Meski dianggap sebagai kota kecil, namun Bogor tidak ketinggalan dibandingkan kota besar lain. Tidak hanya wisata alam, para wisatawan disuguhi tempat wisata di Bogor yang murah.

Daftar Tempat Wisata Murah di Bogor

Namun cozy, jajanan lezat khas Bogor yang terjangkau, udara yang sejuk, serta sarana transportasi yang mendukung bagi para traveler.

1. Kebun Raya Bogor

Gambar / Amazingindonesia.id

Taman hiburan rakyat ini berlokasi di tengah keramaian kota, tepatnya di Jalan Ir. Haji Djuanda Paledang, Bogor Tengah. Stasiun Kereta Bogor terletak tidak jauh dari lokasi Kebun Raya Bogor ini. Pintu masuk Kebun Raya Bogor,  hanya berjarak sekitar 1 km dan bisa ditempuh dengan naik angkot atau berjalan kaki.

Harga tiket masuknya pun terjangkau, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 15.000 saja. Sedangkan dengan harga Rp30.000, pengunjung sudah bisa berkeliling naik mobil menikmati keindahan Kebun Raya.

Tips berkeliling di Kebun Raya Bogor:

Inilah rute efektif yang perlu Anda ambil dari pintu gerbang utama: Tugu Raffles – balik ke pintu utama – Taman Teisjmann –  Kuburan Kuno Belanda – Kolam Depan Istana Bogor – Lokasi Bunga Bangkai – Jembatan Gantung dan Taman Astrid.

2. Istana Bogor

Gambar / Indonesia.go.id

Istana Bogor yang terletak di Jalan Ir. H. Juanda Kelurahan Paledang Bogor Tengah ini dikelilingi cagar alam Kebun Raya Bogor. Sayangnya jika Anda ingin berkunjung, harus izin secara tertulis terlebih dahulu.

Sedangkan biaya masuk adalah sebesar Rp 15.000 sebagai tiket masuk ke Kebun Raya Bogor. Berhubung Istana Bogor lokasinya berada di dalam Kebun Raya Bogor,  Anda harus mencapai Taman Hiburan Rakyat dahulu. Dari Stasiun Kereta Bogor Anda bisa berjalan kaki atau naik angkot.

Tips mengunjungi Istana Bogor:

Mengajukan surat permohonan kunjungan kepada sekretariat Istana berisi daftar pengunjung. Minimal jumlah pengunjung 25 orang dan minimal berusia 10 tahun.

3. Gunung Pancar

Gambar / Lokadata.id

Gunung Pancar dengan hutan pinusnya yang eksotis ini, terletak di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor. Lokasi bisa dicapai melalui Jalan Tol Jagorawi dan keluar di gerbang Tol Sentul Selatan.

Setelah itu menempuh jarak 13 km melewati Desa Babakan Madang dan Desa Karang Tengah. Tiket masuk Rp 5.000 untuk hari biasa dan Rp 7.500 untuk hari libur. Parkir mobil Rp 10.000 dan motor Rp 5.000. Pengunjung bisa puas mandi air panas dengan membayar Rp 25.000.

Tips wisata Gunung Pancar:

Jangan lupa untuk hunting foto di hutan pinus agar mendapatkan foto yang keren dari foto alay hingga foto prewedding.

4. Situ Gede

Gambar / Travel.tribunnews.com

Situ Gede termasuk wisata di Bogor yang murah, terletak di Jalan Sindang Barang Jero, Situgede, Bogor Barat, 10 km dari pusat Kota Bogor. Lokasi ini bisa dicapai dari Stasiun Bogor naik angkot jurusan Baranangsiang ke Terminal Bubulak. Dilanjutkan dengan naik angkot atau ojek ke Situ Gede.

Untuk masuk ke kawasan Situ Gede di tepi hutan Dramaga ini, Anda cukup membayar Rp 2.000 – Rp 4.000 saja.  Harga yang murah untuk dapat menikmati keindahan alam dan bersantai di danau indah ini.

Tips wisata Situ Gede:

Aktivitas yang bisa Anda lakukan adalah memancing, berperahu, dan melihat penangkaran rusa, serta foto prewedding.

5. Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Gambar / Blog.elevenia.co.id

Air panas yang berlokasi di Desa Ciseeng, Kecamatan Parung ini, hanya berjarak sekitar 40 menit dicapai dengan berkendara melalui Tol Jorr dan keluar Tol Serpong, Tangerang.

Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 saja. Selain pemandian air panas, Anda dan keluarga juga bisa beraktivitas outbond seperti Flying Fox serta berbagai permainan anak.

Tips wisata Air Panas:

Bila ingin lebih lama berendam tanpa batas waktu, cobalah untuk memilih pemandian terbuka dengan harga lebih murah. Lokasi dengan mendaki bukit di atas area parkir.

6. Taman Wisata Mekarsari

Gambar / Pinterest.com

Taman seluas 264 hektar ini berlokasi di Jalan Raya Cileungsi km 3 Jonggol, Bogor. Tempat ini bisa dicapai melalui Jalan Tol Jorr, lalu Tol Jagorawi dan keluar Cibubur. Setelah itu melewati Jalan Buperta, Jalan Trans Yogie dan menuju Jalan Raya Jonggol.

Tiket masuk berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 95.000 untuk jenis paket yang berbeda.

Tips Wisata Mekarsari:

Jika baru pertama kali berkunjung, sebaiknya Anda membeli tiket masuk saja dulu. Bila Anda ingin mencoba wahana lain, Anda bisa membelinya di dalam. Jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman, payung, dan tikar lipat.

7. Kebun Durian Warso Farm

Gambar / Kompasiana.com

Wisata Kebun Durian Warso Farm berlokasi di Jalan K.H Hamili, Cipelang, Cijeruk, Bogor. Lokasi ini bisa dicapai melalui Kota Bogor, lalu naik angkutan kota  jalur 03 Ramayana-Cihideung, setelah  itu tinggal berjalan kaki. Bila dari Jakarta, Anda bisa keluar pintu Tol Ciawi menuju ke arah Sukabumi, di pertigaan Caringin belok kiri.

Anda bisa menikmati buah Durian unggul, es durian atau jus durian, di kebun seluas 8 hektar dengan 900 pohon durian ini dengan tiket masuk gratis.

Tips wisata Warso Farm:

Jika Anda ingin ikut tur di dalam kebun durian seluas 8 hektar ini, datanglah pada akhir pekan atau hari libur.

8. Taman Nasional Gunung Halimun

Gambar / Antaranews.com

Taman Nasional tempat konservasi hewan dan burung ini berlokasi di Jalan Raya Cipanas, Desa Gunung Bunder, Kec. Pamijahan, Bogor. Akses menuju tempat wisata ini dari Stasiun Bogor naik angkot 03 jurusan Terminal Laladon, lalu angkot 53 menuju Segog. Anda tinggal melanjutkan naik ojek.

Tiket masuk hanya Rp 10.000, biaya parkir mobil Rp 10.000 dan motor Rp 5.000. Sedang biaya kontribusi menuju lokasi  mulai Rp 15.000 – Rp 30.000.

Tips wisata:

Jangan lupa mencoba Canopy Trail atau jembatan gantung – yang cukup membuat jantung berdebar- sepanjang 125 meter serta Loop Trail, jalan setapak 3,8 km Cikaniki-Citalahab.

9. Curug Ciherang

Gambar / Travel.detik.com

Curug Ciherang yang terkenal dengan rumah pohonnya ini berlokasi di Desa Warga Jaya, Kecamatan Sukamakmur, Bogor. Anda bisa mencapai lokasi ini melalui Puncak Pass lewat Kota Bunga di Cipanas. Ada juga jalan lain melalui Citeureup atau Sentul, serta Jonggol.

Untuk dapat menikmati keindahan air terjun antimainstream ini, pengunjung hanya membayar tiket wisata perhutani dan asuransi sebesar Rp 5.000 ditambah parkir motor Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000.

Tips wisata Curug Ciherang:

Bila Anda ingin menginap bersama keluarga dan teman-teman, tersedia penginapan seharga mulai Rp 800.000 untuk 10 orang. Jadi memang tempat ini cocok untuk wisata rombongan yang murah meriah.

10. Cibalung Happy Land

Gambar / Nativeindonesia.com

Cibalung Happy Land memadukan wisata alam, kuliner, water park, outbond,  edukasi, serta penginapan. Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Bogor.

Tempat ini bisa dicapai melalui Jalan Tol Jagorawi keluar Tol Bogor lalu menuju arah Tajur. Setelah itu Anda akan melewati Jalan Siliwangi dan Lawang Gintung menuju Stasiun Batu tulis. Dari sini mengambil arah ke Jalan Cihideung menuju arah Warso Farm.

Anda hanya perlu membayar harga tiket masuk sebesar Rp 20.000 untuk hari biasa dan Rp 25.000 di akhir pekan (belum termasuk wahana).

Tips Wisata Cibalung Happy Land:

Sebaiknya cek wahana permainan selain water park masih buka atau tidak. Selain itu jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman, karena dikhawatirkan restoran tutup.

11. Gunung Bunder

Gambar / Ngetripkemana.com

Kawasan wisata yang berada di kaki gunung Salak berlokasi di Cibatok, Kecamatan Pamijahan Bogor. Tempat wisata  untuk training dan outbound ini berjarak 1,5 jam dari Jakarta.

Setelah keluar Pintu Tol Bogor di Baranangsiang, lanjutkan menuju IPB Dramaga hingga Ciampea. Sampai di persimpangan Simpang Kampak belok kiri, melewati pemukiman penduduk yang padat. Setelah itu jalan menanjak dan Anda akan mendapati gerbang masuk lokasi wisata Gunung Bunder.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000.

Tips Wisata Gunung Bunder:

Jangan lewatkan untuk bersantai di area hamparan  pohon pinus yang luas dan sangat cocok untuk bersantai serta relaksasi.

12. Kebun Wisata Pasir Mukti

Gambar / Jejakpiknik.com

Lokasi kebun wisata agro edukasi ini berada di Jalan Raya Tajur Pasir Mukti, Km 4, Citeureup, Bogor.  Dari Jakarta Anda bisa melewati Jalan Tol Jagorawi keluar pintu Tol Citeureup. Lalu  belok kiri menuju arah pasar. Lanjutkan dengan menyusuri Jalan Tajur sepanjang 4 km.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 plus biaya parkir kendaraan. Terdapat pilihan paket permainan dengan biaya bervariasi.

Tips wisata Pasir Mukti:

Jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman, karena restoran cukup terbatas. Siapkan juga kacamata hitam, topi dan payung. Bila Anda naik mobil sedan, sebaiknya mengambil rute melewati Tol Sentul.

13. Taman Riung Gunung

Gambar / Senengpiknik.com

Taman Riung Gunung berlokasi di desa Tugu Selatan, Puncak, tepat di pinggir  jalan jalur Jakarta – Puncak Pass. Lokasi ini bisa dicapai melalui Jalan Tol Jagorawi. Sebelum mencapai Puncak Pass, Anda akan melewati tugu berbentuk sebuah botol kecap raksasa.

Untuk tiket masuk, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.000 saja. Di dalam area wisata, Anda bisa beraktivitas seperti kegiatan outbond, Flying Fox, Tea walk, berenang, terapi ikan, serta Camping. Tersedia juga penginapan murah dengan tarif Rp 100.000 – Rp 150.000/malam.

Tips Wisata Riung Gunung:

Jangan lupa treking di jalur Teawalk serta mengunjungi vila milik Ir.Soekarno. Di vila ini terdapat  beberapa benda peninggalan presiden soekarno.

14. Museum Zoologi

Gambar / Jejakpiknik.com

Museum Zoologi terletak di area Kebun Raya Bogor, jadi cara mencapai lokasi ini sama dengan arah Kebun Raya. Anda bisa mengajak anak-anak, mengenal berbagai koleksi hewan yang diawetkan dan fosil hewan mulai dari reptil, serangga, mamalia, burung, dan ikan.

Tiket masuk ke wisata edukasi ini sudah termasuk dalam tiket masuk ke Kebun Raya Bogor sebesar Rp 15.000.

Tips wisata Museum Zoologi:

Jangan lupa melihat berbagai jenis hewan langka dan menarik  seperti kerangka asli ikan paus biru raksasa – ikan terbesar yang pernah ada -, awetan beruang,macan, landak, hingga burung berbulu indah.

15. Taman Wisata Matahari

Gambar / Penginapan.net

Wisata di Bogor yang murah untuk aktivitas outbond keluarga ini, terletak di Jalan Raya Puncak km 77, Cilember, Bogor. Dari Jakarta Anda tinggal lewat Jalan Tol Jagorawi dan keluar Tol Bogor menuju puncak.

Tiket masuk ke tempat wisata keluarga ini sebesar Rp 50.000 untuk hari biasa dan Rp 60.000 di akhir pekan.

Tips Wisata Matahari:

Bila Anda hendak mengunjungi lokasi ini di akhir  pekan, hati-hati karena biasanya jalan menuju Puncak padat merayap.

Gambar / Wikipedia.org

Penulis

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.