Era pandemi membuat banyak perusahaan gulung tikar (bangkrut), ribuan orang terkena PHK. Sehingga persaingan pencari kerja semakin ketat, lalu diperparah dengan minimnya lapangan kerja yang tersedia saat ini.

Banyak pula pencari kerja yang bahkan gugur sebelum mampu melalui tahapan berikutnya selama proses lamaran kerja. Tak jarang, banyak surat lamaran kerja yang tidak mendapatkan balasan sesuai harapan.

Tentunya saat melamar kerja, Anda akan butuh atau wajib untuk membuat surat lamaran kerja yang ditujukan ke perusahaan atau instansi. Surat lamaran kerja adalah gambaran awal perusahaan melihat diri Anda sebelum akhirnya memutuskan memilih Anda untuk mengikuti proses lebih lanjut.

Rata-rata dalam sekali seleksi, perusahaan besar memperoleh ribuan lamaran kerja yang masuk dan harus memilih ratusan bahkan pulusan lamaran saja yang sesuai kriteria. Dalam hal ini surat lamaran kerja menjadi hal vital wajib diperhatikan oleh para pencari kerja agar lamaran kerja tersebut lolos tahapan awal.

Baca juga:
Cara Bikin Surat Lamaran Kerja Yang Benar dan Efektif Disukai HRD
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Perusahaan di Pertamina
Download Contoh Surat Lamaran Kerja

Bagian Penting Pada Surat Lamaran Kerja

Berdasar dari penjelasan diatas, maka pembuatan surat lamaran kerja adalah hal mutlak untuk dikuasai. Anda harus bisa menulis surat lamaran kerja dengan baik dan menarik agar perusahaan tertarik terhadap Anda.

Nah, berkenaan dengan hal tersebut, berikut kami jabarkan bagian-bagian mana saja yang wajib diberi perhatian khusus, beserta tips penulisannya:

1. Informasi Lowongan Kerja

Pada poin ini, Anda isi secara rinci dimana Anda melihat lowongan kerja tersebut. Tuliskan juga nama perusahaan yang Anda tuju. Kemudian sebutkan jabatan / posisi yang Anda lamar secara benar. Sebab ada kemungkinan perusahaan membuka beberapa lowongan untuk posisi lainnya.

2. Biodata / Data Pribadi

Selanjutnya lengkapi surat lamaran kerja dengan data pribadi, seperti nama lengkap. Kemudian lanjutkan dengan tempat dan tanggal lahir, alamat sesuai KTP, nomor telepon Anda, email yang aktif, serta pendidikan terakhir Anda.

3. Pengalaman dan Kemampuan

Silakan Anda isi secara ringkas pengalaman kerja paling mendekati dengan posisi yang dilamar saat ini. untuk fresh graduate dapat Anda bisa saja lengkapi dengan pengalaman ber-organisasi atau magang. Kemudian jabarkan kemampuan secara singkat yang mungkin seusai dengan kebutuhan perusahaan.

4. Penutup

Pada poin ini, isilah dengan narasi penutup yang mencerminkan minat Anda untuk posisi tersebut. Anda dapat mengisinya dengan ucapan seperti “Besar keinginan saya” dan ucapkan terima kasih.

5. Lampiran

Lengkapi pula surat lamaran kerja dengan dokumen atau lampiran pendukung. Pada umumnnya, setiap perusahaan membutuhkan lampiran yang berbeda-beda. Namun, apabila dilihat secara garis besar, ada beberapa dokumen pendukung yang secara umum wajib untuk dilampirkan.

Apa sajakah dokumen tersebut? Simak daftar-nya dibawah ini:

  • CV (Curriculum Vitae / Daftar Riwayat Hidup)
  • Pas Foto Terbaru
  • Fotokopi Ijazah Terakhir
  • Fotokopi Transkrip Nilai Terakhir
  • SKCK
  • Sertifikat Kompetensi

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.