Tempat wisata di Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Yogyakarta dengan banyak objek pelesiran yang mempesona. Bentang alam berupa laut serta pegunungan membuat potensi wisata di daerah ini begitu maju dan berkembang.

Tidak heran kalau kota yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap tahunnya. Bagi Anda yang sudah bersiap-siap, ini dia tempat-tempat wisata menarik Gunungkidul berikut wajib Anda sambangi.

Daftar Obyek Wisata di Gunungkidul Terbaik

1. Pantai Baron

Pantai Baron merupakan salah satu objek wisata laut paling populer di Gunungkidul. Pasir putih dipadu dengan biru beningnya air membuat siapa pun betah. Selain itu, banyak pepohonan rimbun tumbuh subur mengelilingi tempat ini.

Tiket masuk ke Pantai Baron yang terletak di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, ini pun terbilang cukup murah. Selain itu, ada kuliner khas laut yang bisa dicicipi bersama keluarga.

2. Pantai Kukup

Masih di Kecamatan Tanjungsari, ada sebuah pantai dengan pemandangan sangat indah di sini, namanya Kukup. Berbeda dengan Baron, Kukup merupakan objek wisata yang terkenal dengan biota bawah laut-nya, seperti aneka ragam ikan hias, terumbu karang, dan bintang laut.

3. Pantai Jungwok

Walau terdengar agak kekorea-koreaan, Pantai Jungwok nyatanya ada di Gunungkidul, Yogyakarta, lho. Objek wisata tersebut sudah dibuka untuk umum. Nah, untuk bisa masuk, Anda perlu melakukan perjalanan selama kurang lebih satu jam dari Pantai Wediombo yang berlokasi di Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul.

Meski akses cukup sulit, percayalah rasa lelah akan terbayar lunas begitu Anda sampai tujuan. Birunya laut selatan berpadu dengan pasir putih yang lembut, serta hijaunya pepohonan membuat siapa pun betah.

4. Pantai Pok Tunggal

Pok Tunggal (pohon tunggal) merupakan satu dari puluhan pantai paling banyak dikunjungi di Gunungkidul. Nama tersebut merupakan referensi untuk pohon duras yang tumbuh subur sepanjang bibir pantai hingga sekarang. Selain indah dan masih cukup bersih, pantai ini pun dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi.

5. Pantai Nglambor

Khusus buat Anda penghobi snorkeling dan melihat keindahan panorama bawah laut, jangan lupa mampir ke Nglambor saat berada di Gunungkidul. Karena ombaknya cukup tenang, objek wisata yang berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus , itu merupakan lokasi yang sangat cocok untuk menyelam. Di sini, terumbu karang dan ikan-ikan kecil bisa terlihat dari permukaan dangkal.

6. Pantai Jogan

Di Gunungkidul, ada sebuah tempat wisata bahari yang berpadu dengan indahnya air terjun, Jogan namanya. Dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi, objek wisata tersebut masih terbilang sepi pengunjung.

Namun, sepertinya Anda patut mencoba mampir kemari. Tebing batu setinggi 15 meter lengkap dengan pesona air terjun, kami jamin akan membuat siapa pun terpesona dan enggan pulang.

7. Pantai Slili

Apbila ingin sekedar bersantai sembari menikmati angin sepoi-sepoi, datanglah ke Slili di Gunungkidul. Selain memiliki ombak tenang, Slili juga punya banyak gazebo bersih untuk memanjakan para pengunjung. Kalau berkunjung kemari, jangan lupa ajak orang-orang terkasih, ya.

8. Air Terjun Sri Gethuk

Jika Anda sedang berada di Gunungkidul, mampirlah ke Sri Gethuk, tepatnya di Ngarai Sungai Oya yang membelah Desa Wisata Bleberan, Payen. Sri Gethuk adalah air terjun dengan kualitas air jernih mengalir di antara bebatuan karst.

9. Jomblang

Goa Jomblang di Desa Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, merupakan sebuah objek wisata unik dan wajib dikunjungi. Tidak seperti gua pada umumnya, untuk bisa masuk, pengunjung harus menuruni tebing menggunakan alat pengaman.

Pada siang hari, matahari akan menyinari ke gua yang akan membentuk fenomena pemandangan nan cantik. Tidak heran, banyak calon pengantin melakukan sesi foto pra-nikah di Jomblang.

10. Goa Pindul

Selain Jomblang, ada objek wisata serupa di Gunungkidul, yakni Pindul yang berlokasi di Kecamatan Karangmojo. Bedanya, destinasi satu ini memiliki aliran sungai sepanjang 300 meter yang bisa kita lewati dengan menggunakan perahu karet.

11. Kalisuci

Masih soal objek wisata yang sama, di daerah Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, ada Kalisuci yang menjadi salah satu tujuan wisata. Di sini, pengunjung bisa menikmati sensasi cave tubing alias menyusuri aliran sungai bawah tanah dengan menggunakan ban karet.

12. Goa Gelatik

Jika Anda ingin melihat pesona stalaktit dan stalagmit, cobalah datang Gelatik. Selain menikmati suasana lokasi yang masih sangat terjaga keasliannya, pengunjung pun bisa menyusuri gua sepanjang 400 meter tersebut didampingi oleh pemandu.

Jangan lupa untuk memakai pelindung kepala, sebab langit-langit gua posisinya cukup rendah.

13. Gunung Api Purba Nglanggeran

Indahnya matahari terbit di langit Gunungkidul bisa dinikmati di puncak Gunung Api Purba Nglanggeran, lho. Berlokasi di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, gunung api nonaktif dengan ketinggian 700 mdpl ini merupakan spot terbaik melihat sunrise maupun sunset.

14. Pantai Drini

Kembali ke objek wisata bahari, di Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, ada sebuah laut dengan satu pulau mungil di tepinya. Ya, apalagi kalau bukan Drini?

Keberadaan pulau kecil ini secara tidak langsung memisahkan Pantai Drini menjadi dua bagian: satu sisi dengan kondisi ombak tenang sehingga banyak disinggahi wisatawan, serta sisi lain dengan ombak tinggi.

15. Pantai Sepanjang

Tak perlu jauh-jauh ke Bali jika ingin menikmati pesona Kuta, sebab di Gunungkidul, Yogyakarta ada tempat yang sama cantiknya, yaitu Pantai Sepanjang. Terletak di Kecamatan Tanjungsari, objek wisata ini memang memiliki pemandangan mirip bak laut di Pulau Dewata sana.

16. Pantai Ngobaran

Jika ingin menikmati pesona alam Gunungkidul sekaligus belajar sejarah, cobalah berkunjung ke Pantai Ngobaran yang berada di Kecamatan Saptosari. Selain pasir putih dan laut biru, Anda juga bisa menyaksikan sisa-sisa kejayaan masa lampau.

Ngobaran punya sebuah batu yang menurut cerita merupakan tempat Prabu Brawijaya V (raja terakhir Majapahit) membakar diri. Lebih dari itu, di sini nilai-nilai pluralisme pun dijunjung tinggi, terbukti dari penduduk yang hidup rukun dalam harmoni meskipun mereka berbeda kepercayaan.

17. Pantai Ngrenehan

Tidak jauh dari Ngobaran, ada sebuah teluk yang sekelilingnya terselimuti bukit karst, Ngrenehan namanya. Karena dipenuhi pepohonan yang tumbuh subur, dinding batu ini seakan memiliki warna hijau tua. Pantai ini sering menjadi lokasi upacara Melasti oleh umat Hindu saat merayakan Nyepi.

Tips Berwisata di Gunungkidul

Gunungkidul merupakan daerah perbukitan sekaligus pantai. Untuk itu, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut sebelum berwisata ke sana.

  • Beberapa objek wisata di Gunungkidul, terutama pantai, memiliki akses yang cukup sulit. Selain medan terjal, lokasinya pun juga terpencil. Oleh karena itu, Anda kami sarankan untuk membawa kendaraan pribadi, khususnya motor.
  • Tak bosan kami mengingatkan, jangan lupa membawa uang tunai secukupnya, baik untuk membayar parkir, tiket masuk, jajan, makan siang dan lain-lain. Seperti yang sudah disebutkan pada poin 1, umumnya objek wisata di Gunungkidul sangat terpencil dan jauh dari keramaian, apalagi mesin ATM.
  • Melihat objek wisata Gunungkidul yang didominasi pantai dan gua, ada baiknya membawa baju ganti.
  • Ini penting, khususnya untuk perempuan. Medan menuju objek-objek wisata di Gunungkidul umumnya cukup terjal, sedapat mungkin hindari memakai alas kaki yang tidak ramah lokasi, seperti flat shoes, heels dan semacamnya. Sebagai alternatif, pakailah sepatu yang membuat gerak Anda lebih nyaman.
  • Anda tentu tidak mau absen mengabadikan keindahan pantai-pantai Gunungkidul nan cantik, toh? Dengan demikian, jangan lupa membawa kamera atau ponsel berkamera.
  • Semua tentu tahu kalau cuaca sekarang amat susah kita tebak, jadi daripada harus basah-basahan selama perjalanan, siapkan selalu jas hujan.

Nah, itu dia tips serta daftar objek wisata di Gunungkidul yang bisa Anda kunjungi. Semoga bermanfaat!

Gambar / Travelspromo.com

Penulis

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.