Kemajuan teknologi seperti sekarang memungkinkan kita berbagi atau mengirim berkas apa pun kepada orang lain lewat internet, salah satunya adalah gambar.

Namun, ukurannya yang terlalu besar terkadang membuat foto kita gagal diunggah. Untuk menyiasati, umumnya kita hanya memangkas resolusi gambar. Sayangnya, mengecilkan ukuran gambar (biasanya lewat fitur edit foto di Windows) juga bisa membuat kualitasnya berkurang.

Tools Terbaik Untuk Optimasi / Mengecilkan Ukuran Gambar

Berkas yang buram dan pecah ketika di-zoom adalah kendala paling sering dihadapi dalam urusan pangkas-memangkas seperti ini. Tapi tak perlu khawatir, sebab dengan cara berikut Anda bisa mengecilkan ukuran foto tanpa mengurangi kualitasnya.

1. Advanced JPEG Compressor

Aplikasi pertama yang bisa dimanfaatkan untuk memperkecil ukuran foto adalah Advanced JPG Compressor. Tools ini memungkinkan Anda untuk menurunkan resolusi gambar sampai 10% tanpa membuatnya buram atau pecah ketika diperbesar.

Selain itu, Advanced JPEG juga bisa dipakai untuk meng-compress semua jenis gambar, dengan catatan berkas harus disimpan dalam format JPEG setelah dipotong.

2. Kraken.io

Aplikasi pemangkas ukuran foto kedua yang bisa Anda coba adalah Kraken.io. Perangkat yang bisa diakses melalui Chrome dan Firefox ini bisa dipakai untuk mengurangi resolusi gambar sampai angka 10% tanpa sedikit pun memengaruhi kualitasnya.

Berbagai format foto pun bisa dicoba menggunakan Kraken.io, mulai dari PNG, JPG, JPEG, GIF, SVG, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. IrfanView

Jika Anda ingin mengatur ulang resolusi foto menjadi lebih kecil, cobalah menggunakan IrfanView. Aplikasi ini bisa dipakai untuk meng-compress gambar sekaligus dalam jumlah cukup banyak. Selain bisa memilih ukuran yang diinginkan, Anda pun tidak perlu khawatir kualitasnya akan menurun.

Karena mudah digunakan, fiturnya lengkap, dan gratis, IrfanView yang pertama kali dirilis pada tahun 1996 silam tersebut selalu menjadi referensi banyak orang, terutama mereka yang aktif dalam dunia fotografi. Tools canggih ini bisa Anda pakai lewat perangkat Windows.

4. Imageoptimizer.net

Jika Anda punya foto yang ingin diperkecil resolusi atau ukurannya, cobalah menggunakan imageoptimizer.net. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memangkas foto dengan fitur setting sesuai rasio yang diinginkan.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, tinggal unggah gambar yang diinginkan, pilih ukuran yang dikehendaki, selesai.

5. Compressjpeg.com

Meng-compress foto tanpa mengurangi kualitas gambarnya kini bukan lagi pekerjaan yang sulit dengan memakai compressjpg.com. Aplikasi ini mempunyai fitur panel yang menunjukkan perubahan gambar sebelum diunduh.

Ada juga pilihan zoom-in/zoom-out preview yang memungkinkan pengguna melihat gambar secara detail, pixel demi pixel.

6. JPEGmini.com

Meng-compress gambar bukan lagi pekerjaan sulit berkat kehadiran aplikasi JPEGmini.com. Tools ini menyediakan fitur upload sehingga Anda bisa mengambil foto langsung dari komputer dan memprosesnya.

Soal hasil, jpegmini.com siap menghasilkan gambar sesuai tingkat resolusi yang Anda inginkan tanpa mengurangi kualitasnya.

7. Smush.it

Aplikasi pemangkas resolusi foto online yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Sama seperti tools yang sebelumnya disebutkan, smush.it berguna untuk mengatur ukuran gambar dengan fitur url uploader di dalamnya.

Aplikasi ini juga mempunyai fitur untuk memformat gambar dengan menghilangkan bit pada berkas tanpa mengurangi kualitasnya. Jadi, foto yang di-compress lewat smush.it tidak akan pecah dan hampir sama seperti aslinya. Sudah pernah mencobanya?

8. Gimpshop

Gimpshop merupakan aplikasi pengedit foto yang sangat terkenal dan banyak dipakai orang dari berbagai belahan dunia. Selain gratis, tools canggih ini juga punya banyak fitur yang sangat bermanfaat, salah satunya adalah compressor gambar tanpa sedikit pun mengurangi kualitasnya.

Sedikit tambahan, GimpShop merupakan modifikasi dari program grafis GNU yang dibuat dengan tujuan meniru Adobe Photoshop, bahkan fiturnya pun dirancang sangat mirip.

Anda yang sudah biasa mengoperasikan Adobe Photoshop pasti tidak akan bingung menggunakan aplikasi Gimpshop karena tingkat kemiripan keduanya yang cukup tinggi.

 9. Webresizer.com

Dengan menekan tombol Resize Photo Here pada laman websizer.com, Anda bisa memperkecil ukuran gambar dalam resolusi yang Anda inginkan.

Selain itu, situs yang dikembangkan oleh Mino Studio ini juga bisa dimanfaatkan untuk mempercantik tampilan foto, seperti mengatur tingkat kontras, ketajaman gambar, menambahkan bingkai, dan lain sebagainya.

10. Free Online Image Converter

Malas menginstal atau men-download software hanya untuk mengubah ukuran foto? Cobalah aplikasi gratis yang satu ini. Selain mengatur resolusi gambar, Anda juga bisa memilih format berkas sesuai keinginan.

Tools in bisa menjadi alternatif bagi Anda yang butuh meng-compress foto dalam waktu cepat tanpa perlu repot menginstal ini itu di komputer. Sungguh solusi yang cemerlang.

Nah, itu dia 10 aplikasi canggih yang bisa dimanfaatkan untuk memperbesar atau memperkecil ukuran foto tanpa mengurangi kualitasnya. Semoga bermanfaat!

Mohon maaf fitur komentar kami tutup sementara.