Memilih merk cat tembok terbaik sesuai dengan kebutuhan kita tidaklah mudah. Ada banyak faktor yang harus menjadi perhatian Anda, seperti harga, kualitas, fitur, warna dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, Anda perlu jeli ketika memilih cat tembok untuk kebutuhan rumah. Melalui artikel ini kami mencoba mengulas 10 rekomendasi cat tembok terbaik yang bisa dipilih, untuk jadi salah satu bahan pertimbangan Anda.

Cara Memilih Cat Tembok

Sebelum kita membahas tentang rekomendasi cat tembok terbaik, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja yang perlu dilihat ketika memilih cat tembok.

Sesuaikan Warna Cat Dengan Tema Pada Rumah Anda

Hal pertama yang harus Anda pikirkan ketika hendak memilih cat tembok adalah masalah pemilih warnanya. Anda tidak boleh asal-asalan ketika menentukan warna, karena hal tersebut akan mempengaruhi mood bagi penghuninya. Pemilihan warna juga bisa digunakan untuk menunjukkan kepribadian seseorang.

Memilih warna lembut seperti hijau muda, biru laut dan lain sebagainya akan memberikan ketenangan bagi penghuni rumah. Hal itu dikarenakan warna ini akan memberi nuansa sejuk, penyeimbang emosi dan menghilangkan stress. Warna ini cocok untuk Anda yang memiliki karakter pendiam, tenang ataupun introvert.

Sedangkan bagi Anda yang memiliki karakter simpel, bersahabat ataupun sederhana Anda bisa memilih warna natural seperti coklat, merah bata, kuning dan sebagainya. Rumah yang di cat menggunakan warna ini akan memberikan nuansa hangat, nyaman dan harmonis.

Pemilihan warna ceria, seperti kuning muda, biru, hijau apel dan pink akan memberikan nuansa fresh sehingga penghuninya akan lebih semangat dalam menjalani hidup. Warna ini cocok untuk Anda yang gemar mencoba hal-hal baru dan ingin selalu semangat ketika sampai di rumah.

Memahami Karakteristik Cat

Setelah mempertimbangkan soal warna, Anda juga perlu mengetahui tentang jenis cat dan karakteristiknya. Ada cat yang memberikan efek glossy, satin, eggshell dan doff. Tentunya pemilihan jenis cat ini harus melihat kekurangan dan kelebihan dari masing-masing cat tersebut.

Cat Glossy

Cat Glossy dapat dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu semi gloss dan high gloss. Ketika terkena cahaya, dinding yang di cat menggunakan high gloss akan terlihat berkilau.

Jenis cat ini cocok digunakan di bagian tembok luar yang sering terpapar sinar matahari. Sedangkan cat semi gloss, lebih cocok digunakan untuk dapur dan kamar mandi, karena memiliki kemilau yang lebih rendah.

Jenis cat ini memiliki beberapa keunggulan, selain terlihat berkilau dan memberikan kesan modern. Jenis cat ini juga lebih tidak mudah mengelupas dibandingkan cat biasa. Selain itu, jenis cat ini lebih mudah dibersihkan ketika ada kotoran atau noda yang menempel.

Cat Doff

Jenis cat ini tidak memantulkan cahaya, sehingga memiliki kesan lembut yang cocok untuk yang memiliki kepribadian sederhana. Kelebihan dari jenis cat ini adalah bisa menutupi kecacatan tekstur di permukaan yang di catnya. Akan tetapi, cat doff juga memiliki kekurangan diantaranya lebih mudah mengapur.

Oleh karena itu, apabila ada noda menempel di pada dinding yang di cat dengan jenis ini, akan cukup sulit untuk membersihkannya.

Cat Eggshell

Jenis cat ini akan memberikan tampilan yang bertekstrur tetapi halus, cat akan membuat tembok rumah Anda berkesan artsy. Keunggulan dari jenis cat ini adalah mudah dibersihkan apabila terkena noda dan tidak terlalu memantulkan cahaya. Jenis cat ini cocok digunakan untuk tembok ruang kerja ataupun ruang tamu Anda.

Cat Satin

Jenis cat ini dikenal bisa memberikan tampilan mewah pada rumah yang menggunakannya. Hasil akhir pengecatan menggunakan cat ini adalah tengah-tengah antara glossy dan doff. Ketika disentuh, dinding yang di cat menggunakan jenis ini akan terasa lembut di tangan.

Dinding yang di cat menggunakan jenis ini juga mudah dibersihkan apabila terkena noda, sehingga penggunaan jenis ini sangat direkomendasikan.

Lokasi

Hal lain yang perlu Anda perhatikan ketika hendak memilih cat adalah mengenai lokasi dimana Anda menggunakannya. Cat yang digunakan untuk mengecat bagian dalam rumah akan berbeda dengan yang digunakan untuk mengecat bagian luar.

Untuk bagian dalam rumah, Anda bisa menggunakan cat yang berbahan dasar air (water based) sehingga mudah dibersihkan saat terkena noda.

Sedangkan apabila Anda ingin mengecat bagian luar rumah, pilihlah yang berbahan latex acrylic. Hal ini dikarenakan, bagian luar rumah akan sering terkena perubahan cuaca, seperti sinar matahari tering, air hujan dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, dibutuhkan cat yang tidak mudah mengelupas dan mampu menghadapi perubahan cuaca.

Kualitas Cat

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah kualitas dari produk cat yang akan kita beli. Tentunya Anda ingin memiliki cat yang awet dan tahan lama, sehingga Anda tidak perlu sering mengecat tembok rumah Anda.

Oleh karena itu, pilihlah cat yang tidak mudah terkelupas, tahan jamur, mudah dibersihkan dan tahan terkena perubahan cuaca.

Tentunya cat berkualitas ini biasanya memiliki harga jual yang cukup mahal. Akan tetapi membeli cat berkualitas tidak bisa dibilang pemborosan, karena ketika Anda menggunakan cat berkualitas jelek maka warna menjadi mudah rusak.

Ketika cat sudah rusak, Anda tentunya perlu mengecat ulang lagi sehingga biaya yang dikeluarkan dalam jangka waktu yang sama, menjadi lebih besar.

10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik

Setelah mengetahui cara memilih cat tembok terbaik diatas, kini saatnya kita membahas tentang produk apa saja yang memenuhi kriteria tersebut. Berikut ini adalah 10 rekomendasi cat tembok terbaik di tahun 2020, yang bisa Anda gunakan.

1. Decolith

Decolith merupakan produk cat tembok yang mendapatkan penghargaan Satria brand Award, sehingga soal kualitas tidak perlu diragukan.

Produk cat ini juga tidak menggunakan timbal dan merkuri sebagai bahan pembuatannya, sehingga lebih ramah lingkungan.

Daya tutup dan sebaran Decolith juga sangat optimal, sehingga penggunaannya untuk mengecat tembok menjadi tidak boros. Untuk masalah harganya, Decolith juga tergolong terjangkau dimana Anda cukup membayar sekitar 105 ribu rupiah untuk mendapatkan cat tembok Decolith kemasan 5 kg.

2. Nippon Paint Vinilex

Cat tembok yang dikeluarkan oleh pabrikan Jepang Nippon Paint sudah terkenal akan kualitasnya.

Cat ini memiliki fitur anti jamur, anti pudar dan tahan lama disikat hingga 1200 kali.

Bagi Anda yang mencari produk berkualitas tinggi, cat berbahan dasar co-polymer vinyl acrylic ini bisa menjadi solusinya. Walaupun memiliki kualitas yang bagus, harga Nippon Paint Vinilex tidak tergolong terlalu mahal juga. Anda bisa mendapatkannya dengan harga 110 ribu rupiah, untuk cat kemasan 5 kg.

3. Aquaproof

Aquaproof merupakan cat yang tahan terpaan air hujan dan teriknya sinar matahari.

Cat ini sangat cocok digunakan untuk cat luar ruangan yang membutuhkan daya lekat kuat, elastis, kedap air dan tahan lama.

Dengan fitur yang dimilikinya, Aquaproof tetap melekat dengan kuat di tembok walaupun diterpa cuaca ekstrim yang berubah-ubah. Cat ini dapat Anda beli dengan harga 175 ribu rupiah, untuk kemasan 4 kg.

4. Avitex

Avitex merupakan cat yang memiliki daya tutup yang baik, sehingga Anda bisa mengaplikasikannya untuk menutupi dinding dengan sempurna.

Warna yang dimiliki Avitex juga cukup beragam, dengan fitur anti pudar dan tetap tahan selama beberapa tahun.

Cat ini dapat digunakan untuk kebutuhan interior maupun eksterior rumah Anda. Untuk masalah harganya, Anda bisa mendapatkan Avitex kemasan 1 kg dengan harga 29 ribu rupiah.

5. Lenkote Sunguard Acrylic Emulsion

Ini merupakan versi premium dari Avitex, yang dikhususkan untuk mengecat bagian eksterior rumah.

Lenkote menggunakan teknologi Nature Guard yang membuat dinding yang dicat menggunakannya tahan dari serangan lumut dan jamur.

Tembok yang dicat menggunakan lenkote juga tahan luntur diterpa cuaca ekstrim sekalipun. Hanya saja, dari segi harga memang Lenkote cukup mahal karena dibanderol sekitar 240 ribu rupiah untuk kemasan 2,5 liter.

6. Dulux EasyClean

Cat keluaran dulux ini cocok digunakan untuk kamar anak Anda yang masih kecil.

Dengan teknologi Kidproof technology, menjadikan cat ini dapat tahan dari berbagai noda bahkan coretan krayon sekalipun. Ketika anak Anda mengotori tembok kamarnya, Anda bisa membersihkannya dengan mudah tanpa membuat catnya rusak.

Formula Dulux EasyClean juga akan memberikan perlindungan terhadap bakteri dan jamur yang menempel di dinding. Ada berbagai pilihan warna cerah yang sesuai dengan keinginan anak. Kekurangannya adalah dari segi harga Dulux EasyClean tergolong cukup tinggi, yaitu 185 ribu rupiah untuk kemasan 2,5 liter.

7. Jotun Jotaplast

Cat ini memiliki sertifikat Singapore Green Label, sehingga menjamin semua bahan yang digunakannya tidak berbahaya. Jotun Jotaplast sangat cocok bagi Anda yang menginginkan cat ramah lingkungan.

Jotun juga bisa memberikan tampilan menarik pada dinding rumah Anda, hasil pengecatannya terasa sangat halus. Harga cat ini juga terbilang cukup ekonomis, yaitu 120 ribu rupiah untuk kemasan 5 kg.

8. No Drop Tinting

Cat ini digunakan untuk melapisi tembok rumah Anda dan melindunginya dari keretakan.

Keretakan, khususnya yang berukuran kecil sering terjadi di rumah dan dapat menyebabkan terjadinya kebocoran. Penggunaan cat ini dapat mengatasi masalah tersebut, sehingga rumah Anda menjadi terlindungi.

No Drop Tinting juga memiliki formulasi yang dapat membuat jamur tidak bisa tumbuh di dinding yang di cat dengannya. Dari segi harganya, Anda bisa mendapatkan No Drop Tinting kemasan 4 kg dengan harga sekitar 180 ribu rupiah.

9. Nippon Paint Spotless Plus

Nippon Paint Spotless Plus merupakan sebuah cat premium dengan berbagai keunggulan, diantaranya dapat melindungi tembok dari bakteri.

Berteknologi Silver Ion, membuat cat ini bisa membunuh berbagai bakteri yang menempel di tembok yang di cat dengannya. Cat ini juga tidak mengeluarkan bau yang menyengat, serta aman bagi anak kecil di rumah Anda.

Nippon Paint Spotless Plus juga menggunakan teknologi Stain Guard yang berfungsi mencegah noda untuk menempel di tembok. Rumah yang menggunakan cat ini, selain terlihat indah juga sehat. Untuk masalah harganya, 2,5 liter cat Nippon Paint Spotless Plus dihargai seharga 195 ribu rupiah.

10. Dulux Catylac Interior

Cat ini menggunakan teknologi Chroma Brite, sehingga mempunyai tampilan warna yang terlihat sangat menakjubkan. Untuk masalah warna yang dihasilkan, produk cat ini bisa dibilang nomer satu.

Dulux Catylac juga sangat aman, karena tidak mengandung timbal dan merkuri dalam pembuatannya. Masalah harga pun sangat ekonomis, produk cat dengan kemasan 5 kg hanya dijual di kisaran 115 ribu rupiah.

Itulah 10 Rekomendasi cat tembok terbaik di tahun 2021 yang bisa Anda gunakan. Setiap produk memiliki keunggulan tersendiri, sehingga Anda perlu memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.