus kamu penuhi saat mau ajukan pinjaman untuk modal usaha di bank adalah berkas mengenai identitas diri. Persyaratan yang satu ini adalah umum dan wajib dipenuhi.

Biasanya, ia terdiri dari fotokopi KTP atau KK. Sebenarnya, ini adalah syarat utama dalam hal mengajukan apapun termasuk semua pinjaman di bank.

Identitas diri haruslah sesuai dengan alamat yang kamu tinggali saat ini. Jika berbeda, kamu harus melampirkan surat keterangan dari pihak kelurahan tempat kamu tinggal.

Jika kamu sudah menikah, kamu perlu mencantumkan KTP pasangan kamu juga sehingga pihak bank mengetahui jika pengajuan pinjaman tersebut sudah diketahui pihak bank.

2. Akta Nikah

Bila kamu sudah menikah, untuk mengajukan pinjaman modal usaha, kamu juga harus melampirkan akta nikah di dalamnya. Hal ini wajib dilakukan untuk membuktikan jika harga yang diagunkan adalah harta bersama. Tentu saja, ketika mengagungkannya, hal ini sudah diketahui oleh kedua belah pihak, istri dan suami.

Hal ini dikarenakan jika terhadap masalah yang berkaitan dengan pinjaman kamu, maka konfirmasi yang dilakukan akan berjalan baik. Tidak bertele-tele dan menimbulkan masalah lainnya.

3. Fotokopi Buku Tabungan

Fotokopi buku tabungan ini berguna sebagai pembantu analisis pihak bank terhadap kamu. Buku tabungan inilah yang digunakan pihak bank untuk melihat bagaimana kondisi finansial kamu sebenarnya. Biasanya, yang diperlukan dalam pengajuan pinjaman ini adalah mutasi buku tabungan dalam jangka waktu tiga bulan terakhir.

Dengan begitu, nantinya pihak bank akan jelas melihat kemampuan finansial kamu. Besaran saldo dalam rekening tabungan juga jadi pertimbangan pihak bank.

Hal ini menandakan kesanggupan kamu dalam mengganti pinjaman yang sudah diajukan ke pihak bank dan ini adalah persyaratan yang harus dipenuhi dalam pinjaman modal usaha.

4. Slip Gaji

Selain itu, kamu juga diharuskan untuk melampirkan slip gaji untuk pengajuan pinjaman. Hal ini juga penting dan sangat dipertimbangkan pihak bank.

Pihak bank bisa dengan mudah memberikan pertimbangan mengenai pinjaman dana yang diajukan. Bila pinjaman danamu besar namun nominal pendapatan terbilang kecil, kemungkinan pinjaman bisa sangat kecil.

5. Bukti Memiliki Tanggungan dan Cicilan

Pengajuan pinjaman untuk modal usaha tentu akan lebih mudah dikabulkan bila kamu telah lulus segala persyaratan yang diberikan pihak bank terlebih bila kamu tak memiliki cicilan di luar pinjaman yang sudah diajukan. Bila kamu masih memiliki cicilan di tempat lain, hal ini akan mempersulit kamu dalam pengajuan pinjaman.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu menyelesaikan dulu tanggungan cicilan kamu sebelum mengajukan pinjaman. Pihak bank tentu tak mau ambil risiko akan hal ini. Namun, bila kamu masih berniat untuk ajukan pinjaman, sertakan bukti memiliki tanggungan dan cicilan ini juga sebagai bahan pertimbangan.

Prosedur Ajukan Pinjaman Modal Usaha di Bank

Apa yang harus kamu lakukan kalau mau mendapatkan pinjaman? Selain sudah memenuhi semua persyaratan yang ada, kamu harus memilih usaha yang benar dulu. Hal ini dilakukan agar dapat mengambil hati bank yang jadi sasaran. Pilihlah usaha yang potensial lebih dulu. Setelah itu, barulah buat perencanaan.

Mulai dari lokasi usaha, banyaknya sumber daya manusia yang dibutuhkan, pasar yang dituju dan lainnya. Hitung semua dengan detail agar lebih memudahkan pihak bank nanti.

Jika sudah, kamu tinggal ajukan saja pinjamannya. Nantinya, pihak bank akan melakukan wawancara sebelum memutuskan apakah kamu berhak menerima pinjaman atau tidak.

Nah, sudah memiliki semua syarat yang diharuskan pihak bank kalau mau ajukan pinjaman modal usaha?

Paling penting, apa kamu sudah memiliki bayangan usaha apa yang akan dijalankan dan sudah membuat informasi mengenai usaha itu? Kalau sudah, kamu bisa ajukan sekarang. Tapi, kalau belum, segera lengkapi lebih dulu baru bisa dikabulkan!

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.