Adanya pandemi Covid-19 membuat banyak sektor yang terdampak sehingga membuat para pelakunya harus memutar otak untuk bisa terus mempertahankan usaha yang mereka lakukan.

Adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menjadi salah satu penyebab lesunya usaha, para pelaku usaha membutuhkan inovasi untuk menghadapinya.

Walau begitu, bukan berarti bisnis tidak bisa berkembang selama pandemi Covid-19. Masih banyak pelaku bisnis yang omsetnya selama pandemi ini justru naik, yang penting harus bisa memanfaatkan situasi dan kondisi yang terjadi.

Memanfaatkan Peluang di Kala Pandemi Covid-19

Ketidakpastian ekonomi yang terjadi hingga saat ini, membuat ekonomi Indonesia lesu. Selain adanya pandemi Covid-19 sebenarnya ada banyak faktor lain yang mempengaruhi kondisi ini. Kekacauan para elit politik salah satunya, menyebabkan kecemasan terjadi pada masyarakat.

Oleh karena situasi yang kurang kondusif ini banyak masyarakat yang melakukan penghematan. Oleh karena penghematan yang dilakukan masyarakat ini membuat perputaran ekonomi bergerak lebih lambat. Tentunya itu akan membuat para pelaku bisnis terdampak sangat terasa.

Baca juga:
Tips Kelola Keuangan Selama Pandemi Covid-19

Untuk bisa membuat bisnis tetap berkembang selama pandemi covid-19, pelaku usaha membutuhkan inovasi. Memanfaatkan peluang yang ada perlu untuk dilakukan, agar bisa membuat pemasukan perusahaan tetap stabil. Kita ambil contoh saja yang dilakukan Air Asia, karena orang yang melakukan penerbangan selama pandemi sedikit tentunya pemasukan mereka dari sektor ini akan berkurang drastis.

Akan tetapi bos Air Asia, Tony Fernandes, melihat selama pandemi ini ada peluang di sektor pengantaran makanan dan barang. Banyak orang yang malas keluar rumah membuat jasa pengantaran ini kebagian berkah karena banyaknya order.

Oleh sebab itu, Air Asia memanfaatkan peluang ini untuk membuka bisnis pengantaran makanan dan barang. Hasilnya diklaim cukup sukses dan bisa membuat kondisi keuangan perusahaan tersebut relatif lebih stabil.

Tips Mengembangkan Bisnis Selama Pandemi Covid-19

Belajar dari kasus Air Asia di atas, ternyata jika mau memanfaatkan peluang yang ada pebisnis masih bisa mengembangkan usahanya. Ada empat hal yang bisa dilakukan pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis mereka selama Pandemi Covid-19.

1. Berinvestasi Pada Karyawan

Inovasi tentunya bersumber dari pikiran manusia, bisa dari karyawan ataupun pengusahanya. Inovasi ini sangat penting untuk mengembangkan bisnis Anda ke jenjang lebih baik. Selama pandemi covid-19 pengusaha perlu mempertahankan karyawan top yang dimilikinya sehingga kinerja perusahaan tetap bisa dipertahankan.

Lebih baik lagi apabila mulai melirik karyawan terbaik yang dimiliki pesaing usaha kita. Bisa saja talenta terbaik tersebut sedang mengalami kendala keuangan seperti terkena pemotongan gaji atau dirumahkan sementara oleh perusahaannya. Anda bisa merekrut mereka sehingga bisnis Anda semakin berkembang dengan baik.

Mencari karyawan berbakat merupakan hal yang tidak mudah, kita perlu berinvestasi dalam jumlah besar untuk mendapatkannya. Banyaknya karyawan yang dirumahkan seperti saat ini membuat pelaku usaha bisa mendapatkan karyawan berpengalaman dan berkualitas dengan lebih mudah. Untuk itu memanfaatkan momen ini untuk berinvestasi pada karyawan merupakan hal yang perlu dilakukan.

Baca juga:
Cara Memilih Saham Terbaik Agar Terhindar Dari Kerugian

2. Mencari Tahu Apa yang Dibutuhkan Pelanggan

Kebutuhan pelanggan merupakan hal penting yang perlu diketahui oleh pelaku usaha. Pendapat konsumen seringkali menjadi indikator perubahan di masa mendatang. Mencari tahu apa yang dibutuhkan pelanggan membuat pelaku usaha mendapatkan peluang untuk memasok kebutuhan tersebut.

Sebagai contoh saja selama pandemi Covid-19 masyarakat kita berusaha menghemat pengeluarannya. Bagi Anda pelaku usaha makanan, membuat makanan yang murah bisa menjadi solusi untuk mendapatkan pelanggan baru. Saya ambil contoh saja penjual ayam bakar yang saat ini menyediakan pecel dengan harga murah meriah.

Bahan baku pecel mudah dan murah untuk didapatkan, sehingga bisa membuat harga jualnya bisa seminim mungkin. Dengan harga jual yang murah ini ternyata membuat banyak pelanggan baru yang datang ke warungnya.

Bahkan pecel yang disediakannya dalam sehari bisa terjual lebih dari 200 porsi. Keuntungan yang didapatkan dari berjualan pecel ini ternyata justru lebih banyak dari ayam bakar yang merupakan usaha sebelumnya.

3. Jangan Takut Ambil Risiko

Tips ketiga agar bisa mengembangkan bisnis selama Pandemi Covid-19 adalah jangan takut mengambil resiko. Adanya resiko membuat kita bisa menjadi lebih bijaksana. Inovasi yang dilakukan dalam bisnis selalu berdampingan dengan resiko yang ada di dalamnya.

Memang adanya resiko ini tentu tidak menyenangkan, akan tetapi dengan melewati resiko ini bisnis Anda bisa menjadi lebih berkembang.

Hal terpenting tentu saja harus melakukan perencanaan sebaik mungkin, sehingga meminimalkan resiko yang dihadapi. Kita kembali membahas penjual ayam bakar yang berinovasi menjual pecel diatas, ia tentu menghadapi resiko ketika jualan pecelnya tidak laku.

Akan tetapi dia berani menghadapi resiko kerugian yang dihadapi apabila inovasi yang dilakukannya gagal. Dasarnya adalah dia melihat kebutuhan makanan murah di masyarakat sangat tinggi.

Masyarakat berusaha menghemat selama pandemi yang membuat pendapatan menjadi lebih tidak menentu. Oleh sebab itu penjual makanan ini yakin dengan inovasi yang dilakukannya akan membuat kesuksesan dan hasilnya seperti itu.

4. Berdoa

Walaupun usaha yang Anda kelola dan rencanakan telah maksimal, tetapi jika tidak dikehendaki Allah swt tentu tidak akan berhasil.

Oleh sebab itu, berdoa agar bisnis Anda diberi kelancaran tentunya tidak boleh dilewatkan. Bagaimanapun juga kita hanya seorang manusia biasa yang hanya bisa merencanakan dan memprediksi. Untuk masalah apakah yang kita prediksi dan rencanakan atau berhasil, tentu masih banyak faktor yang bisa mempengaruhinya.

Terdapat banyak kasus dimana terjadi kejadian yang tidak terduga dan tentunya akan membuat rencana menjadi perlu direvisi. Kita ambil contoh saja siapa yang akan menduga akan ada pandemi Covid-19 pada tahun lalu ?

Itulah empat tips yang bisa para pelaku usaha lakukan agar bisa tetap mengembangkan bisnis selama pandemi Covid-19.

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.