Mendapatkan pekerjaan yang sesuai harapan merupakan dambaan semua orang. Namun kenyataannya cukup banyak syarat yang harus dipenuhi oleh seorang kandidat sebelum diterima dan mulai bekerja di suatu perusahaan.

Tips Melamar Pekerjaan Yang Baik dan Benar

Apalagi bagi yang baru lulus kuliah alias belum mempunyai pengalaman kerja, maka mendapatkan pekerjaan yang didambakannya adalah hal cukup berat. Oleh karena itu tak heran banyak sekali calon pekerja yang mencari contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar sebagai acuan untuk membuat surat lamaran kerja yang bagus.

Ada beberapa hal perlu diperhatikan agar Anda dapat pekerjaan yang diinginkan. Berikut dibawah ini tips yang harus dipahami oleh seorang pencari kerja saat akan melamar kerja di sebuah perusahaan.

Memahami Benar Tentang Pekerjaan Yang Dilamar

Saat mengajukan surat lamaran kerja ke perusahaan, sebelumnya Anda harus paham betul tentang lowongan yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Semakin paham pekerjaan yang Anda lamar, maka akan semakin besar peluang untuk diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Intinya, melamar pekerjaan dimana Anda benar memahami pekerjaan apa yang nantinya harus dilakukan. Biasanya seorang staff HRD akan memilih orang yang setidaknya pernah bersentuhan dan paham dengan pekerjaan yang akan ditangani oleh seorang karyawan baru.

Dengan memahami pekerjaan, Anda tidak butuh banyak waktu untuk mengatasi beragam permasalahan terkait pekerjaan tersebut. Semakin paham apa yang harus dilakukan saat bekerja nanti, artinya Anda memiliki kesempatan tinggi untuk bergabung dengan perusahaan.

Bertanggungjawab dan Paham Mengatasi Masalah Pekerjaan

Bila Anda sudah paham dengan pekerjaan yang akan ditangani, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus mempunyai keyakinan dalam mengatasi masalah yang nantinya mungkin timbul.

Biasanya HRD akan menanyakan kemampuan kita dalam menyelesaikan masalah. Memberi jawaban secara lugas dan meyakinkan tentang penanganan suatu masalah dalam pekerjaan adalah nilai tambah tersendiri yang akan dilihat oleh staff HRD saat wawancara kerja.

Tidak Sombong, Paham Aturan Kerja dan Kewajiban

Pastikan saat wawancara kerja, Anda memberikan jawaban sebaik mungkin serta penuh percaya diri. Agar pewawancara tahu bahwa yang Anda katakan adalah benar-benar pernah dihadapi sebelumnya dan bukan sekedar pepesan kosong.

Berbicara dengan sopan dan tidak terkesan overconfidence adalah hal mutlak Anda lakukan. Hindari pula bercerita detail saat ditanya hal yang sifatnya personal atau pribadi.

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.